Zaka, Mohammad (2014) Rancang bangun game Trash Lover berbasis Android menggunakan pendekatan berorientasi objek. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07650116.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Game merupakan aplikasi yang tidak asing lagi bagi masyarakat dari segala lapisan. Upaya untuk meningkatkan efisiensi penyediaan aplikasi yang mengandung unsur edukasi diperlukan berbagai alternatif dan inovasi baru dalam hal pemrograman untuk bisa diterapkan sebagai alat untuk mempermudah proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah rancangan game yang bernama game Trash Lover dengan menyisipkan unsur edukasi tentang cara membuang sampah pada tempatnya. Dan sampel yang digunakan adalah siswa sekolah dasar, karena minat terhadap proses belajar secara teoritis, mengingat anak–anak lebih suka bermain game. Metodologi yang digunakan adalah metodologi perancangan berorientasi objek. Perangkat pemodelan yang digunakan adalah use case diagram, activity diagrams dan class diagram.
Hasil penerapan game edukasi membuang sampah ini menunjukan bahwa aplikasi game dapat digunakan untuk mengatasi masalah kurangnya kesadaran anak untuk membuang sampah pada tempatnya. Jadi saat anak memainkan game ini tidak merasa bosan, dengan harapan semangat anak akan lebih terpacu untuk gemar membuang sampah pada tempatnya.
ENGLISH:
Game is one of an application that very well-known by people from all age. In certain to increase efficiency application supply which contains education element is needed various alternative and new innovation programming in order to be able to apply as instrument to make easier in educationprocess.
This research is to make a game plan that’s called Trash Lover by inserting education element about how to throw trash to the rubbish bin.The sample is elementary school students because they are more interested to education process theoretically. The methodology used is methodology programobject oriented.Modeled equipment used is use case diagram, activity diagram, and class diagram.
The result of this applicationgame shown that game can be used to overcome children less awareness to throw trash into the trash bin so when the children play this game is not bored. In hope the children want to throw the trash into the trash bin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Fatchurrochman, Fatchurrochman and Syauqi, A’la | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Game; Edukasi; Berorientasi Objek, Education; Object Oriented | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | |||||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2017 16:30 | |||||||||
Last Modified: | 11 Aug 2017 16:30 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7803 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |