Responsive Banner

Tradisi perkawinan adat suku Dayak Bakumpai perspektif konstruksi sosial Peter L Berger.: Studi kasus Kelurahan Ulu Benteng Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan

Wafa, Zaein (2025) Tradisi perkawinan adat suku Dayak Bakumpai perspektif konstruksi sosial Peter L Berger.: Studi kasus Kelurahan Ulu Benteng Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
230201210016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

INDONESIA:

Tradisi perkawinan selalu mewarnai setiap perkawinan suku yang terdapat di Indonesia. Tradisi tersebut disinyalir mempunyai ritual khusus yang dipercayai masyarakat sebagai syarat penagkal roh jahat yang ditinggalkan oleh nenek moyang. Dayak Bakumpai Kelurahan Ulu Banteng mengadopsi tradisi perkawinan sebagai kebiasaan yang diterima masyarakat dari generasi- generasi pendahulunya. Adapun runtutan dalam tradisinya ada Bisikkurik, Baensekan (berbicara kecil-kecilan) atau meminang, maanter jujuran (mengantar uang mas perkwainan/mahar), manikahan (pernikahan), mandui bapapai (mandi pengantin), munduk gawi (acara kumpul bekerja sama/gotong royong sehari sebelum hari H), gawi baramian (pesta perkawinan), sarah tarima anak minantu (serah terima mantu) hakajaan (berkunjung) pasca pernikahan. Prosesinya masih diwarnai dengan kehadiran Piduduk (sesajen), pusaka leluhur (kancip, batang kayu bapapai), serta berbagai ayat dan sholawat Nabi yang mengiringi berjalannya prosesi ritual dalam tradisi perkaiwnan.

Fokus penelitian akan mencoba menganalisis kebiasaan yang telah mentradisi dalam perkawanan adat Dayak Bakumpai yang bertempat didaerah Kecamatan Ulu Bantenga yang beralkulturasi dengan simbol keislaman dengan kebiasaan nenek moyang, sebagai pendekatan peneliti menggunakan pendekatan fenomenologis dengan pisau analisis dari teori Konstruksi Sosial Peter L.Berger, dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi langsung atas tradisi perkawianan suku Dayak Bakumpai Kelurahan Ulu Banteng.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa tradisi perkaiwnan Dayak Bakumpai Kelurahan Ulu Banteng merupakan hasil dari akulturasi budaya dengan corak keislaman, pandangan masyarakat menunjukkan adanya kepercayaan spiritualis yang diikat dengan corak keislaman, maka dalam hal ini tradisi dapat mengikat penuh dalam kehidupan masyarakat, analisis teori Konstruksi Sosial Berger dalam tradisi perkawinan Dayak Bakumpai terjadi dalam 3 dialektika, pertama eksternalisasi terdapat kepercayaan atas nenek moyang, mitos dan ajaran keagamaan, kedua Objektivasi terdapat adanya penyesuaian individu atas kepercayaan, roh halus dan sanksi yang berlaku, terakhir internalisasi yang terjadi dari golongan masyaraat modern dan campuran, menengah kebawah, dan menengah keatas, dialektika tersebut selalu berputar dalam masyarakat.

ENGLISH:

Marriage traditions always color every tribal marriage in Indonesia. The tradition is thought to have a special ritual that is believed by the community as a requirement to ward off evil spirits left by their ancestors. Dayak Bakumpai Ulu Banteng Village adopted the marriage tradition as a custom accepted by the community from previous generations. The sequence in the tradition is Bisikkurik, Baensekan (small talk) or propose, Maanter Jujuran (delivering wedding money/dowry), Manikahan (wedding), Mandui Bapapai (bridal shower), Munduk Gawi (a gathering event to work together/mutual cooperation the day before the D-day), Gawi Baramian (wedding party), Sarah Tarima Anak Minantu (handover of the in-laws) Hakajaan (visiting) after the wedding. The procession is still enlivened by the presence of Piduduk (offerings), ancestral heirlooms (kancip, bapapai tree trunks), as well as various verses and prayers of the Prophet that accompany the ritual procession in the marriage tradition.

The focus of the research will try to analyze the customs that have become traditional in the Dayak Bakumpai traditional marriage which is located in the Ulu Bantenga District area which is acculturated with Islamic symbols with ancestral customs, as an approach the researcher uses a phenomenological approach with an analytical knife from Peter L. Berger's Social Construction theory, by conducting observations, interviews, and direct documentation of the Dayak Bakumpai marriage tradition in Ulu Banteng Village.

The results of the study concluded that the Dayak Bakumpai marriage tradition in Ulu Banteng Village is the result of cultural acculturation with Islamic characteristics, the views of the community show the existence of spiritual beliefs that are bound by Islamic characteristics, so in this case the tradition can be fully bound in the lives of the community, the analysis of Berger's Social Construction theory in the Dayak Bakumpai marriage tradition occurs in 3 dialectics, first externalization there is belief in ancestors, myths and religious teachings, second Objectivation there is individual adjustment to beliefs, spirits and applicable sanctions, finally internalization that occurs from modern and mixed society, lower middle, and upper middle, this dialectic always rotates in society.

ARABIC:

تُزَيِّنُ تَقَالِيدُ الزَّوَاجِ كُلَّ حَفْلِ زِفَافٍ لِكُلِّ قَبِيلَةٍ مِنَ الْقَبَائِلِ الَّتِي تَوْجَدُ فِي إِنْدُونِيسِيَا. وَيُعْتَقَدُ أَنَّ تِلْكَ التَّقَالِيدَ تَحْتَوِي عَلَى طُقُوسٍ خَاصَّةٍ، يُؤْمِنُ بِهَا الْمُجْتَمَعُ كَشُرُوطٍ لِصَدِّ الْأَرْوَاحِ الشِّرِّيرَةِ وَرِثَتْهَا الْأَجْيَالُ مِنْ أَجْدَادِهِمْ.تَتَبَنَّى قَبِيلَةُ الدَّايَاكْ بَاكُمْبَايْ فِي كِلُورَاهَانْ أُولُو بَانْتِنْجْ تَقَالِيدَ الزَّوَاجِ كَعَادَاتٍ مَقْبُولَةٍ وَمُتَوَارَثَةٍ فِي الْمُجْتَمَعِ مِنْ جِيلٍ إِلَى جِيلٍ.وَأَمَّا مَرَاحِلُ التَّقْلِيدِ فَهِيَ:بِسِكْ كُرِكْ، بَأَنْسَكَنْ الْحَدِيثُ عَلَى نِطَاقٍ ضَيِّقٍ أَوِ الْخِطْبَةُ، مَعَنْتَرْ جُجُورَنْ (تَقْدِيمُ مَبْلَغٍ مِنَ الذَّهَبِ أَوِ الْمَهْرِ)، مَنِيكَاهَنْ (الزَّوَاجُ)، مَنْدُوِي بَبَابَايْ (غُسْلُ الْعَرُوسَيْنِ،) مُنْدُوكْ غَاوِي (يَوْمُ التَّجَمُّعِ لِلْعَمَلِ الْجَمَاعِي قَبْلَ يَوْمِ الحَفْلِ)، غَاوِي بَرَامَيَانْ (حَفْلُ الزِّفَافِ، )سَرَاهْ تَرِيمَا أَنَاقْ مِينَانْتُو( تَسْلِيمُ الزَّوْجَيْنِ بَيْنَ الْعَائِلَتَيْنِ،) وَهَكَاجَاءَنْ (الزِّيَارَةُ بَعْدَ الزَّوَاجِ).وَلَا تَزَالُ الْمَرَاحِلُ تُزَيَّنُ بِوُجُودِ الـﭘِدُودُوكْ الْقُرْبَانُ، وَتُرَاثِ الْأَجْدَادِ (مِثْلُ السِّكِّينِ وَجِذْعِ شَجَرَةِ بَبَابَايْ)، مَعَ تِلَاوَةِ آيَاتٍ قُرْآنِيَّةٍ وَالصَّلَوَاتِ عَلَى النَّبِيِّ ﷺ الَّتِي تُرَافِقُ سَيْرَ الطُّقُوسِ فِي تَقْلِيدِ الزَّوَاجِ.

سَيُحَاوِلُ تَرْكِيزُ البَحْثِ أَنْ يُحَلِّلَ العَادَاتِ الَّتِي أَصْبَحَتْ تَقْلِيدًا فِي الزَّوَاجِ العُرْفِيِّ لِقَبِيلَةِ الدَّايَاكْ بَاكُمْبَايْ، وَالَّتِي تُقَامُ فِي مِنْطَقَةِ كِيشَامَاتَنْ أُولُو بَنْتَنْجْ، حَيْثُ يَحْدُثُ فِيهَا تَثَاقُفٌ بَيْنَ الرُّمُوزِ الإِسْلَامِيَّةِ وَعَادَاتِ الأَجْدَادِ.وَفِي هَذَا البَحْثِ، يَسْتَخْدِمُ البَاحِثُ المَنْهَجَ الفِينُومِنُولُوجِيَّ (الظَّاهِرِيَّةَ) كَنَهْجٍ، مَعَ اسْتِعْمَالِ نَظَرِيَّةِ البِنَاءِ الاجْتِمَاعِيِّ لِبِيتَر إِل. بِيرْغَر كَأَدَاةٍ تَحْلِيلِيَّةٍ .وَسَيَتِمُّ جَمْعُ البَيَانَاتِ مِنْ خِلَالِ المُرَاقَبَةِ (المُلاحَظَةِ)، وَالمُقَابَلَاتِ الشَّخْصِيَّةِ، وَالتَّوْثِيقِ المُبَاشِرِ لِتَقَالِيدِ الزَّوَاجِ فِي قَبِيلَةِ الدَّايَاكْ بَاكُمْبَايْ، بِكِلُورَاهَانْ أُولُو بَنْتَنْجْ.

تَخَلَّصَتْ نَتَائِجُ البَحْثِ إِلَى أَنَّ تَقْلِيدَ الزَّوَاجِ لِقَبِيلَةِ الدَّايَاكْ بَاكُمْبَايْ فِي كِلُورَاهَانْ أُولُو بَنْتَنْجْ هُوَ نَتِيجَةٌ مِنْ التَّثَاقُفِ الثَّقَافِيِّ مَعَ الطَّابِعِ الإِسْلَامِيِّ. تُظْهِرُ وَجْهَةُ نَظَرِ المُجْتَمَعِ وُجُودَ إِيمَانٍ رُوحَانِيٍّ مُرْتَبِطٍ بِالطَّابِعِ الإِسْلَامِيِّ، وَمِنْ ثَمَّ، فَإِنَّ هَذَا التَّقْلِيدَ يُمْكِنُ أَنْ يُشَكِّلَ رُكْنًا أَسَاسِيًّا فِي حَيَاةِ المُجْتَمَعِ.وَفْقًا لِتَحْلِيلِ نَظَرِيَّةِ البِنَاءِ الاجْتِمَاعِيِّ لِبِيتَر إِل. بِيرْغَر، فَإِنَّ تَقْلِيدَ الزَّوَاجِ فِي قَبِيلَةِ الدَّايَاكْ بَاكُمْبَايْ يَجْرِي فِي ثَلَاثَةِ أَنْوَاعٍ مِنَ الجِدَلِ (الدِّيَالِكْتِيكَا):أَوَّلًا: الإِخْرَاجُ (الإِكْسْتَرْنَالِيزَاسِي)، وَيَتَجَلَّى فِي وُجُودِ الإِيمَانِ بِالأَجْدَادِ، وَالأُسَاطِيرِ، وَالتَّعَالِيمِ الدِّينِيَّةِ.ثَانِيًا: التَّجْسِيمُ (الأُوبْجِكْتِيفِيكَاسِي)، وَيَتَجَلَّى فِي تَوَافُقِ الأَفْرَادِ مَعَ تِلْكَ المُعْتَقَدَاتِ، وَالإِيمَانِ بِالأَرْوَاحِ، وَالْعُقُوبَاتِ الَّتِي تَسْرِي.أَخِيرًا: الاِسْتِدْخَالُ (الإِنْتِرْنَالِيزَاسِي)، وَيَظْهَرُ مِنْ طَبَقَاتِ المُجْتَمَعِ المُخْتَلِفَةِ: الحَدِيثِ وَالمُخْتَلِطِ، وَالطَّبَقَةِ المُتَوَسِّطَةِ الدُّنْيَا، وَالطَّبَقَةِ المُتَوَسِّطَةِ العُلْيَا.وَتَسْتَمِرُّ هَذِهِ الجِدَلِيَّاتِ فِي الدَّوَرَانِ بَيْنَ أَفْرَادِ المُجْتَمَعِ

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Badruddin, Badruddin and Huda, Miftahul
Keywords: Dayak Bakumpai; Perkawinan; Konstruksi Sosial. Dayak Bakumpai; Marriage; Social Construction. الدَّايَاكْ بَاكُمْبَايْ، الزَّوَاجُ، البِنَاءُ الِاجْتِمَاعِيُّ
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012801 Pernikahan (Secara Umum)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012829 Islamic Family Issues & Local Tradition
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Zaein Wafa
Date Deposited: 30 Jun 2025 09:53
Last Modified: 30 Jun 2025 09:53
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/77687

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item