Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di perguruan tinggi negeri: Studi multi kasus di Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang

Laila, Riris Lutfi Ni’matul (2012) Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di perguruan tinggi negeri: Studi multi kasus di Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
10770019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA:

Pembelajaran adalah upaya membelajarkan siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan melalui penetapan strategi pembelajaran. Sebagaimana tujuan Pendidikan Nasional, Perguruan Tinggi Umum dapat menghasilkan sosok-sosok lulusan yang profesional dalam bidangnya serta bermoral, hingga mampu memperbaiki permasalahan moral bangsa saat ini. Sehingga strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam perlu menjadi penekanan lebih kepada mahasiswa agar semakin kokoh bekal keimanan dan kemuliaan akhlak dan mampu mewujudkan bangsa yang bermartabat.

Fokus penelitian ini adalah bagaimana strategi pengorganisasian isi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang, strategi penyampaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang dan bagaimana strategi pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan multi kasus di Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang. Bahan-bahan deskripsi didapatkan melalui wawancara mendalam, pengamatan peran serta dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah Koordinator Dosen mata kuliah PAI, Dosen PAI, dan mahasiswa. Sampel penelitian yang digunakan adalah purposive sampling dengan teknik snowball sampling. Teknik yang digunakan untuk memperoleh kredibilitas data adalah triangulasi. Data yang diperoleh dari informan dan subyek yang diteliti disaring dan diklasifikasikan menurut pola, tema dan topik pembahasan. Analisis data dilakukan dengan dua tahap, yaitu tahap bersamaan dengan proses pengumpulan data di lapangan dan tahap sesudah pengumpulan data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) strategi pengorganisasian isi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang dilakukan dengan cara pemilihan jenis materi disesuaikan dengan standar kompetensi materi Pendidikan Agama Islam yang telah ditentukan oleh Dirjen DIKTI berdasarkan Surat Keputusan Dirjen DIKTI No 43/DIKTI/Kep/2006 tentang Rambu-Rambu Pelaksanaan Kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) di Perguruan Tinggi, kemudian diorganisasikan kembali oleh dosen-dosen yang bersangkutan. Materi yang akan disampaikan pada mahasiswa didentifikasi apakah termasuk jenis fakta, konsep, prinsip, prosedur, atau gabungan lebih daripada satu jenis materi agar dapat memberikan kemudahan dalam penyampaian serta dapat mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. (2) strategi penyampaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang dilakukan dengan cara memanfaatkan berbagai media pembelajaran, mengatur interaksi mahasiswa dan media pembelajaran, serta memperhatikan bentuk pembelajaran. Media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan diantaranya yaitu, media berbasis manusia, media berbasis cetakan, media berbasis visual, dan media berbasis multimedia. Media-media tersebut diatur sedemikian rupa sehingga dapat membangun pola interaksi yang baik dengan mahasiswa. Penggunaan media serta hubungan interaksi tersebut juga memperhatikan bentuk pembelajaran mahasiswa yang dilakukan baik dalam kelompok besar, kelompok kecil, maupun individual. (3) strategi pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang dilakukan dengan cara mengatur penggunaan strategi pembelajaran terhadap suatu jenis materi pembelajaran yang memerlukan metode, media, dan sistem evaluasi/penilaian yang berbeda, membuat evaluasi belajar yang dilakukan pada tiga aspek, yaitu aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik, mengelola motivasi serta kontrol belajar mahasiswa baik di dalam maupun di luar kelas dimaksudkan agar dapat memacu keberhasilan belajar mahasiswa.

ENGLISH:

Learning is the effort making the student be learner. One effort that can be done through the establishment of learning strategies. As the purpose of Ntional Education, Higher Education general to produce the figure of professional graduates in the field as well as morally, to be able to fix the nation’s current moral issues. So the learning strategies of Islamic Education should be more emphasis to the student to be more sturdy stock of faith and morals and are able to relize the glory of the nation’s dignity.

The focus of this study is how the content organizational strategy, delivery strategy, and management strategies of Islamic Education at Brawijaya University and the State Universitty of Malang.

This study uses multiple cases study approach in the Brawijaya University and the State University of Malang. Description of the materials obtained through in-depth interviews, observation and documentation of participation. Subjects were Coordinator of Lecturer of Islamic Education, Lecturer of Islamic Education, and students. The sample used were purposive sample with snowball sampling technique. The technique used to obtain the data credibility is triangulation. The data obtained from informants and subjects studied are screened and classified according to the patterns, themes and topics. Data analysis was done in two stages, the stages along with the process of field and after data collection stage.

These results indicate that, (1) the content organizational strategy of Islamic Education at Brawijaya University and the State University of Malang is done by chossing the type of material adapted to the competency standards of Islamic Education materials that have been determined by the Director General of higher Education Directorate general of Higher Education pursuant to Decree No. 43/DIKTI/Kep/2006 of Signs Implementation Group Personality Development Courses (MPK) in Higher Education, then re-organized by the lecturers concerned. The material will be delivered to the student organized with elaboration of the model an identified whether the sort of fact, concepts, principles, procedures, or combination of more than one type of material in order to provide ease of delivery and to achieve specified learning objectives. (2) the delivery strategies of Islamic Education at Brawijaya University and the State University or Malang is done by utilizing a variety of instructioanl media, organize media interaction and students learning, and attention to forms of learning. Instructional media that can be used among which the human-based media, print-based media, visual based media, and multimedia based media. Media are arranged in such a way that it can establish a good pattern of interaction with students. The use media as well as interaction is also taking account of the learning of students who performed well in large groups, small group or individually. (3) the management strategy done by regulating the use of learning strategies to a type of learning materials that require methods, media, and evaluation is different. Making the evaluation conducted on three aspect, cognitive, affective and psychomotor aspect. Motivation and control to manage student learning both inside and outside classroom is intended to stimulate student learning succes.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Baharuddin, Baharuddin and Abidin, Munirul
Keywords: Strategi Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Perguruan Tinggi Negeri; Leaning Strategies; Islamic Education; University Affairs
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Desi Latifah Hamzah
Date Deposited: 15 Aug 2017 12:44
Last Modified: 15 Aug 2017 12:44
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7867

Actions (login required)

View Item View Item