إعداد المواد التعليمية لتنمية مهارة الكتابة بالإملاء المنظور: دراسة تجريبية لطالبات المستوى الأول بمعهد عبد الرحمن بن عوف مالانج

Atanjuani, Efy Setiawati (2012) إعداد المواد التعليمية لتنمية مهارة الكتابة بالإملاء المنظور: دراسة تجريبية لطالبات المستوى الأول بمعهد عبد الرحمن بن عوف مالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10720009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Faktor yang paling penting untuk membantu pengajar agar berhasil dalam menjalankan tugasnya adalah dengan mempersiapkan materi pelajaran yang akan diajarkan. Metode dikte adalah salah satu metode pembelajaran yang menempati peran besar di antara cabang-cabang metode pembelajaran bahasa Arab dan merupakan salah satu metode penting untuk mencapai ketrampilan menulis.

Pada kenyataannya, masih ada beberapa masalah dalam pengajaran dan pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab di Ma’had Abdur Rahman bin Auf Malang, yaitu: 1) adanya fenomena rendahnya kompetensi mahasiswi dalam ketrampilan menulis, terutama pada saat pembelajaran menulis pada materi imla’ 2) Pengajar dan mahasiswi meremehkan pembelajaran imla’ 3) Mahasiswi tidak tertarik dengan materi imla’ dan materi pelajaran ini tidak sesuai dengan kompetensi dan kebutuhan mahasiswi. Guna memecahkan masalah ini, maka peneliti melakukan uji coba pembelajaran dikte bahasa Arab ( imla’ ) dengan menyusun materi pembelajaran untuk pengembangan keterampilan menulis dengan menerapkan imla’ mandzur, studi eksperimen pada mahasiswi tingkat pertama di Ma’had Abdur Rahman Bin Auf Malang.

Hipotesis dari penelitian ini adalah bahwa pernyiapan materi pembelajaran untuk pengembangan keterampilan menulis dengan imla’ mandhur studi eksperimen pada mahasiswi tingkat pertama di Ma’had Abdur Rahman Bin Auf Malang adalah sangat efektif. Bahkan metode ini juga efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis pada semua mahasiswi Ma’had Abdur Rahman Bin Auf Malang di semua tingkat.

Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode eksperimen. Komunitas riset adalah semua mahasiswi tingkat pertama di Ma’had Abdur Rahman Bin Auf Malang. Variabel bebas adalah penggunaan bahan-bahan pembelajaran yang disiapkan oleh peneliti, dan variabel terikat adalah keterampilan menulis dalam materi imla’. Adapun teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta kuesioner dan pengujian.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penyiapan materi pembelajaran untuk pengembangan keterampilan menulis dengan imla’ mandhur sangat efektif untuk meningkatkan ketrampilan menulis pada mata kuliah imla’ dengan meningkatnya kemampuan mahasisiwi yaitu: 1) keterampilan menguasai segi susunan dan bentuk kalimat; 2) keterampilan menguasai kosa kata; 3) keterampilan menguasai kaidah tulisan; dan 4) meningkatnya prestasi mahasiswi dalam mata kuliah imla’. Peningkatan prestasi ini dapat dilihat dari hasil perbandingan antara hasil pretest 61,26% (Cukup), dan setelah diadakan post-test berubah menjadi 82% (Sangat baik). Kesimpulan ini menjadi bukti bahwa penyiapan materi pembelajaran untuk pengembangan keterampilan menulis dengan imla’ mandhur sangat efektif.

Untuk itu peneliti menyarankan kepada para guru, pendidik, dan dosen yang memiliki tugas mengajar bahasa Arab pada materi ilma’ sebaiknya mempersiapkan materi pembelajaran ilma’ dengan mengembangkan keterampilan menulis dengan imla’ mandhur.

ENGLISH:

One of the most important factor to help a teacher achieving succes in teaching is preparing a subject matter that will be taught. A Dictation method is one of the teaching method wich has a big role among any other Arabic teaching methods, which also is one of the most important method to achieve writting skill.

However, there are several problems in teaching and learning Arabic writting skill at the Institute of Abdur Rahman Ibn Auf Malang, including: 1) the low of student’s competence in writing skill, especially in writting learning por dictation subject. 2) Teacher and student are underestimating a dictation learning. 3) Students do not interest with dictation subject, and it’s subject matter doesn’t suit with student’s competence and requirement.

To solve these problems, the researcher, delivered an experiment teaching for Arabic dictation subject, by arranging a subject matter for writting skill hmprovement and applying imla’ manzhur for the first grade students at the Institute.

The hypothesis of this research is that the preparation of subject matter for the writting skill improvement using imla’ manzhur as an experiment study for the firs grade students at the Institute of Abdur Rahman Ibn Auf Malang is verry effective. Moreover, it’s also effective to improve writting skill of students in this Institute in all grades.

The method that used in this research is an experiment method. The research community is all of the students in first grade at the Institute of Abdur Rahman Ibn Auf Malang. The independent variable is subject matters that prepared by the researcher, and the dependent variable is a writing skill in dictation subject. And the instrument that used in this reserch is observation, interview, questionnaire, and testing.

The result of this research is thath the preparation of subject matter for the writting skill improvement by imla’ manzhur is verry effective to improve a writting skill in dictation subject, and this is according to students improvement in writting skill, including: (1) mastering a stucture and form of centence. (2) mastering a vocabularies. (3) mastering the principle of writting. (4) the improvement of student’s achievement in dictation subject. And this improvement can be seen from the equivalent result between pre-test 61,26% (adequate), and the result of post-test 82% (very good). This result has pfoved that the

preparation of subject matter for the writting skill improvement usinng imla’ manzhur is very effective.
For this matter, the resercher suggests to all Arabic teacher and lecturers, that is best for them to prepare their subject matter for the writting skill improvement using imla; manzhur.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ali Kamil, Mohamed and Mujab Mashudi, Muhammad
Keywords: إعداد المواد التعليمية; تنمية مهارة الكتابة; Preparation, of Subject Matter; Writing Skill Improvement; Materi Pembelajaran; Ketrampilan Menulis; Ilma’ Mandhur.
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 10 Aug 2017 03:10
Last Modified: 10 Aug 2017 03:10
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7739

Actions (login required)

View Item View Item