فعالية وسيلة قراءة النصوص العربية في تنمية مهارة الكلام: بحث تجريبي بالتطبيق في جامعة لقمان الحكيم الاسلامية بسورابايا

Damanhuri, Damanhuri (2011) فعالية وسيلة قراءة النصوص العربية في تنمية مهارة الكلام: بحث تجريبي بالتطبيق في جامعة لقمان الحكيم الاسلامية بسورابايا. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720089.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Metode yang sudah diterapkan oleh peneliti di STAI Luqman al-hakim Surabaya adalah Peningkatan Keterampilan Bicara dengan kegiatan membaca teks Arab. Alasan peneliti memilih STAI Luqman al-hakim Surabaya ini adalah karena Sekolah Tinggi ini adalah lembaga yang sangat memperhatikan kemampuan bahasa arab kepada mahasiswanya secara aktif dan pasif. Peneliti memilih mahasiswa semester genap 2010/2011 pada jurusan tarbiyah dan jurusan dakwah sebagai sample.

Masalah penelitiannya adalah Sejauh mana keefektifan membaca teks Arab dalam meningkatkan kemampuan berbicara? Rumusan ini peneliti fokuskan hanya pada empat aspek kalam yaitu keterampilan ujaran, struktur tata bahasa, penggunaan kosakata, dan keterampilan memahami.

Dengan begitu, penelitian ini akan menjawab rumusan masalah tersebut, yaitu mengetahui keefektifan kegiatan membaca teks Arab dalam meningkatkan keterampilan berbicara dari aspek (1) ujaran kalam, (2) struktur kalam, (3) penggunaan mufrodat, dan (4) keterampilan memahami.

Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Eksperimen (Experiment Research). Peneliti memperhatikan dan membandingkan kemampuan siswa dalam berbicara dengan menggunakan bahasa Arab, sebelum diterapkan pembelajaran kalam dengan menggunakan kegiatan membaca teks arab dan sesudah diterapkannya pembelajaran kalam dengan membaca teks arab.

Peneliti dalam penelitian ini menggunakan kelompok control yaitu mahasiswa semester genap 2010/2011 jurusan tarbiyah dan kelompok eksperimen yaitu mahasiswa semester genap 2010/2011 jurusan dakwah. Setelah dilakukan analisa terhadap kedua kelompok tersebut maka dapat diketahui hasil dari penelitian ini.

Hasil penelitian ini terangkum sebagaimana berikut: bahwa membaca teks arab efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa dalam aspek ujaran kalam, struktur kalam yang benar, penggunaan mufrodat, dan keterampilan memahami kalam.

ABSTRACT

The method was be applied by researcher at Islamic College of Luqman al- hakim Surabaya is improving speaking ability by Reading of Arabic Texs. The reason of researcher to choose this College is based on that This College pay a good attention about Arabic language. The researcher chosen all students semester genap 2010/2011 in tarbiyah faculty dan dakwah faculty as sampel.

The problem formulation of this research are How far effective reading of Arabic texs to improving of speaking skills? And derivate from this problem in four aspects from speaking skills. There are pronunciation, grammar, vocabulary, and understood.

So, this research will knowing effectivity reading og Arabic texs into improving speaking skills in his four aspect only. There pronunciation, grammar, vocabulary, and understood.

The research method which used is experimental research. The researcher paid attention and compared the ability of students in speaking by using Arabic language, before and after Speaking Class learning by reading of Arabic texs.

Researcher used a control class, it’s all students from tarbiyah faculty, and a experimental class , it’s all students from dakwah faculty.

The result of this research is summarized as follows: that reading of Arabic texs is effective to improving students’ speaking skills in pronunciation aspect, grammar aspect, vocabulary aspect, and understood aspect.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ali Kamil, Mohammad and Wargadinata, Wildana
Keywords: مهارة الكلام; قراءة النصوص العربية; تنمية مهارة الكلام; Speaking Skills; Reading of Arabic texs; improving speaking skills by reading of Arabic texs; Keterampilan Berbicara; Membaca Teks Arab; Peningkatan keterampilan berbicara dengan membaca teks arab
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 07 Aug 2017 11:15
Last Modified: 07 Aug 2017 11:15
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7671

Actions (login required)

View Item View Item