Penggunaan media komik pada materi penjumlahan pecahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek

Habibi, Joko (2014) Penggunaan media komik pada materi penjumlahan pecahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10140095.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang termuat dalam kurikulum sekolah dasar, yang implementasinya berbasis pada matematika kompleks. Pengajaran matematika selama ini cenderung dikembangkan melalui pola pengajaran teori-contoh-latihan. Jika ditijau kembali pengajaran matematika yang didasarkan pada teori-contoh-latihan, hanya akan menghasilkan suatu pandangan yang sempit tentang matematika.

Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan rencana penggunaan media komik pada materi penjumlahan pecahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas, 2) untuk mendeskripsikan proses penggunaan media komik pada materi penjumlahan pecahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, 3) untuk mendeskripsikan hasil tentang penggunaan media komik pada materi penjumlahan pecahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa IV SDN 2 Ngadisuko.

Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, pengukuran tes hasil belajar, dan angket. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi.

Media komik yang digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi penjumlahan pecahan berhasil dilaksanakan dengan mendapatkan respon siswa yang baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada tahap pre tes nilai rata-rata siswa 70,05 masih dibwah KKM, hanya 4 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM. pada siklus I pertama ada peningkatan pada nilai siswa dengan rata-rata nilai 84,76 atau sekitar 21%. pada siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 90,58, atau sekitar 29%.

ENGLISH:

Mathematics is one of all subject lesson in curriculum of elementary school, that implementation base on complex mathematics. Teaching of mathematics inclined develop with teaching and learning approach theory-examples-exercises. If observation again teaching and learning of mathematics based on theory-examples-exercises, only will be produce a narrow view about mathematics.

The objectives of this research are 1) to describe the planning of using comic media in material of summation fractional to increase the result of students learning, 2) to describe the process of using comic media in material of summation fractional to increase the result of students learning, 3) to describe the result about using comic media in material of summation fractional to increase the result of students learning in 4th grade of SDN 2 Ngadisuko.

This research use qualitative approach with classroom action research (PTK) type. The steps of this reasearch are (1) planning, (2) implementation, (3) observation and (4) reflection. In collect data, researcher using technique of interview, observation, documentation, measuring of learning result test, and questionnaire. Whereas to analysis, researcher using technique of qualitative description analysis. To test of data validity use triangulation technique.

Comic media used in increase the result of students learning with material of summation fractional success in implementation with get good respons of students. This can proven with average value of students in pre test stage the average value of students is 70,05 the mean still under KKM, only 4 students get value above the KKM. In the first cycle there are upgrading value of students with average value of students is 84,76 or about 21%. In second cycle the average value of students have been upgrading become 90,58 or about 29%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Asmaningtias, Yeni Tri
Keywords: Media; Komik Matematika; Materi Penjumlahan Pecahan; Comic of Mathematics; Material of Summation Fractional
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 07 Aug 2017 11:09
Last Modified: 07 Aug 2017 11:09
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7687

Actions (login required)

View Item View Item