Sudarto, Wandi (2014) Pendidikan budi pekerti Ki Hajdar Dewantara dan relevansinya dengan pendidikan akhlak di SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12770002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA :
Hendaknya kalangan lembaga pendidikan sekolah dapat meniru kurikulum materi pelajaran pendidikan budi pekerti luhur yang ada di Yayasan Lembaga Taman Siswa Yogyakarta, bahwa untuk pendidikan budi pekerti luhur di berikan sebagai penerapan Kurikulum Muatan Lokal (Mulok). Tujuan penelitian ini untuk 1). Menjelaskan Program Pendidikan Budi Pekerti menurut KI Hadjar Dewantara di SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta. 2). Menjelaskan Penerapan Pendidikan Akhlak di SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta. 3). Menjelaskan Relevansi Pendidikan Budi Pekerti Ki Hadjar Dewantara dengan Pendidikan Akhlak di SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Metode peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Jenis penelitian dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian lapangan (Field Reasarch). Lokasi penelitian di SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Guru Pendidikan Budi Pekerti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Program Pendidikan Budi Pekerti Ki Hadjar Dewantara di (SMA) Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta menggunakan metode among Ki Hadjar Dewantara, Pertama, Pendidikan budi pekerti luhur disampaikan sebagai mata pelajaran sendiri seperti mata pelajaran yang lainnya. Kedua, Penanaman nilai-nilai pendidikan budi pekerti luhur di sekolah dilakukan dengan kegiatan-kegiatan di luar pengajaran.2.) Penerapan Pendidikan Akhlak di (SMA) Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta metode yang diterapkan oleh pamong diantaranya adalah: pamong menerapkan metode Ceramah, Tanya jawab, suri tauladan, dan praktik. Karena dalam materi ini di butuhkan penjelasan tentang pengertian akhlak, induk-induk akhlak terpuji dan induk-induk akhlak tercela. 3.) Relevansi Pendidikan Budi Pekerti Ki Hadjar Dewantara dengan Pendidikan Akhlak di (SMA) Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta adapun nama metode yang digunakan oleh Ki Hadjar Dewantara dalam mengajarkan budi pekerti, mengambil istilah yang dipakai oleh umat Islam dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT, yaitu metode syari’at, hakekat, tarekat dan ma’rifat. Dari penelitian ini diperoleh sebuah kesimpulan bahwa SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta, antara kondisi komponen sekolah masih memiliki karakteristik budaya budi pekerti sehingga Program Pendidikan Budi Pekerti Luhur milik Ki Hadjar Dewantara dan pendidikan akhlak itu masih sangat relevan untuk diterapkan lebih mendalam dan dalam jangka waktu yang lama.
ENGLISH :
Should the education agency can imitate the subject matter the curriculum noble that is in yayasan lembaga taman siswa Yogyakarta that the noble character education given as the application of local content curriculum. The destination of this research to. 1) Explain the character education program by Ki Hadjar Dewantara in senior high school taman madya ibu pawiyatan Yogyakarta. 2) Explain the application of moral education in taman madya ibu pawiyatan Yogyakarta high school. 3) Explain the relevance of character education Ki Hadjar Dewantara with moral education taman madya ibu pawiyatan Yogyakarta high school. This research method uses qualitative, this, research investigator used kind of the field research. Research location in taman madya ibu pawiyatan Yogyakarta high school. The informant in this research is the principal, deputy head of the curriculum, the teacher of Islamic Religius Education (PAI), the teacher of character education, technique of data collection used in this research using observation, interview, and education.
Finding of this study showed that: 1) Ki Hadjar Dewantara education program in taman ibu pawiyatan Yogyakarta high school using ki hadjar dewantara method among. First, the nobel character education submitted as the subject itself such the other subjects. Second, cultivation values of education in school nobel character is done with activities outside of teaching activities. 2) implementayion of moral education in taman madya ibu pawiyatan Yogyakarta high school is the method applied by officials including: the official apply the lecture, debriefing, paragon, and practice. For this matter needed explanation about the definition of moral, mains finer and disgraceful of moral mains. 3) Ki Hadjar Dewantara relevance of character education with moral education in taman madya ibu pawiyatan yogyakarta high school as for the name of the method used by ki hadjar dewantara in the teachin of morality, taking the term in use by the muslims get closer to allah swt, the method syari’at, hakekat, tarekat, and ma’rifat. This research obtained from a conclution that taman madya ibu pawiyatan Yogyakarta high school, among the condition in the school still has a characteristic of morality so ki hadjar dewantara’s nobel character and the moral education is still very relevant for applied a more depth and a long periods.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun and Wahyuni, Esa Nur | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pendidikan Budi Pekerti; Ki Hadjar Dewantara; Pendidikan Akhlak; Character Education; Ki Hadjar Dewantara; Moral Education | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | |||||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2017 18:55 | |||||||||
Last Modified: | 01 Sep 2017 18:55 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7937 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |