Rochmah, Ulifah Azwarani (2025) Implementasi pendidikan Islam dalam penguatan moderasi beragama di Desa Kristen Suwaru Kabupaten Malang: Tinjauan teori kognitif sosial Albert Bandura. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
220101210070.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Dinamika hubungan antar agama yang kompleks menyebabkan terjadinya beberapa permasalahan terkait kebebasan beragama dan toleransi di daerah minoritas muslim. Salah satu solusi untuk mengatasinya ialah moderasi beragama, yang dapat dikuatkan melalui pendidikan Islam. Pelaksanaan pendidikan Islam dalam menguatkan moderasi beragama di daerah minoritas muslim ini menjadi topik yang menarik untuk dikaji. Dalam memahaminya, teori kognitif sosial Albert Bandura menjadi relevan, yang memiliki beberapa konsep yakni modelling (peniruan), self efficacy (keyakinan diri) dan reciprocal determinism (interaksi timbal balik).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Memahami implementasi pendidikan Islam di Desa Kristen Suwaru, Kabupaten Malang. (2) Memahami proses pendidikan Islam dalam menguatkan moderasi beragama masyarakat muslim di desa tersebut. (3) Menganalisa kontribusi pendidikan Islam dalam menguatkan moderasi beragama di Desa Suwaru berdasarkan teori kognitif sosial Albert Bandura. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan dianalisis dengan teori kognitif sosial Albert Bandura. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan kondensasi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pendidikan Islam di Desa Suwaru terbagi menjadi dua bentuk, yakni pendidikan nonformal meliputi Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Madrasah Diniyah (Madin), kegiatan Muslimat/Fatayat seperti pengajian, yasin tahlil, diba’an, istighosah, dsb., serta pendidikan informal dengan diadakannya tahlil rutinan dan pengajian. (2) Moderasi beragama masyarakat muslim Suwaru dikuatkan dengan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dan sikap-sikap moderat yang tercermin dalam pelaksanaan pendidikan Islam di desa tersebut. (3) Kontribusi pendidikan Islam dalam menguatkan moderasi beragama masyarakat muslim Suwaru ditunjukkan dengan peran tokoh agama yang menjadi teadan bagi masyarakat, juga pendidikan Islam yang dapat meningkatkan kepercayaan diri untuk mempertahankan identitas keislaman, serta individu muslim, perilaku moderat dan lingkungan Desa Suwaru yang saling mempengaruhi. Beberapa hal ini sejalan dengan konsep modelling, self efficacy dan reciprocal determinism dalam teori kognitif sosial Albert Bandura.
ENGLISH:
The complex dynamics of interreligious relations have caused several problems related to religious freedom and tolerance in Muslim minority areas. One of the solution to overcome this is religious moderation, which can be strengthened through Islamic education. The implementation of Islamic education in strengthening religious moderation in Muslim minority areas is an interesting topic to study. In understanding it, Albert Bandura's social cognitive theory is relevant, which has several concepts, namely modeling, self-efficacy and reciprocal determinism.
The objectives of this study are to: (1) Understand the implementation of Islamic education in Suwaru Christian Village, Malang Regency. (2) Understand the process of Islamic education in strengthening religious moderation in the Muslim community in the village. (3) Analyze the contribution of Islamic education in strengthening religious moderation in Suwaru Village based on Albert Bandura's social cognitive theory. This research method uses a qualitative descriptive approach with a case study research type and is analyzed using Albert Bandura's social cognitive theory. Data collection was conducted through interviews, observations and documentation, then analyzed by data condensation, data presentation, and finally drawing conclusions.
The results of this study indicate that: (1) The implementation of Islamic education in Suwaru Village is divided into two forms, namely non-formal education including the Al-Qur'an Education Park (TPQ), Madrasah Diniyah (Madin), Muslimat/Fatayat activities such as pengajian, yasin tahlil, diba'an, istighosah, etc., and informal education by holding routine tahlil and pengajian. (2) The religious moderation of the Muslim community in Suwaru is strengthened by the internalization of the values of religious moderation and moderate attitudes reflected in the implementation of Islamic education in the village. (3) The contribution of Islamic education in strengthening the religious moderation of the Muslim community in Suwaru is shown by the role of religious figures who are role models for the community, as well as Islamic education that can increase self-confidence to maintain Islamic identity, as well as Muslim individuals, moderate behavior and the environment of Suwaru Village that influence each other. Some of these things are in line with the concept of modeling, self-efficacy and reciprocal determinism in Albert Bandura's social cognitive theory.
ARABIC:
قﺪتسببتالﺪيناميكياتاملعقﺪةللعالقاتبنياألداينيفالعﺪيﺪمناملشاكلاملتعلقةِبحلريةالﺪينيةوالتسامح
يفمناﻃقاألقلياتاملسلمة.أحﺪاحللولاليتيُرددكثيًاهواَلعتﺪالالﺪيين،والذيميكنتعزيزﻩمنخاللالتعليم
اإلسالمي.يُعﺪتطبيقالتعليماإلسالمييفتعزيزاَلعتﺪالالﺪيينيفمناﻃقاألقلياتاملسلمةموضوعًاشيقًاللﺪراسة.
لفهمه،تُعﺪنظريةألربتِبنﺪورااملعرفيةاَلجتماعيةذاتصلة،واليتتتضمنعﺪةمفاهيم،وهيالنمذجة(التقليﺪ)،
والكفاءةالذاتية(الثقةِبلنفس)،واحلتميةاملتبادلة(التفاعلاملتبادل).
الغرضمنهذﻩالﺪراسةهو:(١)فهمتطبيقالتعليماإلسالمييفقريةسوارواملسيحية،ماَلنجرجينسي.(٢)
فهمعمليةالتعليماإلسالمييفتعزيزاَلعتﺪالالﺪيينللمجتمعاملسلميفالقرية.(٣)حتليلمسامهةالتعليماإلسالمي
يفتعزيزاَلعتﺪالالﺪيينيفقريةسواروًبناءعلىنظريةألربتِبنﺪورااملعرفيةاَلجتماعية.تستخﺪمﻃريقةالبحﺚ
هذﻩهنجًاوصفيًانوعيًامعنوعحبﺚدراسةاحلالةويتمحتليلهاِبستخﺪامنظريةألربتِبنﺪورااملعرفيةاَلجتماعية.
متمجعالبياَنتمنخاللاملقابالتواملالحظاتوالتوثيق،مثمتحتليلهابتكثيفالبياَنتوعرضالبياَنتوأخيًا
استخالصالنتائج.
تشينتائجهذﻩالﺪراسةإىلأن:(١)ينقسمتطبيقالتعليماإلسالمييفقريةسواروإىلشكلني،ومهاالتعليمغي
الرمسيمبايفذلكحﺪيقةتعليمالقرآنالكرمي(TPQ،)واملﺪرسةالﺪينية(مﺪين)،وأنشطةاملسلمات/الفتيات
مثلالبنجاجيان،وحتليلايسني،والﺪعاء،واَلستغفار،وماإىلذلك،ِبإلضافةإىلالتعليمغيالرمسيمنخالل
عقﺪالتهليلالروتيينوالبنجاجيان.(٢)يتمتعزيزاَلعتﺪالالﺪيينللمجتمعاملسلميفسوارومنخاللاستيعاب
قيماَلعتﺪالالﺪيينواملواقفاملعتﺪلةاليتتنعكسيفتطبيقالتعليماإلسالمييفالقرية.(٣)تتجلىمسامهةالتعليم
اإلسالمييفتعزيزاَلعتﺪالالﺪيينللمجتمعاملسلميفسوارومنخاللدورالشخصياتالﺪينيةاليتتعﺪقﺪوة
للمجتمع،ِبإلضافةإىلالتعليماإلسالميالذيميكنأنيزيﺪمنالثقةِبلنفسيفاحلفاظعلىاهلويةاإلسالمية،
كذلكواألفراداملسلمنيوالسلوكاملعتﺪلوبيئةقريةسوارواليتتؤثرعلىبعضهاالبعض.تتوافقالعﺪيﺪمنهذﻩ
األمورمعمفاهيمالنمذجةوالفعاليةالذاتيةواحلتميةاملتبادلةيفنظريةاإلدراكاَلجتماعيأللربتِبنﺪورا
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Asrori, Mohammad and Masruri, M. Hadi |
Keywords: | Pendidikan Islam; Moderasi Beragama; Kognitif Sosial; Bandura; Islamic Education; Religious Moderation; Social Cognitive; الرتبيةاإلسالمية،اَلعتﺪالالﺪيين،املعريفاَلجتماعي،ِبنﺪورا |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ulifah Azwarani Rochmah |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 13:07 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 13:07 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/77533 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |