Responsive Banner

Program sekolah ramah anak dalam pembentukan sikap sosial siswa Kelas VIII MTs Almaarif 01 Singosari Kota Malang

Iqbal, Rayyan Haykal (2025) Program sekolah ramah anak dalam pembentukan sikap sosial siswa Kelas VIII MTs Almaarif 01 Singosari Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
18130073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

(2MB)

Abstract

INDONESIA:

Pembentukan karakter merupakan aspek penting dalam pendidikan masa kini, yang tidak hanya menekankan pada pengetahuan tetapi juga pada pembentukan karakter. Sekolah memiliki peran strategis dalam pembentukan karakter ini pada generasi muda melalui berbagai upaya pendidikan dan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis upaya-upaya konkret yang dilakukan oleh sekolah dalam pembentukan karakter.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Untuk mendeskripsikan program sekolah ramah anak dalam membentuk karakter siswa kelas VIII di MTs Almaarif 01 Singosari Kabupaten Malang. (2) untuk menguraikan unsur-unsur yang membantu dan menghambat perkembangan karakter siswa kelas VIII MTs Almaarif 01 Singosari Kabupaten Malang.

Penelitian ini dilakukan di MTs Almaarif 01 Singosari menggunakan pendektakan penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan penarikan atau verifikasi. Pengecakan keabsahan data dengan Triangulasi data dan Triangulasi teknik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program SRA telah diimplementasikan secara terintegrasi melalui berbagai aktivitas seperti budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun), kegiatan Masa Orientasi Karakter (MOK), pembelajaran berbasis nilai-nilai karakter, serta kerja sama dengan pihak eksternal seperti Puskesmas dan kepolisian dalam mengadakan sosialisasi anti-bullying. Karakter sosial siswa terbentuk melalui pembiasaan perilaku positif, keteladanan guru, dan suasana sekolah yang mendukung interaksi harmonis.

ENGLISH:

Character development is a crucial aspect of modern education, emphasizing not only academic knowledge but also moral and personal growth. Schools play a strategic role in shaping students’ character through various educational programs and learning processes. This study aims to identify and analyze the concrete efforts made by the school in fostering students' social character.

The objectives of this research are: (1) to describe how the child friendly school (CFS) program shapes the social character of Grade VIII students at MTs Almaarif 01 Singosari; and (2) to examine the supporting and inhibiting factors influencing students’ character development.

This qualitative descriptive study was conducted at MTs Almaarif 01 Singosari. Data were collected through interviews, observations, and documentation. The data analysis process included data collection, reduction, presentation, and conclusion drawing/verification. The validity of the data was tested using data triangulation and technique triangulation.

The findings show that the CFS program was integrated into school culture and activities such as the 5S (Smile, Greet, Salute, Polite, and Courteous) tradition, Character Orientation Period (MOK), character-based learning, and collaborations with external institutions (e.g., health centers and police) for anti-bullying campaigns. Students' social character was developed through habitual positive behavior, teacher role modeling, and a school environment that supports respectful and harmonious interactions.

ARABIC:

تَشْكِيلُ الشَّخْصِيَّةِ هُوَ جَانِبٌ مُهِمٌّ فِي التَّعْلِيمِ الْمُعَاصِرِ، حَيْثُ لَا يَقْتَصِرُ التَّرْكِيزُ عَلَى الْمَعْرِفَةِ فَقَطْ، بَلْ يَشْمَلُ أَيْضًا بِنَاءَ الْقِيَمِ وَالشَّخْصِيَّةِ. وَتَلْعَبُ الْمَدَارِسُ دَوْرًا اِسْتِرَاتِيجِيًّا فِي تَشْكِيلِ شَخْصِيَّةِ الْجِيلِ النَّاشِئِ مِنْ خِلَالِ مُخْتَلِفِ الْجُهُودِ التَّعْلِيمِيَّةِ وَالتَّرْبَوِيَّةِ. وَيَهْدِفُ هَذَا الْبَحْثُ إِلَى تَحْدِيدِ وَتَحْلِيلِ الْجُهُودِ الْمَلْمُوسَةِ الَّتِي تَبْذُلُهَا الْمَدَارِسُ فِي مَجَالِ بِنَاءِ الشَّخْصِيَّةِ.

هَدَفَ هَذَا ٱلْبَحْثِ هُوَ مَعْرِفَةُ: (١) وَصْفِ بَرْنَامَجِ ٱلْمَدْرَسَةِ ٱلصَّدِيقَةِ لِلطِّفْلِ فِي تَشْكِيلِ شَخْصِيَّةِ طُلَّابِ ٱلصَّفِّ ٱلثَّامِنِ فِي ٱلْمَدْرَسَةِ ٱلْمُتَوَسِّطَةِ ٱلْإِسْلَامِيَّةِ "ٱلْمَعَارِفِ ٠١" سِينْغُوسَارِي، مُحَافَظَةِ مَالَنْجِ. (٢) تَوْضِيحِ ٱلْعَنَاصِرِ ٱلَّتِي تُسَاعِدُ وَتُعِيقُ تَطَوُّرَ شَخْصِيَّةِ طُلَّابِ ٱلصَّفِّ ٱلثَّامِنِ فِي ٱلْمَدْرَسَةِ ٱلْمُتَوَسِّطَةِ ٱلْإِسْلَامِيَّةِ "ٱلْمَعَارِفِ ٠١" سِينْغُوسَارِي، مُحَافَظَةِ مَالَنْجِ.

تَمَّ إِجْرَاءُ هٰذَا ٱلْبَحْثِ فِي ٱلْمَدْرَسَةِ ٱلْمُتَوَسِّطَةِ ٱلْإِسْلَامِيَّةِ "ٱلْمَعَارِفِ ٠١" سِينْغُوسَارِي بِٱسْتِخْدَامِ مَنْهَجِ ٱلْبَحْثِ ٱلْوَصْفِيِّ ٱلنَّوْعِيِّ. وَقَدْ تَمَّ جَمْعُ ٱلْبَيَانَاتِ بِٱسْتِخْدَامِ طُرُقِ ٱلْمُقَابَلَةِ، وَٱلْمُلَاحَظَةِ، وَٱلتَّوْثِيقِ. أَمَّا تَحْلِيلُ ٱلْبَيَانَاتِ ٱلْمُسْتَخْدَمُ فِي هٰذَا ٱلْبَحْثِ فَيَشْمَلُ جَمْعَ ٱلْبَيَانَاتِ، وَتَخْفِيضَ ٱلْبَيَانَاتِ، وَعَرْضَ ٱلْبَيَانَاتِ، وَٱسْتِخْلَاصَ ٱلنَّتَائِجِ أَوِ ٱلتَّحَقُّقَ مِنْهَا. وَتَمَّ ٱلتَّأَكُّدُ مِنْ صِحَّةِ ٱلْبَيَانَاتِ مِنْ خِلَالِ ٱلتَّثْلِيثِ فِي ٱلْبَيَانَاتِ وَٱلتَّثْلِيثِ فِي ٱلتِّقْنِيَاتِ.

أَظْهَرَتْ نَتَائِجُ ٱلْبَحْثِ أَنَّ بَرْنَامَجَ "ٱلْمَدْرَسَةِ ٱلرَّحِيمَةِ" (سَرَأَ) قَدْ تَمَّ تَنْفِيذُهُ بِشَكْلٍ مُتَكَامِلٍ مِنْ خِلَالِ مَجْمُوعَةٍ مِنَ ٱلْأَنْشِطَةِ، مِثْلَ ثَقَافَةِ ٥س (ٱلِٱبْتِسَامَةِ، ٱلتَّحِيَّةِ، ٱلسَّلَامِ، ٱلْأَدَبِ، وَٱلِٱحْتِرَامِ)، وَأَنْشِطَةِ ٱلتَّوْجِيهِ ٱلْقِيَمِيِّ (مُوكْ)، وَٱلتَّعْلِيمِ ٱلْقَائِمِ عَلَى ٱلْقِيَمِ ٱلْأَخْلَاقِيَّةِ، بِٱلْإِضَافَةِ إِلَى ٱلتَّعَاوُنِ مَعَ جِهَاتٍ خَارِجِيَّةٍ مِثْلَ ٱلْمَرْكَزِ ٱلصِّحِّيِّ وَٱلشُّرْطَةِ فِي تَنْظِيمِ حَمَلَاتِ ٱلتَّوْعِيَةِ ضِدَّ ٱلتَّنَمُّرِ. وَقَدْ تَشَكَّلَتْ شَخْصِيَّةُ ٱلطُّلَّابِ ٱلِٱجْتِمَاعِيَّةُ مِنْ خِلَالِ تَعْوِيدِهِمْ عَلَى ٱلسُّلُوكِ ٱلْإِيجَابِيِّ، وَقُدْوَةِ ٱلْمُعَلِّمِينَ، وَٱلْبِيئَةِ ٱلْمَدْرَسِيَّةِ ٱلدَّاعِمَةِ لِلتَّفَاعُلِ ٱلْمُتَنَاغِمِ.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hidayat, Imam Wahyu
Keywords: Sekolah Ramah Anak; Karakter Sosial; Pendidikan Karakter; Child-Friendly School; Social Character; Character Education; ٱلْمَدْرَسَةُ ٱلصَّدِيقَةُ لِلْأَطْفَالِ; ٱلشَّخْصِيَّةُ ٱلِٱجْتِمَاعِيَّةُ; ٱلتَّرْبِيَةُ ٱلْأَخْلَاقِيَّةُ
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Rayyan Haykal
Date Deposited: 31 Jul 2025 14:51
Last Modified: 31 Jul 2025 14:51
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/79525

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item