Muntoha, Rahmatin (2014) Pengembangan bahan ajar berbasis multimedia dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Soaial materi keanekaragaman budaya di Indonesia untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V di MIN Gedog Kota Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140093.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian pengembangan ini di latar belakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran IPS pada materi keanekaragaman budaya di Indonesia berdasarkan wawancara dengan guru kelas V MIN Gedog Kota Blitar, mengatakan bahwa dalam pembelajaran IPS materi keanekaragaman budaya di Indonesia hanya menggunakan buku paket dan LKS saja. Siswa kurang memahami materi dikarenakan tidak adanya gambar dalam buku paket maupun LKS tentang keanekaragaman budaya di Indonesia. Keterbatasan bahan ajar yang ada di sekolah merupakan sebuah problematika pendidikan yang dapat menghambat keberhasilan proses pembelajaran. Dilihat juga dari hasil nilai siswa yang belum memenuhi KKM. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dalam penelitian ini mengembangkan bahan ajar berbasis multimedia yang berkaitan dengan pembeljaaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengahsilkan bahan ajar berbasis multimedia pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi keanekaragaman budaya di Indonesia yang dapat digunakan siswa kelas V sehingga dapat memenuhi tujuan pembelajaran. Selain itu tujuan penelitian ini juga untuk mengetahui kevalidan bahan ajar berbasis multimedia dan mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis multimedia dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian pengembangan ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research & Development (R&D). Penelitian ini mengacu pada model Borg and Gall yang memiliki enam langkah dalam prosedur pengembangannya yaitu identifikasi kebutuhan, perumusan tujuan, perumusan butir-butir materi, perumusan alat pengukur keberhasilan, penulisan naskah, dan tes atau uji coba. Penelitian dilaksanakan di MIN Gedog Kota Blitar dengan subyek penelitian siswa kelas V.
Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi menunjukkan persentase mencapai 84% yang berada pada kriteria valid, ahli desain bahan ajar menunjukkan persentase mencapai 80% yang berada pada kriteria valid dan ahli pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial menunjukkan persentase mencapai 86% yang berada pada kriteria sangat valid. Tingkat kemenarikan mencapai persentase 87,4% yang berada pada kriteria sangat menarik. Hasil belajar siswa nilai rata-rata Pre-Test 80,58 dan nilai rata-rata Post-Test 89,73, hasil tersebut dianalisis menggunakan uji-T dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil Thitung lebih besar dari pada Ttabel yaitu 7,44 > 1,697 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakna bahan ajar berbasis multimedia. Sehingga bahan ajar berbasis multimedia layak digunakan dalam pembelajaran.
ENGLISH:
The development of background research in the background by the fact that the study of Social Sciences at the material cultural diversity in Indonesia is based on interviews with fifth grade teacher Islamic State Elementary School Gedog State Blitar, said that in the Social Sciences learning material cultural diversity in Indonesia is only using textbooks and worksheets only. Students lack an understanding of the material due to the lack of images in textbooks and worksheets about cultural diversity in Indonesia. Limitations of the existing teaching materials in schools is a problem of education that can hinder the success of the learning process. Seen also from the results of the students who do not meet the KKM.To overcome this, in this study developed a multimedia-based teaching materials related to the teaching of Social Sciences.
The purpose of this study is to produces a rich multimedia-based teaching materials on the Social Sciences learning material in Indonesian cultural diversity that can be used so that the fifth grade students to meet learning objectives. In addition, the purpose of this research is to determine the validity of multimedia-based teaching materials and determine the effect of the use of multimedia-based teaching materials in improving student learning outcomes.
The research development using this type of research development Research & Development (R & D). This study refers to the model of Borg and Gall who has six steps in the procedure is the identification of development needs, formulation of objectives, formulation of particles of matter, formulation gauges the success, script writing, and tests or trials. Research carried out at the Islamic Elementary State School GedogBlitar with research subjects graders V.
The results based on of the validation of expert material shows the percentage reaches 84%, which is in the valid criteria, expert design teaching materials shows the percentage reached 80% which is the criteria valid and Social Sciences learning expert shows the percentage reaches 86% who are very valid criteria. The level of attractiveness of the percentage reaches 87.4% on the criteria that are very interesting. Student learning outcomes the average value of 80.58 Pre-Test and the average value of 89.73 Post-Test, the results were analyzed using T-test with a significance level of 0.05 T obtained results count is greater than the T table is 7 , 44> 1.697 means that Ho is rejected and Ha accepted. In conclusion there is a significant difference in student learning outcomes before and after wear the multimedia-based teaching materials. Thus worthy of multimedia-based teaching materials used in the study.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Bahan Ajar Multimedia; Ilmu Pengetahuan Sosial; Development; Multimedia Teaching Materials; the Social Sciences | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2017 18:09 | ||||||
Last Modified: | 07 Aug 2017 18:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7679 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |