Responsive Banner

Analisis kemampuan berpikir kritis siswa Kelas III dalam penerapan model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran tematik di MI Khadijah Malang

Amalia, Rizkiati (2025) Analisis kemampuan berpikir kritis siswa Kelas III dalam penerapan model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran tematik di MI Khadijah Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
200103110129.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

(3MB)

Abstract

INDONESIA:

Kemampuan berpikir kritis adalah komponen penting dari proses pembelajaran dan kemampuan ini harus dikembangkan sejak usia dini. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran tematik kelas III di MI Khadijah Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa baik sebelum maupun sesudah penerapan model pembelajaran inkuiri, serta untuk menganalisis upaya guru dan faktor-faktor yang memengaruhi peningkatan ini.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru kelas III, serta siswa-siswi kelas III MI Khadijah Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana model pembelajaran inkuiri digunakan dalam pembelajaran tematik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis data dari Patton yang meliputi 4 tahap, yaitu pengorganisasian data, pengkodean dan reduksi data, penyajian data, serta validasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri secara efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Siswa menjadi lebih aktif, lebih berani mengajukan pertanyaan, dan lebih mampu menganalisis masalah secara mandiri. Lingkungan belajar yang kondusif, interaksi yang positif antara siswa dan guru, serta umpan balik yang konstruktif adalah faktor penting dari keberhasilan pembelajaran ini. Selain itu, suasana kelas yang mendukung membuat siswa lebih terlibat dalam pelajaran.

Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat diterapkan secara efektif untuk meningkatkan kemampuan dalam berpikir kritis siswa, mendorong siswa agar lebih aktif, mandiri, serta lebih termotivasi dalam belajar. Peningkatan ini berdampak positif terhadap pemahaman akademik siswa secara keseluruhan.

ENGLISH:

Critical thinking skills are an important component of the learning process and these skills must be developed from an early age. This research is motivated by efforts to improve students' critical thinking skills through the application of the inquiry learning model in grade III thematic learning at MI Khadijah Malang. The purpose of this study was to measure students' critical thinking skills both before and after the application of the inquiry learning model, as well as to analyze the teachers' efforts and the factors that influence this improvement.

This research uses a qualitative approach with a case study type. The research subjects consisted of school principals, grade III teachers, and grade III students of MI Khadijah Malang. Data collection techniques are carried out through observation, interviews, and documentation to gain a better understanding of how inquiry learning models are used in thematic learning. The data obtained was analyzed using the data analysis method from Patton which included 4 stages, namely data organization, data coding and reduction, data presentation, and data validation.

The results of the study show that the inquiry learning model effectively improves students' critical thinking skills. Students become more active, more courageous to ask questions, and better able to analyze problems independently. A conducive learning environment, positive interaction between students and teachers, and constructive feedback are important factors for the success of this learning. In addition, a supportive classroom atmosphere makes students more engaged in lessons.

The conclusion of this study shows that the inquiry learning model can be applied effectively to improve students' critical thinking skills, encourage students to be more active, independent, and more motivated in learning. This increase has a positive impact on students' overall academic understanding.

ARABIC:

ثحبلا اذه .ةركبم نس ذنم تاراهملا هذه ريوطت بجيو ملعتلا ةيلمع يف امهم انوكم يدقنلا ريكفتل تاراهم دعت ملعتلا جذومن قيبطت للاخ نم بلاطلا ىدل يدقنلا ريكفتلا تاراهم نيسحتل ةلوذبملا دوهجلاب عوفدم جيدخ ةيئادتبا ةسردم يف ثلاثلا فصلل يعيضاوملا ملعتلا يف يئاصقتسلاا

هذه نم ضرغلا ناك .جنلام ة كلذكو ، يئاصقتسلاا ملعتلا جذومن قيبطت دعبو لبق بلاطلا ىدل يدقنلا ريكفتلا تاراهم سايق وه ةساردلا .نسحتلا اذه ىلع رثؤت يتلا لماوعلاو نيملعملا دوهج ليلحت
يملعمو سرادملا يريدم نم ثحبلا تاعوضوم تفلأت .ةلاحلا ةسارد عون عم ايعون اجهن ثحبلا اذه مدختسي للاخ نم تانايبلا عمج تاينقت ذيفنت متي .جنلام ةجيدخ ةيئادتبا ةسردم يف ثلاثلا فصلا بلاطو ثلاثلا فصلا امن مادختسا ةيفيكل لضفأ مهف باستكلا قيثوتلاو تلاباقملاو ةظحلاملا

ملعتلا يف يئاصقتسلاا ملعتلا جذ تنمضت يتلاو نوتاب نم تانايبلا ليلحت ةقيرط مادختساب اهيلع لوصحلا مت يتلا تانايبلا ليلحت مت .يعيضاوملا .تانايبلا ةحص نم ققحتلاو ، تانايبلا ضرعو ، اهليلقتو تانايبلا زيمرتو ، تانايبلا ميظنت يهو ، لحارم عبرأ .بلاطلا ىدل يدقنلا ريكفتلا تاراهم لاعف لكشب نسحي يئاصقتسلاا ملعتلا جذومن نأ ةساردلا جئاتن ترهظأ دعت .لقتسم لكشب تلاكشملا ليلحت ىلع ةردق رثكأو ةلئسلأا حرطل ةعاجش رثكأو اطاشن رثكأ بلاطلا حبصي ذغتلاو نيملعملاو بلاطلا نيب يباجيلإا لعافتلاو ةيتاوملا ملعتلا ةئيب

حاجنل ةمهملا لماوعلا نم ةءانبلا ةعجارلا ةي .سوردلا يف اطارخنا رثكأ بلاطلا لعجي معادلا يساردلا لصفلا وج نإف ، كلذ ىلإ ةفاضلإاب .ملعتلا اذه ريكفتلا تاراهم نيسحتل لاعف لكشب يئاصقتسلاا ملعتلا جذومن قيبطت نكمي هنأ ةساردلا هذه ةمتاخ رهظت نأ ىلع بلاطلا عيجشتو ، بلاطلا ىدل يدقنلا هذه .ملعتلا يف ازيفحت رثكأو ةيللاقتساو اطاشن رثكأ اونوكي
.بلاطلل ماعلا يميداكلأا مهفلا ىلع يباجيإ ريثأت اهل ةدايزلا

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Walid, Muhammad
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis; Model Pembelajaran Inkuiri; Pembelajaran Tematik; Pendekatan kualitatif; Studi Kasus
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rizkiati Amalia
Date Deposited: 16 Jul 2025 10:56
Last Modified: 16 Jul 2025 10:56
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/77459

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item