Aini, Firda Nur (2025) Pengaruh pendampingan orang tua terhadap kemampuan membaca pada siswa Kelas 5 MI Wahid Hasyim III Dau Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
210103110105.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Kemampuan membaca merupakan keterampilan dasar yang sangat penting dalam mendukung proses belajar siswa. Tidak hanya sebatas aktivitas teknis, membaca berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis dan memahami informasi bagi siswa di semua jenjang pendidikan, termasuk di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim III Dau, Kabupaten Malang. Atas dasar pentingnya kemampuan membaca, penelitian ini kemudian ditujukan untuk menguji adanya faktor yang mungkin berpengaruh terhadap kemampuan membaca, termasuk salah satunya pendampingan orang tua. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memanfaatkan instrumen kuesioner sebagai pengumpulan datanya. Sampel penelitian terdiri atas 32 siswa dan 32 orang tua atau wali siswa Kelas V. Sampel siswa mengisi kuesioner mengenai kemampuan dan kelancaran membaca (variabel Y), sementara sampel orang tua mengisi kuesioner tentang pendampingan orang tua (variabel X). Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana melalui program SPSS, yang juga melibatkan uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan heteroskedastisitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendampingan orang tua memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kemampuan membaca siswa. Koefisien regresi sebesar 0,510, nilai t-hitung 12,052 lebih besar dari t-tabel 2,04227, dan nilai signifikansi 0,000 menunjukkan hubungan yang kuat. Selain itu nilai R sebesar 0,910 menunjukkan korelasi sangat kuat antara pendampingan orang tua dengan kemampuan membaca siswa. Temuan ini pada gilirannya mendukung teori dan penelitian terdahulu mengenai pentingnya peran orang tua dalam pengembangan literasi anak, yang menyatakan bahwa pendampingan tidak hanya membantu dari sisi teknis membaca, tetapi juga meningkatkan minat dan rasa percaya diri siswa dalam kegiatan membaca.
ENGLISH:
Reading ability is a fundamental skill that plays a crucial role in supporting the student learning process. It is not merely a technical activity, but also involves critical thinking and information comprehension across all levels of education, including at Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim III Dau in Malang Regency. Recognizing the importance of reading ability, this study aimed to examine potential factors that may influence it, with a particular focus on parental guidance. A quantitative approach was employed using questionnaires as the primary data collection instrument. The research sample consisted of 32 fifth-grade students and 32 of their parents or guardians. The student participants completed a questionnaire measuring reading ability and fluency (variable Y), while the parents filled out a questionnaire assessing parental guidance (variable X). The collected data were analyzed using simple linear regression via the SPSS software, along with tests for validity, reliability, normality, and heteroscedasticity. The results indicated that parental guidance had a significant and positive effect on students’ reading ability. The regression coefficient was 0.510, with a t-value of 12.052 exceeding the critical t-table value of 2.04227, and a significance value of 0.000, indicating a strong relationship. Additionally, the R value of 0.910 reflected a very strong correlation between parental guidance and students' reading ability. These findings support existing theories and prior research on the critical role of parents in children’s literacy development, suggesting that parental guidance not only assists in the technical aspects of reading but also enhances students’ interest and self-confidence in reading activities.
ARABIC:
تُعَدُّ مَهَارَةُ الْقِرَاءَةِ مِنَ الْمَهَارَاتِ الْأَسَاسِيَّةِ الَّتِي تَكْتَسِي أَهَمِّيَّةً بَالِغَةً فِي دَعْمِ عَمَلِيَّةِ تَعَلُّمِ الطُّلَّابِ. لَا تَقْتَصِرُ الْقِرَاءَةُ عَلَى النَّشَاطَاتِ التِّقْنِيَّةِ فَحَسْبُ، بَلْ تَرْتَبِطُ أَيْضًا بِالْقُدْرَةِ عَلَى التَّفْكِيرِ النَّقْدِيِّ وَفَهْمِ الْمَعْلُومَاتِ لَدَى الطُّلَّابِ فِي جَمِيعِ الْمَرَاحِلِ التَّعْلِيمِيَّةِ، بِمَا فِي ذَلِكَ طُلَّابُ مَدْرَسَةِ وَحِيدٍ هَاشِمَ الِابْتِدَائِيَّةِ الثَّالِثَةِ دَاوْ بِمُحَافَظَةِ مَالَانْج. وَانْطِلَاقًا مِنْ أَهَمِّيَّةِ هَذِهِ الْمَهَارَةِ، تَهْدِفُ هَذِهِ الدِّرَاسَةُ إِلَى تَحْلِيلِ الْعَوَامِلِ الَّتِي قَدْ تُؤَثِّرُ فِي الْقُدْرَةِ عَلَى الْقِرَاءَةِ، وَمِنْهَا التَّوْجِيهُ الْأُسَرِيُّ. اِعْتَمَدَتِ الدِّرَاسَةُ عَلَى الْمَنْهَجِ الْكَمِّيِّ، مُسْتَخْدِمَةً الِاسْتِبْيَانَ كَأَدَاةٍ لِجَمْعِ الْبَيَانَاتِ. شَمِلَتِ الْعَيِّنَةُ ٣٢ طَالِبًا وَ٣٢ مِنْ أَوْلِيَاءِ الْأُمُورِ أَوِ الْوُصَاةِ لِطُلَّابِ الصَّفِّ الْخَامِسِ. قَامَ الطُّلَّابُ بِمَلْءِ اسْتِبْيَانٍ مُتَعَلِّقٍ بِقُدْرَتِهِمْ وَطَلَاقَتِهِمْ فِي الْقِرَاءَةِ (الْمُتَغَيِّرُ Y)، بَيْنَمَا مَلَأَ أَوْلِيَاءُ الْأُمُورِ اسْتِبْيَانًا حَوْلَ التَّوْجِيهِ الْأُسَرِيِّ (الْمُتَغَيِّرُ X). تَمَّ تَحْلِيلُ الْبَيَانَاتِ بِاسْتِخْدَامِ أُسْلُوبِ الِانْحِدَارِ الْخَطِّيِّ الْبَسِيطِ مِنْ خِلَالِ بَرْنَامَجِ SPSS، وَشَمِلَ التَّحْلِيلُ أَيْضًا اخْتِبَارَاتِ الصَّلَاحِيَّةِ وَالْمَوْثُوقِيَّةِ وَالطَّبِيعِيَّةِ وَتَغَايُرِ التَّبَايُنِ. أَظْهَرَتْ نَتَائِجُ التَّحْلِيلِ أَنَّ لِلتَّوْجِيهِ الْأُسَرِيِّ تَأْثِيرًا إِيجَابِيًّا وَذَا دَلَالَةٍ إِحْصَائِيَّةٍ عَلَى قُدْرَةِ الطُّلَّابِ عَلَى الْقِرَاءَةِ، فَقَدْ بَلَغَ مُعَامِلُ الِانْحِدَارِ ٠٫٥١٠، وَكَانَتْ قِيمَةُ t الْمَحْسُوبَةِ ١٢٫٠٥٢ (وَهِيَ أَكْبَرُ مِنَ الْقِيمَةِ الْجَدْوَلِيَّةِ ٢٫٠٤٢٢٧)، فِيمَا بَلَغَتْ قِيمَةُ الدَّلَالَةِ ٠٫٠٠٠، مِمَّا يُؤَكِّدُ وُجُودَ عِلَاقَةٍ قَوِيَّةٍ وَدَالَّةٍ إِحْصَائِيًّا. كَمَا تُشِيرُ قِيمَةُ R الَّتِي بَلَغَتْ ٠٫٩١٠ إِلَى ارْتِبَاطٍ قَوِيٍّ جِدًّا بَيْنَ التَّوْجِيهِ الْأُسَرِيِّ وَمَهَارَاتِ الْقِرَاءَةِ. وَتَتَّفِقُ هَذِهِ النَّتِيجَةُ مَعَ الدِّرَاسَاتِ وَالنَّظَرِيَّاتِ السَّابِقَةِ الَّتِي تُؤَكِّدُ عَلَى أَهَمِّيَّةِ دَوْرِ الْوَالِدَيْنِ فِي تَنْمِيَةِ مَهَارَاتِ الْقِرَاءَةِ لَدَى الْأَطْفَالِ، إِذْ لَا يَقْتَصِرُ التَّوْجِيهُ عَلَى الدَّعْمِ التَّعْلِيمِيِّ، بَلْ يُسَاهِمُ أَيْضًا فِي تَعْزِيزِ اهْتِمَامِ الطِّفْلِ وَثِقَتِهِ بِنَفْسِهِ فِي أَنْشِطَةِ الْقِرَاءَةِ.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Widada, Dwi Masdi |
Keywords: | Pendampingan orang tua; kemampuan membaca; Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim III Dau Malang; analisis regresi linear sederhana; Parental guidance; reading ability; Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim III Dau Malang; simple linear regression analysis; توجيه الوالدين؛ القدرة على القراءة؛ مدرسة ابتدائية وحيد حاسيم الثالث داو مالانج؛ تحليل الانحدار الخطي البسيط |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Firda Nur Aini |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 13:11 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 13:11 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/78264 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |