Aplikasi permainan math maze menggunakan algoritma growing tree sebagai pembangkit dan penyelesai permainan

Effendi, Moh. Nuruddin (2013) Aplikasi permainan math maze menggunakan algoritma growing tree sebagai pembangkit dan penyelesai permainan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09650105.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Game adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan menggunakan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah. Game merupakan hiburan yang sangat menarik bagi seorang anak. Akan tetapi, bermain game secara berlebihan dapat memperburuk kemampuan anak. Padahal, saat usia dini perkembangan intelektual anak sangatlah cepat. Atas dasar ini, maka dilakukanlah penelitian dengan tujuan membangun aplikasi permainan Math Maze menggunakan algoritma growing tree yang memiliki unsur pendidikan di dalamnya.

Metode diperlukan dalam membangun game supaya menjadi lebih menarik. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah growing tree. Growing tree merupakan algoritma yang memiliki kemiripan dengan algoritma backtracking apabila selalu memilih node terbaru (newest growing tree) dan akan mirip seperti algoritma prim’s apabila memilih node secara random (random growing tree). Hasil dari algoritma ini adalah berupa solusi yang akan direpresentasikan dalam bentuk angka-angka pemandu sebagai aturan dalam bermain Math Maze.

Dari uji coba yang dilakukan, metode growing tree dapat digunakan untuk mencari solusi dan membangkitkan sebuah Maze sempurna dengan bentuk yang berbeda-beda, sehingga akan selalu menghasilkan satu solusi. Uji coba juga dilakukan kepada sejumlah pengguna untuk mengetahui penilaian pengguna terhadap aplikasi permainan Math Maze.

ENGLISH:

Game is something that can be played using certain rules so that there is winner and loser. Game is exciting entertainment for a child. However, playing games excessively can worsen the child’s ability. In fact, at an early age intellectual growth of children is very fast. For that reason, this research was undertaken with the aim of building Math Maze game applications using Growing Tree algorithm that has an element of education on it.

Method is needed to building a game to make the game more interesting. One of the methods that can be used is the growing tree algorithm. Growing tree is an algorithm that mimics the behaviour of the backtracking algorithm if you always choose the newest node (newest growing tree) and mimics the behaviour of the prim’s algorithm if you always choose a node at random (random growing tree). The results of this algorithm is represented in the form of guide numbers as the based rule to play Math Maze game.

From the test conducted, growing tree method can be used to find solutions and generate perfect Maze with a different form, so it always found one solution. The test also conducted to a number of users to determine the users rating towards Math Maze game applications

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Nurhayati, Hani and Hariyadi, M. Amin
Keywords: Math Maze; Growing Tree; Pembangkit; Penyelesai; iOS; Math Maze; Growing Tree; Generator; Solver; iOS
Departement: Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 07 Aug 2017 11:14
Last Modified: 07 Aug 2017 11:14
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7673

Actions (login required)

View Item View Item