فعالية استخدام أسلوب الاستعراض لترقية مهارة الكلام: بحث تجريبي بمعهد القلم فى المدرسة الثنوية الإسلامية الحكومية الثالثة بمالانق

Akmal, Jufri (2012) فعالية استخدام أسلوب الاستعراض لترقية مهارة الكلام: بحث تجريبي بمعهد القلم فى المدرسة الثنوية الإسلامية الحكومية الثالثة بمالانق. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10720028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Keterampilan berbicara termasuk bagian penting dan merupakan tujuan terpenting dalam kurikulum pengajaran dan pembelajaran Bahasa Asing (Bahasa Arab), oleh sebab itu maka pembelajaran keterampilan berbicara haruslah diperhatikan dalam pembelajaran Bahasa Asing (Bahasa Arab).

Berkenaan dengan pentingnya pembelajaran keterampilan berbicara tersebut maka kita harus memperhatikan proses pengajarannya. Tetapi Peneliti menemukan beberapa problem dalam pengajarannya khususnya di ma'had Al-Qalam di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang yaitu guru bahasa Arab dalam mengajar masih banyak menggunakan metode lama (membaca, menterjemah, dan menghafalkan), sedangkan metode ini sudah tidak efektif untuk diterapkan, padahal metode dalam pengajaran bahasa Arab sangatlah banyak.

Maka dari itu peneliti dalam tesis ini menerapkan metode demonstrasi dalam pengajaran kemahiran berbicara, karena tujuan terpenting dari metode ini adalah menekankan pada kemahiran berbicara.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah sejauh mana efektifitas metode demonstrasi terhadap pembelajaran kemahiran berbicara siswa kelas 1 di ma'had al-qalam. dari segi ucapan, penggunaan kosa kata, kelancaran berbicara.

Hipotesis dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode demostrasi dalam pengajaran kemahiran berbicara siswa kelas di ma'had Al-Qalam di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang menghasilkan : 1) ucapan yang benar, 2) penggunaan kosa kata yang sesuai, 3) kelancaran berbicara.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, dan dalam penelitian ini terdiri dari 4 langkah; (1) Penyusunan rencana pengajaran, (2) Penerapan metode demostrasi (3) Observasi, (4) Penilaian. Instrumen untuk pengumpulan data terdiri dari; 1) Observasi, 2) Angket, 3) Tes (Pre tes dan Post-tes).

Populasi dari penelitian ini adalah Guru bahasa Arab dan para siswa di ma'had Al- Qalam di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang. Sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1B yang berjumlah 28 siswa pada tahun ajaran 2011-2012.

Hasil penelitian ini adalah; a) Penerapan metode demonstrasi dalam pengajaran kemahiran berbicara di ma'had Al-Qalam di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang adalah sangat efektif dan berpengaruh pada hasil pengajaran dari sisi; 1) ucapan, 2) penggunaan kosa kata, 3) kelancaran berbicara,. b) Hasil pembelajaran kemahiran berbicara siswa kelas 1 B meningkat, hasil dari Prost-Test adalah 82,25, padahal hasil dari Pre-test sebelum penerapan metode demonstrasi ini adalah 61,95, dan selisih antara kedua tes ini adalah 20.30.

hal ini menunjukkan bahwa metode demonstrasi sangat efektif untuk diterapkan pada pengajaran kemahiran berbicara siswa kelas 1B di ma'had Al-Qalam di Madrasah Aliyah Negeri 3
Malang

ABSTRACT

Speech skill is part of the basic skill in language teaching. Even he himself is a means of communication with others. And the students are not considered to learn speech skills if they are not use by speaking practice.

After the researcher did observation (through the interview with the Arabic language teacher) in the process of teaching the Arabic language in Islamic Boarding School Al Qalam, the researcher found some of the problems faced by the students and teacher in the teaching of speech, namely: (1) lack of practice for oral expression by students (2) no variation method was used by teacher in teaching process. And the researcher believes that studens in the skill of speech were weak.

For this, the researcher did observation the usage of role playing in skill of speech teaching. because this method was practice by many students in speaking.

Research questions in this research are: how effective is the teaching of Arabic language in using demonstration method to improve the student's skill to pronoun language correctly, to use good vocabularies fluently.

The methodology of this research is the entrance quantitative experimental method; this research has been on seven meeting. And the instrumens for data collection in this research were: interview, form, and test.

The result of research wich indicate that the usage of demonstrations effective to improve the students skill to pronoun word correctly, to use good vocabularies and speaking well.

The reseacher's recommendations and suggestions in research are: (1) that the teacher cares about the using role playing in teaching speech skill in order to students can speak well dan fluently. (2) the teacher must practice speaking in speech skill lesson. (3) to other researchers to evolve this research, for example, listening skills using demonstration method.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Syaikhoun Mohamed Sulaeman, Mohamed and Huda, Miftahul
Keywords: أسلوب الاستعراض; ترقية مهارة الكلام; Using Demonstration Method; Developing Speaking Skill; Metode Demonstrasi; Pengembangan Keterampilan Berbicara
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Muhammad Syahriel
Date Deposited: 02 Sep 2017 06:23
Last Modified: 02 Sep 2017 06:23
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7963

Actions (login required)

View Item View Item