Responsive Banner

فعالية تعليم مهارة الكتابة بإعداد النصوص التمثيلية: بحث تجريبي في المدرسة العالية الحكومية فوغاسينج (الثالثة) تاكينجون أشيه الوسطى

Ramadana, Ramadana (2012) فعالية تعليم مهارة الكتابة بإعداد النصوص التمثيلية: بحث تجريبي في المدرسة العالية الحكومية فوغاسينج (الثالثة) تاكينجون أشيه الوسطى. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10720006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Keterampilan menulis termasuk bagian penting dan merupakan tujuan terpenting dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa asing (Bahasa Arab), oleh sebab itu pembelajaran keterampilan menulis dan keterampilan yang lain harus diperhatikan oleh guru dengan arahan dan pembentukan kurikulum pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa.

Peneliti menemukan beberapa problem dalam pengajarannya khususnya di MAN Pegasing (Tiga) Takengon Aceh Tengah, yaitu guru Bahasa Arab dalam mengajar tidak menggunakan media yang sesuai dengan materi pembelajaran, dan belum menggunakan media representative teks dalam mengembangkan kemampuan menulis siswa, sehingga siswa kurang berhasil dalam menulis bahasa asing (Bahasa arab). Maka dari itu peneliti dalam tesis ini menggunakan representative teks drama dalam pengajaran keterampilan menulis,

Berdasarkan permasalahan di atas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: Sejauh mana efektivitas penggunaan representative teks drama kata dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X pada MAN Pegasing (Tiga) Takengon Aceh Tengah. Yang meliputi keterampilan menulis dengan ringkasan cerita, keterampilan menulis dengan menggunakan srtuktur kata, keterampilan menulis dengan menggunakan kaedah bahasa (Qawaid), keterampilan menulis dengan menggunakan kosa kata, dan kemampuan menulis menggunakan kaedah imla`.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, dan dalam penelitian ini berlangsung selama kali pertemuan. Setiap pertemuan selama menit. Instrument untuk pengumpulan data terdiri dari: ( ) Wawancara, ( ) Tes (Pre test dan post Test) Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah ( ) guru bahasa ( ) siswa kelas X-A dan siswa kelas X-B tahun ajaran

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penggunaan representative teks drama terbukti efektif meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X di MAN Pegasing (Tiga) Takengon Aceh Tengah tahun Ajaran dengan melihat kenyataan : ( ) Bahwa pembelajaran keterampilan menulis dengan menggunakan Penggunaan representative teks drama dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis ringkasan cerita. ( ) Bahwa pembelajaran keterampilan menulis dengan menggunakan Penggunaan representative teks drama dapat meningkatakan keterampilan siswa dalam menulis kalimat berstruktur. ( ) Bahwa pembelajaran keterampilan menulis dengan menggunakan Penggunaan representative teks drama dapat meningkatakan keterampilan siswa dalam menulis menggunakan kaedah tata bahasa. ( ) Bahwa pembelajaran keterampilan menulis dengan menggunakan Penggunaan representative teks drama dapat meningkatakan keterampilan siswa dalam menulis kosa kata. ( ) Bahwa pembelajaran keterampilan menulis dengan menggunakan Penggunaan representative teks drama dapat meningkatakan keterampilan siswa dalam menulis menggunakan kaedah kaedah imla`.

Ini dibuktikan dengan tingkat kemampuan mereka sebagai mana yang tertulis dalam Bab IV bahwa setiap nilai Uji “T” (t)= lebih besar dari nilai (to) table dalam dan=yaitu: < >

Hal ini menunjukkan bahwa Penggunaan Rrepresentatif Drama Teks dan menyusun kata sangat efektif untuk di terapkan pada pengajaran keterampilan menulis siswa kelas X di MAN (Pegasing) Takengon Aceh Tengah

ENGLISH:

Writing skill is included as an important part and the most important aim in the teaching and learning of foreign language (Arabic), therefore teachers should pay attention to writing skill and other skills by guiding and composing the learning curriculum which is suitable with the students’ ability.

The researcher found several problems in the instruction especially in MAN Pegasing (III) Takengon Aceh Tengah, that was the Arabic teacher did not use the appropriate media with the learning material during teaching process, and he did not use the media of representative text yet in developing the students’ writing ability, and the result was the students less succeed in writing foreign language (Arabic). Thus, the researcher in this study used representative drama text in teaching writing skill.

Based on the problems above, the researcher formulated the problem as follows: To what extent the effectiveness of using representative drama text to improve the students’ writing skill in tenth grade of MAN Pegasing Takengon Aceh Tengah. It covers skill in writing summary, structural words, correct grammar (qawaid), vocabularies, and imla’.

This research was an experimental research by using quantitative approach. There were meetings in this research. Each meeting took minutes. The instruments of collecting the data consisted of: ( ) Interview, ( ) Test (Pre test and Post test). The Population and sample in this research was ( ) Arabic teacher ( ) the students of class X- A and X-B in the academic year.

The result of this research shows that the use of representative drama text is effective to improve students’ writing skill in grade X of MAN Pegasing Takengon- Aceh Tengah in the academic year. By seeing the facts that: ( ) Learning writing skill by using representative drama text can improve the students’ skill in writing summary. ( ) Learning writing skill by using representative drama text can improve the students’ skill in writing structural words. ( ) Learning writing skill by using representative drama text can improve the students’ writing skill in writing with correct grammar. ( ) Learning writing skill by using representative drama text can improve the students’ skill in writing vocabularies. ( ) Learning writing skill by using representative drama text can improve the students’ skill in writing using the rule of imla’. It is proved by the result of their achievement which was written in Chapter IV that every score “T” (t)= higher than (to) table in = and = that is: , < >.

It shows that creating representative text is very effective to be implemented in teaching writing skill to students grade X of MAN Pegasing Takengon Aceh Tengah.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Nur, Syuhadak Sholeh and Bakheet, Bakri Mohammed
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDNur, Syuhadak SholehUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDBakheet, Bakri MohammedUNSPECIFIED
Keywords: الكتابة; النصوص التمثيلية; Representative drama text; writing skill; Representatif teks drama; keterampilan menulis
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 09 Aug 2017 12:40
Last Modified: 04 Jan 2018 10:30
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7727

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item