Kasumaningtyas, Bayu Kalahir (2014) Pengembangan media pembelajaran audio visual pada materi berbicara mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II Sekolah Dasar Islam Lukman Hakim Pakisaji Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140103.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Media pembelajaran audio visual merupakan bentuk dari multimedia. Multimedia merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan observasi yang dilaksanakan pada kelas II SDI Lukman Hakim Pakisaji Malang, jika dilihat dari kegiatan pembelajaran pada matapelajaran Bahasa Indonesia masih belum cukup optimal, hal ini disebabkan antara lain guru dalam pembelajarannya, masih menggunakan media pembelajaran yang sifatnya sederhana yakni berbentuk visual, sedangkan jika dikategorikan sebagai media, hal tersebut belum mencakup materi secara keseluruhan Pemilihan media audio visual ini dipilih untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan pertimbangan untuk memanfaatkan fasilitas yang telah tersedia di SDI Lukman Hakim Pakisaji Malang.
Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi berbicara yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang ditentukan. Subyek penelitian dalam pengembangan ini adalah siswa kelas II SDI Lukman Hakim Pakisaji Malang.
Penelitian ini menggunakan model perkembangan Sugiyono melalui sepuluh tahap berikut: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Ujicoba pemakaian, (6) Revisi produk, (7) Ujicoba produk, (8) Revisi desain, (9) Revisi produk, (10) Produksi masal.
Hasil Pengembangan media pembelajaran audio visual ini sudah tergolong valid, yang meliputi, ahli media 84% yang berada pada kriteria layak, ahli materi 86,66% yang berada pada kriteria layak, guru bidang studi Bahasa Indonesia 86,66% yang berada pada kriteria layak. Kualifikasi kemenarikan bahan ajar diberikan oleh siswa dengan analisis keseluruhan mencapai 89,80% yang berada pada kriteria layak. Untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar dengan media pembelajaran audo visual matapelajaran Bahasa Indonesia, peneliti melakukan pretest dan posttest pada siswa kelas II SDI Lukman Hakim Pakisaji Malang. Berdasarkan analisis dengan menggunakan uji T menghasilkan thitung 5,05 dan ttabel 1,701 yang artinya thitung lebih besar dari ttabel. Hasilnya membuktikan bahwa ada perbedaan signifikan terhadap media yang dikembangkan. Hal ini menujukkan bahwa media pembelajaran audio visual matapelajaran Bahasa Indonesia yang telah dibuat mampu meningkatkan hasil belajar siswa
ENGLISH:
Audio-visual learning media was a form of multimedia. Multimedia was one of media which can be used in the learning process. Based on observations carried out at the class II SDI Lukman Hakim Pakisaji Malang, when seen from the learning activities in Indonesian subjects was still not quite optimal, this was due to the teacher in the learning still using the simple media of visual form, whereas if categorized as the media, it was not covering the whole material. Selections of audio-visual media have been to solve these problems with a view to utilize the facilities already available in SDI Lukman Hakim Pakisaji Malang.
The purpose of this development was to produce a product of learning media of Indonesian at the speaking material which can be used as an alternative in achieving the specified learning objectives. The subject of the research in the development of this was class II SDI Lukman Hakim Pakisaji Malang.
This study uses a model of Sugiyono development through the ten stages as following: (1) Potential and problems, (2) data collection, (3) products Design, (4) design Validation, (5) Trial use, (6) products Revision, (7) products Test, (8) design Revision, (9) Revision products, (10) Mass production.
The results of audio-visual learning media Development was already classified as valid, which included, media experts who were on the 84% feasible criteria, material expert was at 86.66% which was feasible criteria, teachers of Indonesian 86.66% which was at feasible criteria. Attractiveness qualifications of the teaching materials provided by the student with the analysis totaled 89.80% which was at feasible criteria. To find an increase in learning outcomes with audio visual learning media of Indonesian subjects, researcher conducted a pretest and posttest in class II SDI Lukman Hakim Pakisaji Malang. Based on analysis using t-test got table of 5.05 and t test of table generated 1.701 which means the count was greater than t-table. The results proved that there were significant differences in the media were developed. This showed that the audio-visual learning media of Indonesian subjects that has been made to increase student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yaqien, Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Audio Visual; Bahasa Indonesia; Development; Audio Visual; Indonesian | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2017 15:00 | ||||||
Last Modified: | 08 Aug 2017 15:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7708 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |