Arifinur, Arifinur (2013) Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural: Studi kasus di SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11770006.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Negara kesatuan Republik Indonesia sebagai Negara yang multikultur terdiri atas berbagai macam suku bangsa, dan setiap suku bangsa berbeda dalam banyak hal dengan suku bangsa lainnya. Adanya perbedaan tersebut tidak hanya memberikan keunikan menarik, namun juga seringkali menimbulkan konflik. Adanya perbedaan SARA seringkali menimbulkan perpecahan yang berujung pada ketidakharmonisan dalam kehidupan sehari-hari. Keberagaman tidak hanya lintas agama bahkan seringkali kita jumpai keberagaman pandangan dalam satu agama. Hal ini dikarenakan latarbelakang kultur, keyakinan yang berbeda-beda diantara penganutnya. Salah satu faktor yang diyakini masyarakat dalam kelangsungan hidup manusia adalah pendidikan. Pendidikan agama Islam berkaitan dengan proses pendidikan dalam lembaga formal dan non formal. Pendidikan agama berwawasan multikultural yang selama ini kita kenal merupakan salah satu langkah strategis untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Indonesia, terutama generasi pemuda.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (menjelaskan) implementasi pendidikan agama Islam berwawasan multikultural di SMA Selamat Pagi Indonesia kota Batu, meliputi nilai-nilai kultural yang dikembangkan, implementasi pembelajaran berwawasan multikultural dalam kehidupan sehari-hari dan dampaknya terhadap peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang mencakup empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan empat kriteria yaitu derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan dan kepastian.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Perencanaan pembelajaran menekankan integrasi nilai-nilai multikultural : adil, bertanggungjawab, religius, kesadaran akan hak dan kewajiban, persamaan, toleransi, menghargai keberagaman, jujur, disiplin disiplin yang termuat dalam Rencana Program Pembelajaran (RPP) maupun dalam silabus; 2) Pelaksanaan pembelajaran menerapkan nilai-nilai multikultural dalam perencanaan, namun yang paling menonjol adalah nilai kebersamaan dan saling menghargai tanpa mencari perbedaan; 3) Evaluasi hasil dengan menerapkan model evaluasi dengan memperhatikan nilai-nilai multikultural yang terintegrasi dalam ranah kognitif, psikomotorik, afektif dan P.A.K.S.A (pray, attitude, knowledge, skill, and action).
ENGLISH:
Unitary State of the Republic of Indonesia as a country that comprises a variety of multicultural nation, and each nation is different in many respects with other ethnic groups. The difference is not only interesting but give uniqueness also often led to conflict. SARA often gives rise to differences split which led to discord in daily life. Diversity is not only a cross-religion often we encounter a diversity within a single religion. This is due to both cultures, beliefs vary among believers. One factor that is believed to be the community in human survival is education. Islamic religious education is related to the process of education in the formal and non-formal institutions. Insightful multicultural religious education as we know it is one of the strategic steps to give an understanding to the people of Indonesia, especially the young generation.
This research aimed at described (explain) the implementation of islamic education insightful multicultural in high school good morning indonesia, the city of stone covering values, culturally developed the implementation of learning insightful multicultural in daily life and its impact on a student.
This research uses a case study approach. The method of collecting the data are observation, interview and documentation. Data analysis techniques using interactive analysis model that includes four components: data collection, data reduction, data display and conclotion drawing and verifying. Checking the validity of the data using four criteria: credibility, transferbility, dependability, and confirmability.
Conclusion this research is ; 1) Planning learning emphasize integration multicultural values: fair, responsible, religious, awareness of rights and duties; an equation, tolerance, respect diversity, honestly discipline discipline contained in the learning programme (RPP, Syllabus); 2) The implementation of learning multicultural in planning, implementing values but most prominent togetherness is the value and be earned without seeking difference; 3) Evaluation results by applying evaluation model with regard to the integrated multicultural values, cognitive psychomotor, affective and pray, P.A.K.S.A (Pray, Attitude, Knowledge, Skill, and Action).
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah and Sutiah, Sutiah | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Implementasi; Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Multikultural; Implementation; Learning; Education Program of Islamic; Multicultural | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | |||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2017 18:13 | |||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2017 18:13 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7889 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |