Latif, Isnawati Nur Afifah (2014) Pengaruh kreativitas guru pendidikan agama Islam dan prestasi siswa terhadap pengamalan agama siswa pada siswa kelas XII di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Malang dan Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11770020.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Peranan kreativitas guru tidak sekedar membantu proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan. Guru yang memiliki kreativitas dapat mengoptimalkan media yang tersedia menjadi alat dukung materi pelajaran. Adanya media dan guru yang kreatif menjadikan proses belajar menjadi berkesan. Kesan baik yang diterima siswa diharapkan dapat membantu siswa menjadi mudah memahami pelajaran. Pemahaman pelajaran tidak hanya berlangsung di kelas saja, tetapi juga diharapkan dapat mengubah perilaku siswa menjadi lebih baik. Prestasi belajar merupakan penilaian hasil proses belajar yang berguna untuk mengevaluasi sejauh mana tingkat keberhasilan suatu pembelajaran. Apabila prestasi belajar yang diperoleh seorang siswa itu baik, diharapkan dalam kehidupan sehari-haripun dapat mencerminkan perilaku yang baik pula.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui baik secara parsial maupun secara simultan antara variabel kreativitas guru, prestasi siswa dan pengamalan agama siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 162 siswa yang terdiri dari 87 siswa kelas XII di SMK negeri 2 Malang dan 75 siswa kelas XII di SMA Negeri 8 Malang. Pengukuran variabel kreativitas guru menggunakan angket yang memuat 24 pernyataan sebagai instrumen variabel kreativitas guru. Variabel prestasi siswa diukur dari hasil nilai ulangan siswa. Sedangkan variabel pengamalan agama diukur menggunakan angket yang memuat 17 pernyataan mengenai pengamalan agama siswa sehari-hari. Metode analisis yang digunakan adalah menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial, yaitu Regresi Linier Sederhana dan Regresi linier Berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t pada variabel kreativitas guru adalah sebesar 5,718 dengan nilai signifikan sebesar 0,000, dimana p < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan kata lain, hasil di atas menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada kreativitas guru terhadap pengamalan agama siswa. Hasil lain juga menunjukkan nilai t sebesar -0,658 untuk variabel prestasi siswa dengan nilai signifikan sebesar 0,512, dimana p > 0,05 yang berarti H0 diterima dan H1 ditolak. Dengan kata lain, hasil di atas menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh pada kreativitas guru terhadap pengamalan agama siswa. Sedangkan hasil uji f adalah sebesar 16,405 dengan tingkat signifikan 0,000 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh variabel yang signifikan dari variabel kreativitas guru dan prestasi siswa terhadap pengamalan agama siswa. Sumbangan kreativitas guru dan prestasi siswa terhadap pengamalan agama siswa adalah sebesar 17,1% sedangkan 82,9% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa kreativitas guru memiliki peran dalam keberhasilan pencapaian tujuan suatu proses belajar mengajar. Tujuan dari proses belajar mengajar adalah adanya perubahan tingkah laku pada siswa. Prestasi siswa dapat digunakan sebagai alat ukur sejauh mana keberhasilan proses tersebut. Namun, prestasi belajar bukan satu-satunya patokan. Pembelajaran yang berhasil sepenuhnya dapat dilihat jika siswa dapat mempraktikkan apa yang telah diterimanya di kelas.
ENGLISH:
The role of teacher creativity is not only to help studying and teaching being more fun. Teachers who have creativity can use optimally available media to support a lesson. There are available media and teachers who are creative can make the process of studying become impressing. The good impression which can be received by students is expected to understand the lessons easier. It is also expected that those understanding is not only on the class but also can change the student’s behavior better. Student’s achievements are the value of the results of studying process which are useful for evaluating how far the success of teaching. If the student’s achievement is going good, it is expected too, the students have good behavior in their daily life.
This research is to know whether partial and stimulant between variable of teacher creativity, student’s achievement and Islamic experiences. This research uses qualitative approach. The samples are 162 students including 87 students of XII SMK 2 of Malang and 75 students of XII SMA 8 of Malang. To measure teacher creativity, the researcher uses questionnaires which include 24 statements. They are variable instruments of teacher creativity. To measure student’s achievement, the researcher uses the result of students test. Then, to measure Islamic experiences variable, the researcher uses questionnaire which include 17 statements talking about Islamic experiences in daily life. The method of this research uses descriptive analysis and inferential analysis which are Linier Regression and multiple regression.
The result of this research show that the t value on creativity teacher variable is 5,718 with significant value 0,000 where p < 0,05 which means H0 is rejected and H1 is received. The other words say that those value explanations before show that there are influences of teacher creativity to students Islamic experiences. The other results show that the t value is -0,658 for student’s achievement variable with significant value 0,512 where p . 0,05 which means Ho is received and H1 is rejected. The other words say that those value explanations before show that there are no influences of teacher creativity to students Islamic experiences. On the other hand, the result of f test is 16,405 with significant value 0,000 show that there are variable influences which are significant from teacher creativity and student’s achievement variable to students Islamic experiences. The role of teacher creativity and student’s achievement to students Islamic experiences is 17,1 % and the rest is 82,9% is influenced by other factors.
Look at the result of the research, it can be concluded that teacher creativity has a role which is determining the success of studying and teaching process. The purpose of studying and teaching process is that there is a change of student’s behavior. Student’s achievement can be used as a tool in measuring as long as that process works. However, student’s achievement is not only the one of being a standart. The whole of a success of teaching can be seen if the students can practice lessons which they get in the class.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abidin, Munirul and Mubarok, Zulfi | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Kreativitas Guru; Prestasi Siswa; Pengamalan Agama; Teacher Creativity; Student’s Achievement; Islamic Experiences | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Dian Anesti | |||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2017 18:12 | |||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2017 18:12 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7906 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |