Ali, Luqman (2013) Pengembangan media pembelajaran PAI berbasis Macromedia Flash Player 8 di SMA Islam Diponegoro Wagir Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11770039.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Penggunaan macromedia flash player 8 dalam pembelajaran PAI merupakan suatu proses belajar mengajar yang dilakukan dengan cara menggunakan bantuan komputer serta memadukan media gambar, gambar bergerak (animasi), video, suara maupun teks berjalan, sehingga pembelajaran PAI tidak akan terkesan monoton. Dengan demikian akan berdampak baik terhadap peningkatan kemampuan pemahaman materi PAI Kelas X di SMA Islam Diponegoro Wagir. Karena selama ini pembelajaran PAI dengan cara konvensional cenderung membosankan.
Berdasarkan pada latar belakang diatas maka permasalahan yang timbul adalah: 1) Belum adanya media pembelajaran yang berbasis Macromedia Flash Player 8 yang digunakan untuk pembelajaran PAI di SMA Islam Diponegoro Wagir ? 2) Apakah penggunaan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash player 8 ini dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran di SMA islam Diponegoro Wagir ?
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menghasilkan produk berupa Media pembelajaran berbasis Macromedia Flash player 8. (2) Dan mengembangkan produk media pembelajaran PAI yang dapat meningkatkan keefektifan Pembelajaran PAI di SMA Islam Diponegoro Wagir. Dalam pengembangan ini, mengadaptasi model pengembangan Borg and Gall (1983) yaitu (1 analisis kebutuhan, (2)Pengembangan produk,(3)penyusunan protopile media pembelajaran, (4)uji coba, (5) revisi produk, (6) hasil akhir. Berdasarkan model tersebut, media yang dikembangkan melalui langkah-langkah pengembangan Arief S. Sadiman ( 2006) sebagai berikut : (1) Merumuskan tujuan (2)Mengembangkan alat pengukur keberhasilan (3) pembuatan media (4) uji coba.
Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah berupa Modul interaktif berbasis Macromedia Flash player 8. Produk pengembangan ini di uji cobakan melalui beberapa tahap secara berurutan yakni (1) uji coba ahli materi dan dan ahli media (2)Uji coba perorangan (3) uji coba kelompok kecil dan (4) uji coba lapangan kepada guru PAI dan Siswa 30 kelas X SMA Islam Diponegoro Wagir Malang.
Hasil uji coba media pembelajaran PAI oleh ahli materi sebesar 92% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba oleh ahli media sebesar 85 %. Hasil uji coba oleh ahli perorangan sebesar 77,33% dan 74 % dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba kelompok kecil sebesar 87,33% dengan kualifikasi sangat baik .Hasil uji coba lapangan diperoleh presentase rata- rata sebesar 94,66% dan termasuk dlam kualifikasi baik. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran termasuk dalam kualifikasi baik, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Dari hasil analisis data, menunjukkan bahwa penggunaan Macromedia Flash Player 8 dalam pembelajaran PAI ini mampu meningkatkan kemampuan pemahaman siswa kelas X SMA Islam Diponegoro Wagir Malang. Dengan sangat antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran, begitu juga dari hasil evaluasi pembelajaran diatas yang merupakan indikator pemahaman dan pengetahuan siswa dalam belajar dapat berjalan dengan baik, terbukti prosentase pemahaman dan pengetahuan siswa mulai dari pre tes, rata-rata nilai mengalami peningkatan dari 65,23 menjadi 83.73 dari data diatas telah mencapai 90 % dari standar minimal siswa dikatakan paham dalam satu kelas.
Hasil dari perhitungan menggunakan program SPSS dinyatakan bahwa media pembelajaran ini terbukti efektif digunakan untuk pembelajaran PAI. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis di peroleh data signifikasnsi sebesar (0.000<0.05)sehingga HI diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi perbedaan yang signifikan antara pembelajaran yang menggunakan media ini dengan tidak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran PAI ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
ENGLISH:
Use macromedia flash player 8 in Islamic Education Learning learning is a learning process which is done by using a computer-assisted, and integrating media images, moving images (animation), video, sound or text runs, so that learning will not seem monotonous. Thus will contribute to increased understanding of the material capabilities of Islamic Religious Education Class X (ten) High School Islamic Wagir Diponegoro. Because of all this learning Islamic education in the conventional way tend to be boring.
Based on the above background, the problems that arise are: 1) The absence of mediabased learning Macromedia Flash Player 8 is used for learning Islamic education in Islam from high school Diponegoro Wagir? 2) Is the use of media-based learning Macromedia Flash Player 8, this can increase the effectiveness of learning in Islamic high school Diponegoro Wagir? The purpose of this study is (1) Produce a media product basic Macromedia learning Flash Player 8. (2) And the media product develop learning Islamic education that can improve the effectiveness of learning Islamic education in Islamic high school Wagir Diponegoro.
In this development, adapting the model of development Borg and Gall (1983), namely (1 needs analysis, (2) product development, (3) preparation of instructional media protopile, (4) trial, (5) revision of the product, (6) the final result. Based on these models, the media developed through the development steps Arief S. Sadiman (2006) as follows: (1) Formulate goals (2) Develop a gauge of success (3) media production (4) trials.
The result of this research is the development of a module-based interactive Macromedia Flash Player 8. The product development in tested sequentially through several stages namely (1) materials testing experts and experts and media (2) individual trials (3) small group testing and (4) the trial court to Islamic Education Learning teachers and 30 students of X class in Diponegoro Wagir Islamic high school Malang.
Test results by expert instructional media material Islamic Education Learning by 92% with excellent qualifications. The results of trials by media specialists by 85%. Test results by individual experts by 77.33% and 74% with excellent qualifications. Small group of trial results by 87.33% with excellent qualifications. Results from field trials an average percentage of 94.66% and included in the development of better qualifications. Overall it can be concluded that the instructional media qualify as well, making it feasible to use in teaching Islamic education.
From the analysis of the data, showing that the use of Macromedia Flash Player 8, the Islamic Education Learning is able to improve the learning ability of students' understanding of class X (ten) High School Diponegoro Wagir Islam Malang. With the enthusiasm of students in participating in learning, as well as the evaluation of learning outcomes above which is an indicator of understanding and knowledge of students in learning to run well, the percentage of proven understanding and knowledge of students ranging from pre-test, the average score increased from 65.23 to 83.73 from the above data has reached 90% of the minimum standard of students in a class is said to understand.
Results of calculations using the SPSS program stated that this study proved effective media used for teaching Islamic Education. This is evidenced by the results of hypothesis testing in the data obtained by signifikasnsi (0.000 <0.05), so that HI is accepted. So it can be concluded that there are significant differences between learning to use this medium to not. It can be concluded that the use of instructional media learning Islamic education can improve student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abidin, Munirul and Rasmianto, Rasmianto | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Macromedia Flash; Pembelajaran PAI; Islamic Education Learning | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | |||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2017 19:46 | |||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2017 19:46 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7875 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |