Khusna, Alinatul (2014) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan tata surya mata pelajaran IPA kelas VI Madrasah Ibtidaiyah IMAMI Kepanjen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10140099.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Ilmu Pengetahuan Alam merupakan konsep pembelajaran alam yang mempunyai hubungan luas, terkait dengan kehidupan manusia. Pembelajaran IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep, atau prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu penemuan, sehingga peserta didik mendapatkan pengalaman secara langsung sekaligus mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar. Demi terwujudnya pembelajaran tersebut, maka dibutuhkan media pembelajaran yang mampu menyajikan materi tata surya secara konkrit bagi peserta didik, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun penyajian materi dalam media pembelajaran ini juga disertai dengan gambar, animasi, dan video yang membuat media pembelajaran menjadi lebih menarik.
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang diharapkan mampu meningkatkan keefektivan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan tata surya.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Prosedur pengembangan dari penelitian ini berpedoman pada model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di MI IMAMI Kepanjen Malang dengan subjek uji coba siswa kelas VI dengan jumlah siswa sebanyak 30. Uji coba ini dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan pengaruh penggunaan media yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar siswa.
Hasil dari pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan tata surya mata pelajaran IPA untuk kelas VI telah memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 88%, uji ahli desain media mencapai tingkat kevalidan 92%, uji ahli pembelajaran (guru mata pelajaran IPA) mencapai tingkat kevalidan 92%, dan peserta didik sebagai pengguna media pembelajaran mencapai tingkat kevalidan 88,2%. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pre-test 87,3 > 68,83. Dengan analisis menggunakan uji-t dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil t hitung = 4,51 dan t tabel= 1,697 maka thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan terhadap penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa produk media pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar sehingga media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam mendukung kegiatan belajar mengajar.
ENGLISH:
Natural Sciences is a natural learning concepts that have extensive relationships, associated with human life. Learning science is not just mastery of the body of knowledge in the form of facts, concepts, or principles, but also a discovery, so that students gain experience directly and obtain a deeper understanding of the nature around. In order to realize this learning, it is necessary to study media capable of presenting the material in a concrete solar system for students, so as to improve student learning outcomes. The presentation of the material in the learning media is also accompanied by images, animations, and videos that make learning is more interesting.
The purpose of this research is the development of the products with multimedia-based interactive learning media that is expected to improve the effectiveness of the learning process and the learning outcomes of students on the subject of the solar system.
The method used in this study is the research and development (Research and Development) with the ADDIE development model. The procedure is the development of research based on the ADDIE development model. This research was conducted in MI IMAMI Kepanjen Malang and trials with subjects sixth grade students by the number of students by 30. Trial was conducted to determine the level of validity and influence of media use that has been developed to student learning outcomes.
The results of the development of interactive multimedia-based instructional media on the subject of solar system science subjects for class VI has met the criteria for a valid test results matter experts to achieve a 88% level of validity, test design expert media reaches 92% validity rate, test learning experts (teachers teaching science) reached 92% validity rate, and the learner as instructional media users reached 88.2% validity rate. The result showed the average value of the post-test is higher than the pre-test 87.3> 68.83. By analysis using t-test with a significance level of 0.05 was obtained and the results of t = 4.51 table = 1,697 then tcount> ttable which means that Ho is rejected and Ha accepted, so there is a significant difference to the use of instructional media developed. This suggests that products developed learning media can improve learning outcomes that are developed viable learning medium used to support teaching and learning activities.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; Multimedia Interaktif; Tata Surya; Development; Learning Media; Interactive Multimedia; Solar System | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2017 15:00 | ||||||
Last Modified: | 08 Aug 2017 15:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7697 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |