Jamil, Muhammad Agung Sadam (2014) Penerapan metode field trip pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi memahami koperasi Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Syu’aib MI Perwanida Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10140116.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
INDONESIA:
Metode karya wisata atau field trip yaitu cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu tempat atau objek tertentu di luar sekolah untuk mempelajari atau menyelidiki sesuatu yang relevan dengan pelajaran. Berdasarkan observasi yang dilaksanakan pada siswa kelas IV Syu’aib di MI Perwanida Kota Blitar, jika dilihat dari kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran IPS masih belum cukup optimal, terlihat pada saat diadakan ulangan harian, hal ini disebabkan guru cenderung menggunakan metode ceramah, maka untuk mengatasi hal tersebut diperlukan metode pembelajaran Field Trip agar pelaksanaan belajar efektif, satu metode yang bisa memaksimalkan waktu yang tersedia serta mampu “memaksa” siswa terus belajar walaupun tidak dalam proses pembelajaran di kelas, yang berupa penemuan langsung di lapangan.
Tujuan dari penerapan metode field trip pada mata pelajaran IPS materi memahami koperasi Indonesia adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Syu’aib MI Perwanida Blitar.
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Yang terdiri dari dua siklus. Terdapat 3 tahap: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penulis menggunakan teknik análisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil pengamatan, wawancara, pemberian pertanyaan dan hasil tes kelas IV Syu’aib di MI Perwanida Kota Blitar, sudah tergolong valid. Yang meliputi data: pre-tes sebesar 54% atau sebanyak 16 siswa dari 30 peserta tes yang dinyatakan lulus. Sedangkan siswa yang gagal mencapai KKM di atas nilai 80 sebanyak 46% atau 14 siswa. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan metode Field Trip selama dua siklus (3 kali pertemuan). Siklus I meningkat menjadi 86,7% atau sebanyak 26 siswa dari 30 peserta tes yang dinyatakan lulus, 4 gagal. Sedangkan pada siklus II 86,7% dinyatakan berhasil sama dengan siklus I. Ini menunjukkan siswa berhasil mempelajari materi memahami Koperasi Indonesia mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
ENGLISH:
Field trips method that was implemented by teaching way by applying students into a certain place or object outside of school to learn or investigate something that was relevant to the lesson. Based on observations carried out at students class IV Shoaib MI Perwanida Blitar, when seen from the learning activities in social studies was still not quite optimal, visible when held daily tests, it was because teachers tended to use the lecture method, then to overcome this required learning methods of field Trip in order to get the implementation of effective learning, a method that can maximized the available time and be able to "force" students to continue and learn, although it was not in the learning process of classroom, like discoveries in the field.
The purpose of the field trip application method on social sciences subject was to understand the Indonesian cooperatives was to improve student learning outcomes of class IV Shoaib MI Perwanida Blitar.
This study formed a class action research (PTK). Which consisted of two cycles, there were 3 stages: planning, implementation, and evaluation. The author used descriptive qualitative analysis techniques.
Based on observation, interview, giving the results and questions of class IV Shoaib test in MI Perwanida Blitar, already as valid classified which included the data: pre-test by 54% or as many as 16 students of the 30 participants who passed the test. Meanwhile, students who failed to achieve the KKM were over 80 as many as 46% or 14 students. After the action was taken by using the method of Field Trip was as long as two cycles (3 meetings). First cycle increased to 86.7% or as many as 26 students of the 30 participants who passed the test, 4 failed. While on the second cycle 86.7% declared a success equal to the cycle I. It showed students successfully in learning the material of Indonesian cooperative understanding of social sciences subjects.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhriyah, Indah Aminatuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode field trip; Hasil Belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial; Field Trips Method; Learning Outcomes; Social Science | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2017 15:07 | ||||||
Last Modified: | 10 Aug 2017 15:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7747 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |