Hilmi, M. Masyis Dzul (2015) Model pendidikan karakter dalam meningkatkan kedisiplinan: Studi kasus Pondok Pesantren Nurul Falah Al-Kammun Gading Bululawang Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10770029.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan adalah proses memanusiakan manusia. Untuk meraih derajat manusia seutuhnya sangatlah tidak mungkin tanpa melalui proses pendidikan. Pendidikan harus dapat menghasilkan insan-insan yang memiliki karakter mulia, di samping memiliki kemampuan akademik dan keterampilan yang memadai. Salah satu cara untuk mewujudkan manusia yang berkarakter adalah dengan mengintegrasikan pendidikan karakter dalam setiap pembelajaran. Nilai-nilai karakter utama yang harus terwujud dalam sikap dan perilaku peserta didik sebagai hasil dari proses pendidikan karakter adalah jujur (olah hati), cerdas (olah pikir), tangguh (olah raga), dan peduli (olah rasa dan karsa). Pendidikan karakter merupakan suatu upaya yang direncanakan dan dilaksanakan secara sistematis untuk membantu peserta didik agar menjadi manusia yang mempunyai tingkah laku/perilaku baik. Pendidikan karakter di Pondok Pesantren Nurul Falah Al-Kammun scara implisit sudah diterapkan di semua kagiatan sehari-hari, sedangkan secara eksplisit misalkan melalui kegiatan rutin mingguan atau bulanan misalnya kegitan muhadlarah dan diba’iyah. Dalam mata pelajaran diniyah juga diajarkan tentang Pendidikan Karakter. Pendidikan karakter dalam mata pelajaran ini dikemas dalam bentuk pembelajaran akhlak, misalnya dengan mata pelajaran Akhlak Li al-banin, maraqi al-‘ubudiyah, dan lain-lain dalam kegiatan madrasah diniyah . Tujuan pada penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui gambaran umum tentang kedisiplinan di pondok pesantren Nurul Falah Al-Kammun, (2) Untuk mengetahui upaya menanamkan karakter kedisiplinan di pondok pesantren Nurul Falah Al-Kammun, (3) Untuk mengetahui model pendidikan karakter dalam meningkatkan kedisiplinan di pondok pesantren Nurul Falah Al-Kammun.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian studi kasus, yaitu memahami fenomena-fenomena sosial dari sudut perspektif orang-orang yang diajak berwawancara, diobservasi, diminta memberikan data, pendapat, pemikiran, dan persepsinya secara individual dan kelompok. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi.
Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, peneliti menemukan: (1) kedisiplinan di Pondok Pesantren Nurul Falah Al-Kammun berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari para santri yang memiliki kecenderungan untuk taat dan patuh serta mengikuti berbagai kegiatan yang diprogramkan oleh pesantren, sebagian santri mengaku takut untuk melanggar peraturan yang ada karena adanya sanksi yang mereka anggap sangat tegas. (2) upaya menanamkan menanamkan kedisiplinan meliputi kedisiplinan dalam beribadah, kedisiplinan waktu, dan kedisiplinan dalam belajar. (3) model pendidikan karakter dalam meningkatkan kedisiplinan adalah model holistik integratif, yaitu pendidikan yang mengintegrasikan segala aspek dan nilai-nilai dalam pendidikan seperti moral, etis, religius, psikologis, filosofis, dan sosial dalam kesatuan dengan manusianya secara keseluruhan utuh antara jiwa dan badan, material dan spiritual dengan langkah-langkah diantaranya: keteladanan, pemberian nasehat dan pelajaran, pembiasaan, dengan pahala dan sanksi, dan pendekatan gabungan.
ABSTRACT
Education is the process of humanizing mankind. To achieve the degree of whole mankind is not possible without the educational process. Education should be able to produce human beings who have a noble character, in addition to academic ability and skills. Character education is an effort that is planned and systematically implemented to assist students to become men who have behavior / good behavior. Character education at boarding school Nurul Falah Al-Kammun implicitly been applied in all activity daily, while explicitly for example through regular activities eg weekly or monthly activity and diba'iyah muhadlarah. In diniyah subjects are also taught about the Character Education. Character education in these subjects is packaged in the form of moral learning, for example akhlaq al-Banin, maraqi al-'ubudiyah , and others in the activities of madrasas diniyah. The purpose of this study was to: (1) To know the general idea of discipline in boarding school Nurul Falah Al-Kammun, (2) To determine the effort instill discipline in boarding school character Nurul Falah Al-Kammun, (3) To determine the educational model characters in improving discipline in boarding school Nurul Falah Al-Kammun.
In this study, researchers used a qualitative approach to the form of case study, namely to understand social phenomena from the perspective of people who are invited to interview, observe, were asked to provide the data, opinions , thoughts, and perceptions of individual and group. Data collection methods used were observation, interviews, and documentation. In testing the validity of the data researchers use participatory extension techniques, perseverance observation, and triangulation.
From the results of research studies that have been done, researchers found: (1) discipline at boarding school Nurul Falah Al-Kammun going well. It is seen from the students who have a tendency to be obedient and submissive as well as participate in various activities programmed by the boarding schools, most students said they were afraid to break the rules that exist because of the sanctions which they consider very firm. (2) efforts to instill discipline in instilling discipline includes worship, time discipline, and discipline in learning. (3) models of character education in improving discipline is an integrative holistic model, which integrates all aspects of education and values in education such as moral, ethical, religious, psychological, philosophical, and social unity of the whole human body and soul intact between, the material and the spiritual with measures including: exemplary, mentoring and learning, habituation, with rewards and sanctions, and the combined approach .
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul and Abidin, Munirul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pendidikan Karakter; Kedisiplinan; Character Education; Discipline | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Dian Anesti | |||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2017 18:12 | |||||||||
Last Modified: | 17 May 2023 10:22 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7899 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |