Na’im, Zaedun (2012) Implementasi Pembelejaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) berbasis pendidikan karakter dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10770015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Konsep pendidikan karakter sangat cocok diterapkan dalam pendidikan formal (sekolah), karena pendidikan karakter menanamkan nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. Penanaman nilai karakter dalam diri peserta didik bisa dilakukan salah satunya melalui pembelajaran, karena Pada dasarnya kegiatan pembelajaran, selain untuk menjadikan peserta didik menguasai kompetensi (materi) yang ditargetkan, juga dirancang untuk menjadikan peserta didik mengenal, menyadari atau peduli, menginternalisasi nilai-nilai, dan menjadikannya perilaku.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis melalui rancangan studi kasus. metode pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode wawancara, metode dokumentasi dan metode observasi. penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif dan induktif, metode deskriptif yaitu metode pembahasan yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa dan kejadian yang terjadi pada saat penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implemenasi PAKEM berbasis pendidikan karakter dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMAN 3 Malang sudah dilaksanakan secara optimal, hal ini dapat dilihat pada: 1) pelaksanaan PAKEM berbasis pendidikan karakter di SMA Negeri 3 Malang, dalam pelaksanaannya menggunakan beberapa model, diantaranya adalah: (a) kontekstual, (b) bermain peran, (c) belajar tuntas, (d) partisipasis, sedangkan langkah-langkah pelaksanaan PAKEM, antara lain perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. disini penulis tidak menemukan permasalahan yang begitu signifikan, karena di sekolah didukung fasilitas yang memadai untuk menunjang dalam pembelajaran PAI. 2) nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 3 Malang melalui pembelajaran kontekstual antara lain: berpikir logis, mandiri, kerja keras, bekerja sama, kritis, percaya diri, kreatif, berpikir logis, saling menghargai, memahami kelebihan dan kekurangan, 3) Upaya guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI melalui PAKEM berbasis pendidikan karakter. Dalam hal ini mencakup aspek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi PAKEM berbasis Pendidikan karakter. Di sini kendalanya hanya bersifat nonteknis sehingga tidak terlalu siginifikan mempengaruhi dalam upaya guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI melalui PAKEM berbasis pendidikan karakter.
ABSTRACT
The concept of character education is suited to be applied in formal education (school), because the character education is implant the values of character to the school community which includes the component of knowledge, the awareness or the willingness, and the actions to implement those values. The implant of character values to the students can be conducted , through learning, because based on learning activities be sides to make students mastering the competencies (matter) targeted, is also designed to make the students are recognize, aware or care, internalize the values, and make it being their behaviors.
This research used the qualitative approach with descriptive analysis method through a case study design. The writer used interview method, documentation method and observation method in collection data. This research used qualitative descriptive analysis technique. The data was collected analyzed using descriptive methods and inductive, descriptive method is the method of discussion that effort to describe a symptom, events and incidents that happened when the research.
The results of this research indicate that the implementation of PAKEM based on character education in improving the quality of Islamic education in state senior high school (SMAN) 3 Malang has had done optimally, this can be seen on: 1) the implementation of PAKEM based on character educations state senior high school (SMAN) 3 Malang, that implementation using several models, such as: (a) contextual, (b) role play, (c) study completed, (d) partisipasis, while the implementation steps of PAKEM are planning, implementation, and evaluation. Here the writer did not find any significant problems, because the school supported by adequate facilities to support the Islamic educations learning. 2) Values of character developed in Islamic educations learning in state senior high school (SMAN) 3 Malang through contextual learning such as: thinking logically, independent, hard work, cooperation, critical, self-confident, creative, logical thinking, mutual respect, understanding the advantages and disadvantages, 3) efforts of Islamic education teachers in improving the quality of Islamic education trough PAKEM based on character education. In this case include the aspects of planning, implementation and evaluation of PAKEM based on character education. Here the obstacle just nontechnical then it not significant influence of efforts of Islamic education teachers in improving the quality of Islamic education learning trough PAKEM based on character educations.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Hady, M. Samsul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | PAKEM; Pendidikan Karakter; Meningkatkan Mutu; Pembelajaran PAI; (PAKEM); Character Educations; Improving The Quality; Islamic Educations Learning | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Desi Latifah Hamzah | |||||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2017 19:45 | |||||||||
Last Modified: | 17 May 2023 11:19 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7857 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |