Hidayatulloh, Fahmi Amruddin (2025) Metode pembelajaran membaca Al-Qur'an dan menulis Arab dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an dan menulis Arab siswa Kelas X Multimedia di SMK Al-Ishlahiyah Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
18110190.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Dalam era modern, banyak sekali anak-anak sampai remaja yang belum bisa atau belum lancar untuk membaca dan menulis Al-Qur’an, bukan jenjang SD atau SMP saja yang mengalami problematika tersebut, bahkan sampai jenjang SMA pun masih banyak yang belum bisa atau lancar dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. SMK Al-Ishlahiyah Singosari adalah salah satu sekolah yang menyadari problematika tersebut. SMK Al-Ishlahiyah Singosari memiliki kurikulum yang berbasis pesantren, hal ini ditujukan untuk siswa yang kurang atau belum mendapatkan pendidikan agama, yang dimulai dari program membaca Al-Qur’an, penulisan huruf hijaiyah, sampai pembelajaran kitab kuning. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui konsep metode pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an di kelas X Multimedia SMK Al-Ishlaiyah Singosari. 2) Untuk mengetahui langkah-langkah metode pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an di kelas X Multimedia SMK Al-Ishlahiyah Singosari. 3) Untuk mengetahui faktor yang mendukung dan faktor penghambat dalam strategi pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an di kelas X Multimedia SMK Al-Ishlahiyah Singosari. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknis pengumpulan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data lapangan. Hasil penelitian ini yakni: 1) Pembelajaran membaca Al-Qur’an pada kelas X Multimedia menggunakan metode tilawati. Metode tilawati yang guru kelas X Multimedia adalah jilid 4-6, kemudian dilanjut dengan membaca dan menghafalkan Juz ‘Amma. Pembelajaran menulis Al-Qur’an, SMK Al-Ishalhiyah menggunakan konsep pembiasaan atau keterbiasaan pada penulisan huruf hijaiyah. 2) guru mengajarkan tentang nada-nada dalam membaca Al-Qur’an, dan dilanjutkan ke fase baca simak. Pembelajaran penulisan huruf pegon memiliki beberapa fase agar siswa bisa terbiasa dan paham akan penulisan huruf pegon. 3) Faktor-faktor yang menghambat dalam proses pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an dalam Kelas X Multimedia yaitu, pihak keluarga siswa, dari lingkungan siswa itu sendiri, dari pihak guru yang kurang memberikan perhatian lebih, dan dari pihak sekolah yang mengatur pengkelasan di madrasah dininyah. Untuk faktor yang mendukung datang dari beberapa pihak, seperti teman sekelasnya, dari pembawaan guru ketika mengajar, dan support media dari sekolah.
ENGLISH:
In the modern era, there are many children to teenagers who cannot or are not yet fluent in reading and writing the Qur'an, not only elementary or junior high school students who experience this problem, even up to high school level there are still many who cannot or are not fluent in reading and writing the Qur'an. Al-Ishlahiyah Singosari Vocational School is one of the schools that is aware of this problem. Al-Ishlahiyah Singosari Vocational School has a pesantren-based curriculum, this is intended for students who lack or have not received religious education, starting from the program of reading the Qur'an, writing hijaiyah letters, to learning the yellow book. This study aims to 1) To find out the concept of learning methods for reading and writing the Qur'an in class X Multimedia SMK Al-Ishlaiyah Singosari. 2) To find out the steps of the learning method for reading and writing the Qur'an in class X Multimedia SMK Al-Ishlahiyah Singosari. 3) To find out the supporting factors and inhibiting factors in the learning strategy for reading and writing the Qur'an in class X Multimedia SMK Al-Ishlahiyah Singosari. In this study, the researcher used a qualitative research method of the case study type. In collecting data, the researcher used observation, interview, and documentation study techniques. To analyze the data, the researcher used data collection techniques, data reduction, data presentation, and drawing conclusions from field data. The results of this study are: 1) Learning to read the Qur'an in class X Multimedia uses the tilawati method. The tilawati method used by the teacher of class X Multimedia is volumes 4-6, then continued with reading and memorizing Juz 'Amma. Learning to write the Qur'an, SMK Al-Ishalhiyah uses the concept of habituation or habituation in writing hijaiyah letters. 2) The teacher teaches about the tones in reading the Qur'an, and continues to the reading and listening phase. Learning to write Pegon letters has several phases so that students can get used to and understand writing Pegon letters. 3) Inhibiting factors in the learning process of reading and writing the Qur'an in Class X Multimedia are, the students' families, the students' environment itself, the teachers who do not give enough attention, and the school that regulates the classes at the madrasah diniyah. Supporting factors come from several parties, such as classmates, the teacher's demeanor when teaching, and media support from the school.
ARABIC:
،ميركلا نآرقلا ةباتكو ةءارق نونقتي لا وأ نوعيطتسي لا نيذلا نيقهارملاو لافطلأا نم ديدعلا كانه ،ثيدحلا رصعلا يف ةيوناثلا ةسردملا ىوتسم ىلع ىتح ،ةلكشملا هذه نم نوناعي نيذلا مه ةطسوتملا وأ ةيئادتبلاا ةسردملا ىوتسم طقف سيلو ل او كانه يراساجنس ةيحلاصلإا ةسردملا .نآرقلا ةباتكو ةءارق نوديجي لا وأ نوعيطتسي لا نمم ريثكلا كانه لااي ايملاسإ ايسارد اجهنم ةينهملا يراساجنس ةيحلاصلإا ةسردم عبتت .ةلكشملا هذه كردت يتلا سرادملا ىدحإ يه ةينهملا ي نيذلا بلاطلا فدهتسيو ،ةيلخادلا ةسردملا ىلع امئاق نآرقلا ةءارق جمانرب نم اءدب ،ينيدلا ميلعتلا اوقلتي مل وأ نورقتف رفصلأا باتكلا ملعت ىلإ ،ةيجحلا لئاسر ةباتكو ،ميركلا. طئاسولا رشاعلا فصلا يف ميركلا نآرقلا ةباتكو ةءارق ملعت بيلاسأ موهفم ىلع فرعتلا ) ساجنسلا ةيئلاشلإا ةسردملا يف ةددعتملا ١ ميركلا نآرقلا ةباتكو ةءارق ملعت ةقيرط تاوطخ ىلع فرعتلل ) ةمعادلا لماوعلا ديدحت ) ٣ ٢ .ةيوناثلا يرا ىلإ ثحبلا اذه فدهي .ايلعلا ةطسوتملا يراساجنس ةيحلاصلإا ةسردملا يف ةددعتملا طئاسولا رشاعلا فصلا يف ةيحلاصلإا ةسردم يف ةددعتمل تانايبل ا طئاسولا رشاعلا فصلا يف ميركلا نآرقلا ةباتكو ةءارق ملعت تايجيتارتسا يف ةقوعملاو ةيوناثلا يراساجنس تاينقت نوثحابلا مدختسا تانايبلا عمج يفو .ةلاحلا ةسارد عون ،يعونلا ثحبلا جهنم ثحبلا اذه يف ثحابلا مدختسا ا ضرعو اهليلقتو تانايبلا عمج تاينقت نوثحابلا مدختسا ،تانايبلا ليلحتل .ةيقيثوتلا ةساردلاو ةلباقملاو ةظحلاملا ةيناديملا تانايبلا نم جئاتنلا صلاختساو ةولاتلا ةقيرط .يتاولاتلا ةقيرطب ةددعتملا طئاسولاب رشاعلا فصلا يف ميركلا نآرقلا ةءارق ملعت ) تادلجملا يه رشاعلا فصلل ةددعتملا طئاسولا ملعم اهمدختسي يتلا ١ ةباتك ملع تل .مع ءاج ظفحو ةءارقب رمتسي مث ، تامغنلا سيردتب ملعملا موقي ) ٢ ٦ ٤ :يه ثحبلا اذه جئاتن .ةيجحلا فورح ةباتكب مامللإا وأ دايتعلاا موهفم ةينهملا ةيلعشلا ةسردم مدختست ،نآرقلا بلاطلا نكمتي ىتح لحارم ةدع نوجيب لئاسر ةباتك ملعت نمضتي .عامتسلااو ةءارقلا ةلحرمب رمتسيو ،نآرقلا ةءارق يف ب لئاسر ةباتك ىلع دوعتلا نم فص يف ميركلا نآرقلا ةباتكو ةءارق ملعت ةيلمع قيعت يتلا لماوعلا ) ٣ .اهمهفو نوجي معدلاو ،سيردتلا دنع ملعملا فقومو ،ةساردلا ءلامز لثم ،فارطأ ةدع نم ةمعادلا لماوعلا يتأتو .ةينيدلا ةسردملا ةسردملا نم يملاعلإا
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin |
Keywords: | metode pembelajaran; membaca dan menulis Al-Qur’an; peningkatan; learning methods; reading and writing the Qur'an; improvement; نيسحتلا ،ميركلا نآرقلا ةباتكو ةءارق ،ملعتلا بيلاس |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fahmi Amruddin Hidayatulloh |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 14:47 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 14:47 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/77682 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |