Responsive Banner

Peran manajemen layanan bimbingan dan konseling dalam pembentukan nilai karakter pada siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Malang

Rahmah, Nur Malinda Farah (2025) Peran manajemen layanan bimbingan dan konseling dalam pembentukan nilai karakter pada siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
210106110030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

(3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

MAN 2 Kota Malang sebagai lembaga pendidikan menengah berbasis keagamaan memiliki tanggung jawab dalam membentuk peserta didik yang berkarakter Islami dan berkepribadian luhur, yang didukung oleh peran penting dari manajemen layanan BK dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program pembentukan karakter. Pendidikan di Indonesia tidak hanya menekankan pada pencapaian akademik, tetapi juga pada pembentukan nilai-nilai karakter sebagai bagian penting dari tujuan pendidikan nasional. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai tersebut adalah melalui layanan bimbingan dan konseling (BK) yang terorganisasi secara sistematis.

Penelitian ini difokuskan pada tiga rumusan masalah utama, yaitu: (1) bagaiaman perencanaan manajemen layanan BK dalam pembentukan Nilai Karakter siswa di MAN 2 Kota Malang (2)bagaiaman Pelaksanaan manajemen layanan BK dalam pembentukan Nilai Karakter siswa di MAN 2 Kota Malang (3)bagaimana evaluasi manajemen layanan BK dalam pembentukan Nilai Karakter siswa di MAN 2 Kota Malang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari waka kurikulum, waka kesiswaan, guru BK, dan wali kelas. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen layanan bimbingan dan konseling di MAN 2 Kota Malang dilaksanakan secara sistematis dan terarah. Perencanaan dilakukan melalui rapat dan koordinasi lintas sektor sekolah, pelaksanaan dilakukan dengan berbagai kegiatan pembinaan karakter melalui pendekatan individual dan kelompok, serta evaluasi dilakukan secara berkala untuk menilai efektivitas layanan dan perbaikan program. Layanan BK berperan signifikan dalam pembentukan nilai karakter seperti disiplin, tanggung jawab, religiusitas, dan empati siswa, yang menjadi dasar penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan madrasah.

ENGLISH:

MAN 2 Kota Malang, as a religious-based secondary educational institution, holds the responsibility of shaping students to possess Islamic character and noble personality. This is supported by the crucial role of guidance and counseling (BK) management in planning, implementing, and evaluating character-building programs. Education in Indonesia emphasizes not only academic achievement but also the development of students’ character as a key goal of national education. One of the efforts to instill these values is through a systematically organized guidance and counseling service.

This research focuses on three main questions: (1) How is the planning of BK service management carried out in shaping students’ character values at MAN 2 Kota Malang (2) How is the implementation of BK service management conducted in character formation (3) How is the evaluation of BK service management done in supporting character building at MAN 2 Kota Malang.

The method used in this study is a qualitative approach with a descriptive type. Data were collected through observation, in-depth interviews, and documentation. The subjects of this research include the vice principal for curriculum, vice principal for student affairs, BK teachers, and homeroom teachers. Data were analyzed through data reduction, data display, and conclusion drawing.

The results show that the management of guidance and counseling services at MAN 2 Kota Malang is conducted in a systematic and directed manner. Planning is carried out through meetings and cross-sectoral coordination, implementation involves various character-building activities through individual and group approaches, and evaluation is conducted periodically to assess the effectiveness and improve the program. BK services play a significant role in fostering character values such as discipline, responsibility, religiosity, and empathy, which are fundamental in realizing the educational goals of the madrasah.

ARABIC:

و ذلا ط وك، ةيلوؤاسم طن ام ةن دم ةينا لا ة ونا لا ةلودلا ةا ردم م،اع عمع عل، ،ةين د ة ونو ةي يملا، ةاسا ؤم اهرابتعبا ىييل،و ييفن،و ييذنتلا دااشرلإاو هيجوتلا تامدخ ةرادلإ ىا ا رودلا ه عد ام وهو ،ةميبنلا تاياونابلاو ةيم ا لإا ةياونابلا ااااااااوناااااااابلا ط وك، طمارل ىيللا ط وك، عمع ا اااااااا ح زور بل ،مااااااااساف ي داويا بيااااااااواتلا عمع ايااااااااسينودنإ ىيملاتلا زور .ةي داااااشرلإاو هيجوتلا تامدخ ا خ طم يه ىيللا هيه قرال ةلويب ا دواذا طمو .لج ولا ىيملاتلا فادهح طم ىام صزمو ةيااااوناااابلا يمانم بكبل ة ظن ا

ىي ط وك، دااااشرلإاو هيجوتلا تامدخ ةرادإ ييذد ىت ديو :يهو ،ةمكاااب مل ةياااسيلر تاياياااغ ي عمع ةااا اردلا هيه زور، ةيموكلحا ة ونا لا ةاااا رد ا ذلا ةيااااونااااش 2 ىي ط وك، داااااشرلإاو هيجوتلا تامدخ ةرادإ ييفن، ىت ديوو ،طن ام ةن دة ونا لا ةاااا رد ا ذلا ةيااااونااااش ةيموكلحا ة 2 ىي ط وك، داااااشرلإاو هيجوتلا تامدخ ةرادإ ىييل، ىت ديوو ،طن ام ةن دةةيموكلحا ة ونا لا ة رد ا ذلا ةيونش 2 طن ام ةن دة

ا خ طم تدايبلا ع تاينل، ييفن، او .ةيفااااااغولا ةاااااا اردلا اون طم يعونلا نابلا طانم وه نابلا ايه ادنتااااااس ا طان ا ىملامو ، ذلا وؤاااااااش ر دم ملدو ،طهان ا ر دم ملد طم نابلاتاعواااااااضوم تنوك، .مي وتلاو ةل لات ا ت لال او ةظب ات .بوفلا ىملامو ،داشرلإاو هيجوتلا طلا

بكااابل اهييفن، ىت طن ام ةن دم ةينا لا ةيموكلحا ة ونا لا ةااا رد ا دااااشرلإاو هيجوتلا تامدخ ةرادإ ح ةااا اردلا طلاتن راظ،و صانل ةذااااااااااااابنح ا خ طم ييفنتلا ىت و ،ةااااااااااااا رد ا تاعاذ ل مياااااااااااااسنتلاو تاعا تج ا ا خ طم ييذنتلا ىت و .زّورمو يمانم لا ا خ طم ةفمتن ا ةياااااااونااااااابلا تانياااااااستحو تامدتحا ةيلالاف ىييلتل رود بكااااااابل تا ييلتلا صارجإ ىت و ،يعا ذاو درفلا طان دل د الاتلاو ط دتلاو ةيلوؤاااااس او وابااااا ن او ةياااااونااااابلا ىيللا ط وك، اماه ارود دااااااشرلإاو هيجوتلا تامدخ ملام، .طمدبرلا ي رد ا ىيملاتلا فادهح ميلاتل ىام قا ح يهو ،ةبمذلا

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mukhlis, Akhmad
Keywords: Manajemen; Bimbingan dan Konseling; Nilai Karakter; Pendidikan; MAN 2 Kota Malang; Management; Guidance and Counseling; Character Values; Education; MAN 2 Kota Malang; ميااايلإا مو يلا مااايرنالا ;ليردتلا ;ميااالاااايلا لي ;د اااشرلإاو هيجوتلا ;ةرادلإامنن ;مي يلا مي وكحلا
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nur Malinda Farah Rahmah
Date Deposited: 30 Jul 2025 15:18
Last Modified: 30 Jul 2025 15:18
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/79122

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item