Rofi’atunnisa, Rofi’atunnisa (2014) Pengembangan bahan ajar mata pelajaran Fiqih berbasis multimedia autoplay untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di MI Al-Aziz Dampit Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140108.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pada observasi awal diperoleh data bahwa pada saat pembelajaran, guru kurang memanfaatkan fasilitas di sekolah, dan guru juga menggunakan media berupa power point saja tanpa ada tambahan yang menarik didalamnya sehingga siswa kurang karena power point yang dibuat hanya sebatas materi saja tanpa ada audio visual seperti video ataupun permainan yang dapat meningkatkan semangat serta pengetahuan dengan kegiatan yang kurang menyenangkan, dari data hasil pembelajaran Fiqih menunjukkan bahwa siswa belum memahami pelajaran yang berkenaan dengan materi Quurban dan Haji. Kemampuan siswa yang tidak paham dengan soal latihan Qurban dan Haji membuat siswa bingung. Selain materi yang rumit, media yang digunakan oleh guru juga turut andil dalam realitas tersebut. Hal ini mengakibatkan sebagian siswa tidak mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 70.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian dan pengembangan ini antara lain; 1) untuk menghasilkan medi pembelajaran berbasis multimedia Autoplay 2) Untuk Mengetahui tingkat kelayakan pengembangan bahan ajar berbasis multimedia autoplay pada materi haji 3) Untuk Mengetahui kemenarikan dan keefektifan bahan ajar berbasis multimedia autoplay jika diterapkan dalam pembelajaran pendidikan Fiqih bagi siswa V di MI AL-AZIZ Dampit-Malang.
Penelitian ini dilaksanakan di MI AL-AZIZ Dampit Kota Malang. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V A sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas V B sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini bertujuan untuk dapat menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran yang menyenangkan. Sedangkan model yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar ini adalah model Suhartono. Langkah-langkah dalam pengembangan bahan ajar ini adap empat tahap, yaitu 1) tahap analisis situasi awal. 2) Tahap pengembangan rancangan bahan ajar. 3) Tahap penulisan bahan ajar. 4) Tahap penilaian bahan ajar.
Untuk mengetahui kualitas produk yang dikembangkan, peneliti mengujinya dengan melakukan penilaian. Penilaian tersebut terdiri dari validasi ahli isi dengan hasil persentase sebesar 93%, validasi ahli desain dengan hasil persentase 96%,validasi ahli media sebesar 92%, penilaian guru mata pelajaran Fiqih dengan hasil persentase 95,7 %, dan angket siswa dengan hasil persentase rata-rata sejumlah 95,3%. Dari kelima penilaian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan autoplay dikembangkan berkualitas dan layak digunakan sebagai media pembelajaran tanpa revisi. Hasil belajar dari menggunakan media inipun sangat signifikan, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu kelas eksperimen 87 dan kelas kontrol 69.
ENGLISH:
At preliminary observations obtained data that at the time of learning, teacher less use facilities in school, and teachers also use the media in the form of power point course without any additional the interesting thing therein and so students lacking due power point made limited only of damage without any like video and audio and visual game that can be raising spirits as well as knowledge with the activity that lacking pleasing, from the results of the learning process shows that a student not understand the lessons with respect to material quurban and hadj. Capability of students who don ' t understand with actual exercises qurban and hadj make students confused. In addition to the material of which complicated, the media that is used by teachers also also contribute in the reality. This leads to some students are not reached kkm that has been set which is 70.
Objectives to be achieved in research and development this among others; 1 ) to produce mediæval armor. learning based multimedia autoplay 2 ) to determine the level feasibility development teaching materials based multimedia autoplay on any material haji 3 ) to know kemenarikan and effectiveness of teaching materials based multimedia autoplay if applied in learning education process for students v in mi al-aziz dampit-malang.
This research carried out in mi al-aziz dampi-malang. A subject of study is a student v A experiments, a as a class and a student v B as a class control. The kind of research used in this research is a method of research and development ( research and development. This research aimed at can produce a product in the form of media learning fun. While a model used in the development of teaching materials this is a model suhartono. Steps in the development of teaching materials this adap four stages, : 1 ) the stage analysis a starting situation. 2 ) that stage of development draft teaching materials. 3 ) the stage of writing teaching materials. 4 ) the stage appraisement teaching materials.
To find out the quality of the product being developed, researchers test it by doing assessments. The assessment consists of a content expert with validation results percentage of 93%, design with expert validation results percentage of 96%, media expert validation of teacher assessment, 92% of subjects with percentage of Fiqh 95.7%, and now students with the average percentage of 95,3%. The assessment of the five obtained the conclusion that the use of autoplay developed qualified and eligible to use as a medium of learning without revision. Learning outcomes from using media types are very significant, it can be seen from the average value from a class of experimental and control classes, i.e. classes of experiment control class 87 and 69.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sholeh, Ahmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Multi Media Autoplay; Hasil Belajar; Learning Outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2017 14:59 | ||||||
Last Modified: | 12 Apr 2023 11:11 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7720 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |