Ni’mah, Khoirun (2013) Penerapan metode teams games tournament untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN 2 Sedayulawas Brondong Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09140007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Memberikan motivasi dalam dunia kependidikan mutlak diperlukan. Dengan motivasi tersebut, anak akan merasa dihargai dan dipercaya, sehingga proses transformasi nilai akan berjalan dengan optimal, para anak didik akan semakin giat untuk berkarya dan berproses. Namun kenyataan yang ada, motivasi dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia cenderung rendah. Pemilihan metode yang sesuai adalah salah satu solusi dalam menghadapi persoalan tersebut. Metode Teams Games Tournament adalah metode sesuai untuk mengatasi persoalan ini, karena metode ini akan membantu untuk menumbuhkan keinginan atau motivasi siswa dalam proses pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah; (1) Untuk mengetahui proses perencanaan pembelajaran metode Teams Games Tournament pada siswa kelas V SDN 2 Sedayulawas Brondong Lamongan; (2) Untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran metode Teams Games Tournament pada siswa kelas V SDN 2 Sedayulawas Brondong Lamongan; (3) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Idonesia di kelas V SDN 2 Sedayulawas Brondong Lamongan setelah diterapkannya metode Teams Games Tournamnet.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan datanya menggunakan metode (1) Observasi; (2) Wawancara; (3) Tes; dan (4) Dokumentasi. Adapun yang menjadi responden adalah kepala sekolah, guru kelas dan siswa kelas V SDN 2 Sedayulawas Brondong Lamongan.
Untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa dengan metode Teams Games Tournament, peneliti melakukan pre tes dan pos tes pada siswa kelas V SDN 2 Sedayulawas Brondong Lamongan yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dan dua kali pertemuan pada tiap siklusnya. Hasilnya membuktikan bahwa penerapan metode Teams Games Tournament dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini dapat diketahui pada tiap siklusnya. Pada aspek pemahaman materi pada siklus I 3,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 4,6% , pada aspek kerjasama pada siklus I 3,4% dan pada siklus II meningkat menjadi 3,7%, dan pada aspek keaktifan pada siklus I 3,4% dan pada siklus II meningkat menjadi 4,5%.
ENGLISH:
Give the motivation in the world of education is absolutely necessary. With the motivation, the child will feel valued and trusted, so that the transformation process will run with optimal value, the student will be increasingly hard to work and their processes. But the fact is, the motivation in following the Indonesian Language learning tends to be low. Selection of the appropriate method is one of the solutions in dealing with the issue. Teams Games Tournament is the appropriate method to resolve this issue, because this method will help to foster the desire or motivation of the students in the learning process.
The purpose of this research is; (1) To find out the planning process methods Teams use Learning Games Tournament in fifth grade class SDN 2 SedayulawasBrondongLamongan; (2) Application of the process of learning to know the methods of its Teams Games Tournament in fifth grade class SDN 2 Sedayulawas Brondong Lamongan; (3) To find out how big an increase in students motivation in Indonesian language learning in fifth grade class SDN 2 Sedayulawas Brondong Lamongan after implementing Teams Games Tournamnet method.
This research uses qualitative research with this type of Classroom Action Research (PTK). Method of collecting data using method (1) Observation; (2) Interviews; (3) Test; and (4) Documentation. As for the respondents is the headmaster, the class teacher and the students of fifth grade class SDN 2 Sedayulawas Brondong Lamongan.
To see an increase in the motivation of students with the methods of Teams Games Tournament, the researchers did a pre test and post test at fifth grade class SDN 2 Sedayulawas Brondong Lamongan which amounted to 20 students. This research consists of two cycles, and two times in each cycle. The results proved that the application of the method of Teams Games Tournament can increase students motivation of Indonesian language learning. This can be known at each cycle. On the aspect of understanding the material on 3.5% and I cycle on cycle II increased to 4.6%, on aspects of cooperation on a cycle I 3.4% and cycle II increased to 3.7%, and on the liveliness in the cycle I and cycle in
3,4% II increased to 4.5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhroh, Ni’matuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Teams Games Tournament; Motivasi Belajar; Bahasa Indonesia; Teams Games Tournament Methods; Learning Motivation; Indonesian Language | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Desi Latifah Hamzah | ||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2017 18:11 | ||||||
Last Modified: | 07 Aug 2017 18:11 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7665 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |