Sumikan, Sumikan (2011) Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan prestasi belajar PAI kelas X SMK Negeri 1 Dlanggu Mojokerto. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09770016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Selama ini banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi belajar yang tinggi diperlukan kecerdasan intelektual (IQ) yang juga tinggi. Namun, menurut hasil penelitian terbaru dibidang psikologi membuktikan bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang, tetapi ada banyak faktor lain yang mempengaruhi yaitu kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun secara simultan antara variabel kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap variabel prestasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 142 siswa pada siswa kelas X jurusan Multimedia 1, Rekayasa Perangkat Lunak 1, Teknik Komputer dan Jaringan 1 serta Jasa Boga 1. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner (36 item pertanyaan untuk variabel kecerdasan emosional dan 21 item pertanyaan untuk variabel kecerdasan spiritual) dan teknik wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Statistik Deskriptif dan Analisis Statistik Inferensial yaitu Regresi Linier Sederhana dan Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara antara variabel kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap variabel prestasi belajar siswa.
Dengan demikian, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual mempunyai andil yang cukup besar terhadap keberhasilan prestasi belajar siswa sehingga sudah menjadi keharusan bagi tenaga pendidikan untuk selalu memperhatikan dan meningkatkan kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual guna mendongkrak prestasi belajar anak didiknya tanpa melupakakan faktor-faktor lain yang juga berhubungan dengan prestasi belajar siswa.
Oleh karena itu, untuk mengembangkan dan mengoptimalkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual yang berperan dalam keberhasilan siswa baik di sekolah maupun di lingkungan sekitarnya, maka disarankan kepada pihak sekolah terutama guru-guru pengajar agar memasukkan unsur-unsur kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dalam menyampaikan materi serta melibatkan kegiatan emosional dan spiritual dalam proses pembelajaran siswa.
ENGLISH:
This time, many people argue that to achieve a high learning achievement necessary high intellectual question (IQ). However, according to results of recent research in the field of psychology to prove that IQ is not the one factor that affects in learning achievement, but there are many other factors can affected, that is the emotional question (EQ) and spiritual question (SQ).
The purpose of this study was to determine the effect of either partially or simultaneously between the variables of emotional question and spiritual question of the student achievement variable.
This study uses a quantitative approach using a sample of 142 students in the class X students majoring in Multimedia 1, Software Engineering 1, Computer Engineering and Networks 1 and Catering 1. The data was collected by distributing questionnaire (36 question items for emotional question variables and 21 items of questions to the variable spiritual question) and interview techniques. The method of analysis used was Statistical Analysis Descriptive and Inferential Statistical Analysis of Simple Linear Regression and Multiple Linear Regression.
The results of this study indicate that there is significant influence between the variables between emotional question and spiritual question of the student achievement variable.
Thus, emotional question, spiritual question have contributed to the success of a sufficiently large so that student achievement has become imperative for education personnel to always pay attention and improve emotional question, spiritual question to boost learning achievement of their students without forgot the other factors are also associated with student achievement.
Therefore, to develop and optimize the emotional qestion and spiritual question that plays a role in student success both in school and in the surrounding environment, it is recommended to the school especially the teacher so that teachers incorporate elements of emotional question and spiritual question in delivering materials and involves the emotional and spiritual activities in the learning process of students.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Abidin, Munirul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Kecerdasan Spiritual; Emotional Question; Spiritual Question; Prestasi Belajar PAI | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Dian Anesti | |||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2017 19:48 | |||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2017 19:48 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7861 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |