Iswanto, Iswanto (2012) إعداد المواد التعليمية لمهارة الكلام على أساس الكتاب الفقهية: بحث تطويرى في معهد الفتاح الثاني بحر العلوم بجومبانق جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10720029.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
|
Other (Book)
10720029.rar - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pondok Pesantren Al Fattah II Bahrul Ulum Jombang belum memiliki buku panduan bahasa arab khusus untuk keterampilan berbicara, selama ini materi kalam diberikan langsung oleh pengajar, baik dari segi tema, isi, dan metode pengajaran serta mengabaikan sisi kebutuhan dan ketertarikan siswa, hal ini menyulitkan siswa dan hasil yang dicapai kurang maksimal, sehingga pembelajaran behasa arab untuk keterampilan berbicara di tiadakan dalam kurikulum pesantren.
Berangkat dari permasalahan di atas, penulis mencoba untuk mendesain materi ajar demi meningkatkan keterampilan berbicara santri di Pondok Pesantren Al Fattah II Bahrul Ulum Jombang Berasaskan Kitab-Kitab Fiqih.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE. Validator penelitian ini adalah dua orang ahli pengajaran bahasa arab.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengembangkan materiajar untuk keterampilan berbicara berasaskan kitab-kitab fiqih; 2) Spesifikasi bahan ajar yang di kembangkan; 3) sejauh mana efektifitas materi ajar ini dalam meningkatkan keterampilam berbicara bagi santri kelas Pasca Pondok Pesantren Al Fattah II Bahrul „ulum jombang JATIM.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Produk bahan ajar keterampilan berbicara (maharah kalam) bagi siswa Pondok pesantren Kelas Pasca Diniah Berasaskan Kitab-kitab Fiqih 2) spesifikasi produk bahan ajar ini yakni : di kembangkan khusus bagi santri salaf, materi diambilkan dari kitab-kitab fiqih yang di pelajari oleh santri, materi sesuai dengan kondisi, aktivitas, dan lingkungan santri. 3) pembelajaran dengan menggunakan materi ajar yang dikembangkan ini efektif meningkatkan keterampilan berbicara santri santri Pondok Pesantren Al Fattah II Bahrul Ulum Jombang, terlihat dari besarnya perbandingan nilai siswa, dan table “t” pada skala 5% yaitu : 4,03 > 2.14.
Hal-hal yang perlu disarankan dan diusulkan dalam penelitian ini adalah:
1) guru hendaknya mendesain materi ajar dengan baik dan sesuai dengan kemampuan serta kecenderungan para siswa yang berkaitan dengan kehidupan mereka sehari-hari menggunakan metode dan strategi aktif dan menyenangkan 2) guru hendaknya menghindari penggunaan bahasa ibu dalam pengajaran bahasa Arab yang menyebabkan mereka terbiasa belajar bahasa Arab dengan terjemah, 3) materi ajar keterampilan berbicara yang disusun oleh peneliti dengan berasaskan kitab-kitab fiqih dapat menunjang Pembelajaran Bahasa Arab Khususnya peningkatan kemampuan berbicara siswa di Pondok Pesantren Al Fattah II Bahrul Ulum Jombang
ABSTRACT
Boarding Bahr Ulum Al Fattah II Jombang not yet have guide books specifically for Arabic language skills of speaking, as long as this material is given directly by the teacher , both in terms of theme, content and teaching methods as well as ignoring the needs and interests of students, it is difficult for students and the results achieved less than the maximum, so that learning the Arabic language for speaking skills are removed from the curriculum of boarding.
Based on those statement, the researcher wish to design a materials instruction intended to improve the student‟s Arabic speaking skills and competency.
This research used quantitative approach and the type of this research was a kind of “Research and Development” ( R & D ) ADDIE. Two experts in Arabic teaching were involved in validating of this research.
The purposes of this research are: 1) product handbook to improve student‟s Arabic speaking skill on based fiqh books 2) specification of handbook 3) the effective test of handbook in improving student‟s Arabic speaking skill of Al Fattah II Bahrul Ulum Islamic boarding school
The results of this research are: 1) product handbook to improve student‟s Arabic speaking skill on based fiqh books 2) specification of handbook are : special for islamic boarding school student‟s, on based fiqh books, developed in accordance with the activity, the circumstences, and invironmen of studens 3) the learning process by using the teaching material based on fiqh effectively increases the speaking skill of Al Fattah II Islamic Boarding School student‟s. this is shown by a large difference of the scores between students and the t- table on level 5% : 4.03 > 2.14. :
There are suggestions for the school and it‟s Arabic teachers: 1) rearrange the material of Arabic lesson, especially Arabic speaking skill, based on need analysis 2) avoid the use of mother tongue when teaching Arabic speaking, because it makes the students get used to translate the lesson or explained in the mother tongue 3) the teaching materials designed for Arabic speaking skill on based fiqh books is a tool of important tools in the teaching process that can benefit the Arabic teachers of Al Fattah II Bahrul Ulum Islamic Boarding School or others Islamic Boarding School.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Lubis, Torkis and Machmudah, Umi | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | المواد التعليمية; مهارة الكلام; الكتاب الفقهية; Teaching Materials; Speaking Arabic Skill; fiqh books; Materi Ajar; Keterampilan Berbicara; Kitab-kitab Fiqih | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Muhammad Muhammad Syahriel | |||||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2017 13:22 | |||||||||
Last Modified: | 02 Sep 2017 13:22 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7964 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |