Hasan, Dhedy Nur (2013) Internalisasi nilai karakter religius dalam meningkatkan kualitas religious culture melalui Badan Dakwah Islam (BDI) di SMA Negeri 1 Kepanjen. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11770023.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Perkembangan dunia yang semakin maju membawa banyak dampak baik yang mengarah pada hal positif atau malah pada hal yang negatife, banyak persoalan yang timbul baik dari kalangan masyarakat maupun juga dari lembaga pendidikan. Untuk itu penting sekali internalisasi nilai karakter religius dalam meningkatkan kualitas religius culture sebagai langkah preventif. Dengan melihat kondisi pelajar sekarang ini yang mengalami dekadensi moral dan akhlak, banyak tindakan yang menyimpang dan jauh dari nilai agama dan moral yang dilakukan oleh pelajar. Pendidikan hanya sebagai symbol yang tanpa arti dengan hanya mementingkan angka kelulusan tanpa memperhatikan nilai moral dan spiritual yang justru lebih penting dari sekedar angka titel kelulusan.
Fokus penelitian ini adalah untuk membahas Internalisasi Nilai Karakter Religius Dalam Meningkatkan Kualitas Religious Culture Melalui Badan Dakwah Islam (BDI) di SMA Negeri 1 Kepanjen. Dengan fokus penelitian mencakup: (1) Nilai karakter religius apakah yang ditanamkan (2) Strategi apa yang dilakukan Badan Dakwah Islam dalam internalisasi nilai karakter religius, (3) Bagaimana model internalisasi nilai karakter religious yang ditanamkan di SMA Negeri 1 Kepanjen melalui Badan Dakwah Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan pendekatan deskriptif analitik, pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi.Tehnik analisa meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti. Tehnik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode dan ketekunan pengamatan. sumber informan peneliti adalah ketua badan dakwah Islam, pembina badan dakwah Islam, guru agama Islam, wakil kepala bidang kesiswaan dan humas dan siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Nilai yang ditanamkan adalah nilai Ilahiyah yang berhubungan dengan tuhan dan nilai Insaniayah yang berhubungan dengan sesama manusia nilai ini ada dalam kegiatan yang diadakan oleh badan dakwah Islam,(2) Strategi yang digunakan oleh badan dakwah Islam diawali dengan melakukan perencanaan progam kegiatan, melakukan pendekatan pada siswa secara formal dan nonformal, memberikan teladan pada siswa, kebijakan kepala sekolah, melakukan kerjasama antara orang tua dan pihak sekolah. (3) Model yang digunakan oleh badan dakwah Islam melalui model struktural, model mekanik, model organik dengan menjadikan pendidikan agama Islam adalah sistem kesatuan yang berusaha mengembangkan kehidupan berkarakter religius.
ENGLISH:
The development of increasingly advanced world brings many good effects that lead to positive or even on the negatife, many issues that arise both from the public and also from educational institutions. It is very important for internalization of religious characters in improving the quality of religious culture as a preventive measure. With the condition of today's students who have moral decadence and moral character, and a lot of actions that deviate away from religion and moral values were performed by students. Education only as a meaningless symbol only concerned with graduation rates regardless of moral and spiritual values that are even more important than just the title of the graduation rate.
The focus of this study is to discuss the Internalization of Religious Character Value in Improving Quality Through Religious Culture Agency Islamic Da'wah (BDI) in SMA Negeri 1 Kepanjen. With a research focus include: (1) whether the implanted religious character (2) What strategies do Da'wah Agency in internalization of religious character, (3) How to model the internalization of religious character instilled in SMA Negeri 1 Kepanjen through the Islamic Propagation Agency .
This study used a qualitative approach with descriptive and analytical approach, data collection is done by in-depth interview techniques, observation and analysis dokumentasi.Tehnik includes data reduction, desplay data and data verification, checking the validity of the findings made by way of extension of research participation. triangulation techniques using a variety of sources, theories, and methods of observation and perseverance. Researchers informant source was head of the Islamic da'wah, body builder Islamic da'wah, Islamic religious teacher, deputy head of student affairs and public relations and student.
The results showed that: (1) embedded value and value is the value Divining Insaniayah these values exist in an event held by the Islamic missionary agency, (2) is a strategy used by the agency was initiated by the Islamic da'wah program planning activities, approaching students in formal and non-formal, Providing Exemplary student, Principal Policy, Cooperating Parties Between Parents and Schools. (3) The model used is by preaching entity model starts with an understanding of Islam by providing correct information about the good things and the bad that can distinguish between the two, imitation models with advanced aspects of behavior in the form of action, Model habituation by making something had never known, a usual thing.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rasmianto, Rasmianto and Abidin, Munirul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Nilai Karakter Religius; Badan Dakwah Islam; Internalization; Religious Character Value; Religious Culture | |||||||||
Depositing User: | Dian Anesti | |||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2017 18:11 | |||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2017 18:11 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7908 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |