تحليل الأجطاء النحوية في استعمال النواسخ الصغرى في التعبير التحريري: دراسة وصفية تحليلية في جامعة الكريمة الإسلامية بسومنب مادورا جاوى الشرقية

Kurniadi, Pahar (2012) تحليل الأجطاء النحوية في استعمال النواسخ الصغرى في التعبير التحريري: دراسة وصفية تحليلية في جامعة الكريمة الإسلامية بسومنب مادورا جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10720012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (20MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Penggunaan tata bahasa yang salah dalam pembelajaran bahasa dapat menyebabkan kesalahan berbahasa, baik itu lisan ataupun tulisan. Para ahli bahasa telah mencoba mencari solusi untuk memecahkan problema tersebut, salah satunya dengan metode analisis kesalahan (Tahlil al-Akhto'). Peneliti dalam pengajaran bahasa, memperhatikan bahwa ketika siswa mengekspresikan dalam menulis bahasa Arab, mereka sering mengalami beberapa kesalahan umum, dan peneliti sengaja menggunakan metode ini untuk melihat dan mencari solusi kesalahan tata bahasa yang banyak digunakan dalam komunikasi dan tulisan Arab

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan pada penggunaan Nawasikh Sughro pada tulisan mahasiswa semester kedua di STIA Baraji Sumenep, dan jumlah pengulangan kesalahan tersebut. Selain itu bertujuan untuk mengetahui alasan terjadinya kesalahan tersebut, kemudian mencari solusi yang cocok untuk kesalahan ini.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitis, yang terdiri dari tiga langkah: 1). Identifikasi kesalahan, 2). Klasifikasi kesalahan, 3). Penentuan jumlah setiap jenis kesalahan. Populasi penelitian ini terdiri dari mahasiswa tingkat dua STIA Baraji Sumenep tahun ajaran: 2011-2012. Adapun instrument penelitian untuk pengumpulan data adalah Tes, observasi, dan wawancara.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kesalahan tata bahasa dalam penggunaan Nawasikh Sughra dalam karangan siswa meliputi dua jenis kesalahan, yaitu: a) Kesalahan Sintaksis; terdapat 8 kesalahan (21,6%), b) Kesalahan Struktural, terdapat 29 kesalahan (78,3%). 2) Faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan ini adalah: kurangnya penyerapan siswa terhadap kaidah bahasa Arab (nahwu), kurangnya latihan dari guru untuk siswa secara lisan atau tulisan, metode yang tidak efektif dalam pengajaran tata bahasa Arab, dan kurang percaya diri pada siswa ketika menulis karangan berbahasa Arab. 3) Solusi yang cocok untuk kesalahan ini adalah sebagai berikut: a) Memperkuat kemempuan peserta didik atau siswa dalam menyerap tata bahasa Arab. b) Meningkatkan jumlah latihan secara lisan atau tulisan. c) Mendorong siswa untuk percaya diri. d) Memilih metode atau cara yang mudah dan sesuai dalam pengajaran, misalnya dengan penggunaan alat bantu.

ABSTRACT

The incorrect use of grammatical base in the education of language can be signed in linguistic errors were written or oral. The view of many scholars methods and ways to solve that problem, including the method of analysis errors. It is through the experience of the researcher in language teaching, note that when students express in writing the Arabic language, they fall in some common mistakes, and use these errors as one of the grammatical aspects that are all too used in the areas of speech and the construction or Arabic script.

The objectives of this research is to describe the errors on the use of Nawasikh Sughro in editorial expression of second-level students at the STIA Baraji Sumenep Madura. And the amount of repeat those mistakes with them. It also aims to find out the reasons for the occurrence of these errors, then search for a suitable solution for these errors.

This research used methodology of descriptive analytical research, that consist of three steps: 1) Identify errors, 2) Classification of errors, 3) Determine the quantity of each type of errors. The research community (subject) is made up of students of second level of STIA Baraji Sumenep Madura, vernacular university: 2011-2012 AD. The instruments of this research to collect data are: 1) Test, 2) and Observation, 3) and the Interview.

The results of this research can be summarized as follows: The grammatical errors in the use of Nawasikh Sughra in editorial expression of the students include two types of errors, namely: a) Syntactic Errors; that of the 8 errors (21.6%). b) Structural Errors; that of the 29 errors (78.3%) .

The reasons for the occurrence of these errors are: a) Lack of students absorb the rules of the Arabic language. b) Lack of training of teachers before the students were verbally or in writing, and ineffective method of teaching grammar. c) Decrease of air conditioning by teachers in the diversity of teaching methods, and lack of confidence on their own students with the knowledge that they have in the way.
The treatment or a suitable solution for these errors is the following: a) Strengthen the learners or students to absorb the Arabic grammar. b) Increase the numbers of the exercises was a verbal or written. c) To encourage students to trust themselves. d) Appropriate selection of easy ways of teaching and the use of aids.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Allah Babekr, Gareeb and Hasan Abdul Bari, Nur
Keywords: تحليل الأجطاء النحوية; النواسخ الصغرى; التعبير التحريري; Error Analysis; Nawasikh Sughra; Arabic Compose; Analisis Kesalahan Tata Bahasa Arab; Nawasikh Sughra; Mengarang
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Muhammad Syahriel
Date Deposited: 02 Sep 2017 06:17
Last Modified: 02 Sep 2017 06:17
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7953

Actions (login required)

View Item View Item