Evianah, Evianah (2014) Penggunaan media lingkaran milenium pada materi bilangan pecahan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III MI Mambaul Ulum Pakis Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140089.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Bilangan pecahan merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran Matematika yang harus dikuasai oleh peserta didik. Penguasaan bilangan pecahan memegang peranan penting sebagai bekal untuk mempelajari materi Matematika maupun materi lainnya yang terkait. Untuk mencapai tujuan agar materi bilangan pecahan dapat dikuasai oleh peserta didik, maka diperlukan upaya yang lebih baik dari guru dalam memilih dan menerapkan strategi, metode, dan media pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan proses perencanaan pembelajaran dengan menggunakan media Lingkaran Milenium, (2) mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media Lingkaran Milenium, (3) mendeskripsikan proses penilaian pembelajaran dengan menggunakan media Lingkaran Milenium.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tindakan, yang terdiri dari satu siklus pada tindakan I dan dua siklus pada tindakan II. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis, observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data, dan mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) proses perencanaan pembelajaran dengan menggunakan media Lingkaran Milenium meliputi menjabarkan kompetensi dasar yang telah ada dalam silabus ke dalam rencana pelaksanaan pembelajaran, menyiapkan media Lingkaran Milenium, dan lembar kerja siswa, (2) proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media Lingkaran Milenium diawali dengan guru menjelaskan dan memberikan contoh penggunaan media Lingkaran Milenium, kemudian membagi siswa menjadi tujuh kelompok serta membagikan lembar kerja siswa dan media Lingkaran Milenium kepada masing-masing kelompok. Siswa mengerjakan latihan soal sesuai petunjuk pada lembar kerja siswa, (3) proses penilaian pembelajaran dengan menggunakan media Lingkaran Milenium dilakukan melalui tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Lingkaran Milenium mampu meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang tuntas belajar dari setiap siklusnya.
ENGLISH:
Fractions is one of the materials in the subjects of Mathematics which must be mastered by learners. Mastery of fractions play an important role as a preparation to study Mathematics and other related materials. To achieve the goal of keeping the fractions material can be mastered by learners, it would require more effort from teachers in selecting and applying the strategies, methods, and instructional media in accordance with these competencies.
The purpose of this study was to: (1) describe the planning process of learning by using Milenium Circle media, (2) describe the implementation process of learning by using Milenium Circle media, (3) describe the assessment process of learning by using Milenium Circle media.
To achieve the above objectives, the study used a qualitative approach with classroom action research conducted in two acts, consisting of one cycle in I action and consisting of two cycles in II actions. Key instrument is the researcher himself. Data collection techniques used were written tests, observation, interviews, documentation and field notes. Data were analyzed by means of reducing irrelevant data, explained the data, and get conclusions.
The result showed that, (1) the planning process of learning to use the media covering Milenium Circle outlines basic competencies that already exist in the syllabus into the lesson plan, prepare Milenium Circle media, and student worksheet, (2) the implementation process of learning by using Milenium Circle media begins with the teacher explains and gives examples of the use of Milenium Circle media, then divide the student into seven groups and student worksheets, and distribute Milenium Circle media to each group. Students doing exercises according to instructions on the student worksheet, (3) learning assesment process using Milenium Circle media done through a written test. The results showed that the use of Milenium Circle media can improve student achievement that is characterized by an increased number of students who pass the study of each cycle.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abdussakir, Abdussakir | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Bilangan Pecahan; Media Lingkaran Milenium; Prestasi Belajar; Fractions; Milenium Circle Media; Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2017 12:16 | ||||||
Last Modified: | 07 Aug 2017 12:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7668 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |