Waskito, Endik (2014) Pengembangan media pembelajaran toleransi dan kerukunan dengan menggunakan macromedia flash pada mata pelajaran PAI untuk siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12770003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA :
Pengembangan media pembelajaran toleransi dan kerukunan dengan menggunakan Macromedia Flash ini didasarkan pada kenyataan bahwa belum adanya pengembangan media pembelajaran toleransi dan kerukunan dengan menggunakan Macromedia Flash pada mata pelajaran PAI untuk siswa kelas XI SMA. Hasil pengembangan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan alternatif media pembelajaran yang mampu meningkatkan efektifitas, efisien dan menimbulkan ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran serta memungkinkan siswa untuk belajar mandiri. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran toleransi dan kerukunan dengan menggunakan Macromedia Flash pada mata pelajaran PAI untuk siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA), mengetahui tingkat keefektifan, keefisienan, kemenarikan dari pengembangan media pembelajaran dan mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan produk tersebut. Metode pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall (1989). Tahap pengembangan model ini yaitu: (1) analisis kebutuhan (2) pengembangan produk (3) penyusunan prototipe media pembelajaran (4) uji coba (5) revisi produk dan (6) hasil akhir. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk CD Pembelajaran Interaktif media pembelajaran toleransi dan kerukunan dengan menggunakan Macromedia Flash pada mata pelajaran PAI untuk siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA), melalui proses validasi dan uji coba serta revisi. Validasi yang dilakukan melalui: (1) Validasi ahli materi (2) Validasi ahli media (3) Uji coba guru PAI kelas XI, dan (4) Uji coba lapangan.
Hasil uji ahli materi dan media terhadap pengembangan media pembelajaran ini adalah pada kualifikasi baik, berdasarkan penilaian dengan persentase kevalidan mencapai 89% dan 82%. Hasil uji coba lapangan yang dilakukan oleh guru mata pelajaran PAI kelas XI berada pada kualifikasi sangat baik, berdasarkan penilaian dengan persentase kevalidan mencapai 93%. Kemudian hasil perhitungan setiap variabel tingkat efektif, efisien dan menarik dari guru masing-masing adalah: efektif 92%, efisien 93% dan menarik 100%. Sedangkan hasil uji coba dari siswa, media pembelajaran ini berada pada kualifikasi baik, berdasarkan penilaian dengan persentase kevalidan mencapai 85%. Kemudian hasil perhitungan setiap variabel efektif 83%, efisien 93% dan menarik 90%. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik serta dengan bantuan produk pengembangan media pembelajaran ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah yang menjadi tempat uji coba. Peningkatan hasil belajar itu dibuktikan dengan meningkatnya hasil posttest siswa setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan produk media. Berdasarkan analisis uji-t, hipotesis alternatif diterima dengan rincian sebagai berikut: Hasil thitung adalah sebesar 24.026 dengan ttabel pada tingkat signifikansi 5% sebesar 2.052, dengan artian perolehan thitung lebih besar dari ttabel. Sehingga, hal ini dapat dibuktikan secara signifikan bahwa produk pengembangan media pembelajaran toleransi dan kerukunan dengan menggunakan Macromedia Flash pada mata pelajaran PAI untuk siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA) tersebut membantu meningkatkan hasil belajar siswa.
ENGLISH :
Development of tolerance and harmony instructional media using Macromedia Flash is based on the fact that the lack of development of tolerance and harmony instructional media using Macromedia Flash on PAI subjects for high school students of class XI. The result of this development is expected to meet the needs of alternative media that is able to improve the effectiveness, efficient and raises the interest of students towards learning media and allows students to learn independently. The development research aims to produce a medium of learning tolerance and harmony by using Macromedia Flash on PAI subjects for students of class XI High School (SMA), determine the level of effectiveness, efficiency, the attractiveness of the development of instructional media and determine whether or not an increase in results student learning after using the product. Development methods used in developing learning media is the method of research and development (research and development) by using a model of the development of Borg & Gall (1989). Stage of development of this model are: (1) analysis of requirements (2) product development (3) preparation of prototype instructional media (4) trial (5) revision of the product and (6) the end result. This research resulted in the development of Interactive Learning CD media products of learning tolerance and harmony by using Macromedia Flash on PAI subjects for students of class XI High School (SMA), through a process of validation and testing and revision. Validation is done through: (1) Validation matter experts (2) Validation of expert media (3) The test PAI eleventh grade teacher, and (4) field trials.
Test results matter experts and the media on the development of instructional media is in a good qualification, based on the validity of assessment by the percentage reached 89% and 82%. The results of field trials conducted by PAI subject teachers in class XI are excellent qualifications, based on the validity of the assessment by the percentage reaches 93%. Then the results of the calculation of each variable level of effective, efficient and attractive from each teacher is: an effective 92%, 93% efficient and attractive 100%. While the test results of students, instructional media is in the good qualification, based on the validity of the assessment by the percentage reaches 85%. Then the results of the calculation of each variable effective 83%, 93% efficient and attractive 90%. Learning to use a scientific approach to product development as well as with the help of instructional media is proven to improve learning outcomes of students in the school who became a pilot. Improved learning outcomes was evidenced by the increase in student posttest results after a given treatment using media products. Based on t-test analysis, alternative hypothesis is accepted with the following details: t-test result is equal to 24 026 with ttable at a significance level of 5% by 2052, with the acquisition thitung greater sense of ttable. Thus, it can be proved that the product significantly instructional media development of tolerance and harmony by using Macromedia Flash on PAI subjects for students of class XI High School (SMA) is to help improve student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Prabowo, Sugeng Listyo and Wahyuni, Esa Nur | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran; Toleransi dan Kerukunan; Macromedia Flash; Development of Instructional Media; Tolerance and Harmony; Macromedia Flash | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | |||||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2017 18:56 | |||||||||
Last Modified: | 01 Sep 2017 18:56 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7939 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |