Toleransi beragama siswa: Studi tentang pengaruh kepribadian siswa, lingkungan sekolah dan prestasi belajar pendidikan agama terhadap toleransi beragama siswa di SMA Negeri 8 Malang

FAISAL, AKHMAD (2012) Toleransi beragama siswa: Studi tentang pengaruh kepribadian siswa, lingkungan sekolah dan prestasi belajar pendidikan agama terhadap toleransi beragama siswa di SMA Negeri 8 Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10770028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Toleransi beragama adalah kesadaran seseorang untuk menghargai, menghormati, membiarkan, dan membolehkan pendirian, pandangan, keyakinan, kepercayaan, serta memberikan ruang bagi pelaksanaan kebiasaan, perilaku dan praktik keagamaan orang lain yang berneda atau bertentangan dengan pendirian sendiri dalam rangka membangun kehidupan bersama dan hubungan sosial yang lebih baik. Dalam perspektif psikologi diketahui bahwa faktor-faktor yang menjadi sebab munculnya sikap toleransi dan intoleransi adalah karakteristik mental yang merupakan bagian dari kepribadian (personality), lingkungan dan pengetahuan. Faktor-faktor tersebut adalah gabungan sikap individu yang muncul ketika ia berhadapan dengan sejumlah perbedaan dan bahkan pertentangan, baik ditingkat sikap, pandangan, keyakinan dan juga tindakan, yang timbul di tengah kehidupan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun secara simultan antara variabel kepribadian siswa, lingkungan sekolah dan prestasi belajar pendidikan agama terhadap variabel toleransi beragama siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 140 siswa pada siswa kelas X 8, kelas XIA2, kelas XIA4 serta kelas XIA5. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner (24 item pertanyaan untuk variabel kepribadian siswa, 16 item untuk variabel lingkungan sekolah dan 1 item pertanyaan untuk variabel prestasi belajar pendidikan agama). Metode analisis yang digunakan adalah Deskriptif Analisis dan Analisis Statistik Inferensial yaitu Regresi Linier Sederhana dan Regresi Linier Berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara antara variabel kepribadian siswa, lingkungan sekolah dan prestasi belajar pendidikan agama terhadap variabel toleransi beragama siswa. Dengan demikian, kepribadian siswa, lingkungan sekolah dan prestasi belajar pendidikan agama mempunyai andil yang cukup besar terhadap pembentukan sikap toleransi beragama siswa.

Oleh karena itu, untuk mengembangkan sikap toleran di antara siswa maka perlu mengoptimalkan fator-faktor yang mempengaruhinya yaitu dengan menciptakan lingkungan yang kondusif dengan suasana nyaman dan fasilitas memadai, pembinaan kualitas mental dan kepribadian siswa serta usaha meningkatkan prestasi belajar bagi siswa.

ENGLISH :

Religious tolerance is a person's consciousness to appreciate, respect, let, and let stand, viewpoint, belief, trust, and make room for the implementation of the customs, behavior and practices of others who berneda or contrary to the establishment of its own in order to build a life together and relationships better. In the perspective of psychology known that the factors for the emergence of tolerance and intolerance are the mental characteristics that are part of the personality (personality), environment and knowledge. These factors are combined individual attitudes that emerged when he was confronted with a number of differences and even contradictions, at both attitudes, views, beliefs and actions, which arise in the midst of life.

The purpose of this study was to investigate the effect of partially or personality variables simultaneously between students, schools and educational achievement for students of religious tolerance variables.

This study uses a quantitative approach using a sample of 140 students in class X 8, XIA2 class, grade and class XIA5 XIA4. The data was collected by distributing questionnaires (24 item questionnaire for student personality variables, 16 items for the school environment variables and 1 item questionnaire for academic achievement variable religious education). The method of analysis used is Descriptive Analysis and Statistical Analysis Inferential the Simple Linear Regression and Multiple Linear Regression.

The results of this study indicate that there is significant influence between the variables of personality of students, the school environment and achievement of religious education to the students of religious tolerance variables. Thus, the personality of the students, the school environment and achievement of religious education have contributed to the formation of considerable religious tolerance students.

Therefore, to develop a tolerant attitude among students it is necessary to optimize fator-determining factors is to create an environment conducive to the cozy atmosphere and adequate facilities, the quality of mental and personality development of students as well as efforts to improve academic achievement for students.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Abidin, Munirul and Rasmianto, Rasmianto
Keywords: Toleransi Beragama; Kepribadian; lingkungan sekolah dan prestasi belajar pendidikan agama; Religious tolerance,;personality; school environment and achievement of religious education
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: aida nurul faroha
Date Deposited: 18 Aug 2017 11:14
Last Modified: 18 Aug 2017 11:14
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7911

Actions (login required)

View Item View Item