Yusra, Evi Yaro (2014) Pengenalan angka pada sistem Android menggunakan template matching. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07650126.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Usia dini merupakan usia yang efektif untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki oleh anak. Upaya pengembangan potensi dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk dalam bermain dan permainan. Bermain bagi anak merupakan cara yang tepat untuk belajar. Berdasarkan fenomena tersebut, maka dibuat sebuah aplikasi pengenalan angka yang interaktif dengan unsur edukasi yang bisa mengambil keputusan otomatis apa yang ditulis anak itu bernilai benar atau salah. Agar bisa aplikasi tersebut memberikan jawaban salah atau benar digunakan satu metode yaitu template matching. Pengenalan angka dengan menggunakan template matching dilakukan dengan cara membandingkan citra masukan dengan citra template. Citra masukan dihitung berdasarkan banyaknya titik yang sesuai dengan citra template. Dari hasil uji coba didapat persentase keberhasilan aplikasi ini pada nilai terendah sebesar 60%, sedangkan nilai persentase tertinggi mencapai 90%.
ENGLISH:
An early age is an effective age to develop the potential of the child. Potential development efforts can be done in various ways, including in play and games. Children's play is a great way to learn. Based on this phenomenon, it made a number of interactive applications with the introduction of elements of education that can take decisions automatically what the child wrote is true or false. So that the application can provide an answer right or wrong to use a template matching methods. Recognition numbers by using template matching is done by comparing the image input with a image template. From the result obtained from the percentage of success of this application the lowest value is 60%, while the highest percentage reaches is 90%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Fatchurrochman, Fatchurrochman and Syauqi, A’la | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Usia Dini; Bermain; Belajar; Template Matching; Early Age,, Games; Learn | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | |||||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2017 16:29 | |||||||||
Last Modified: | 11 Aug 2017 16:29 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7809 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |