Penggunaan media karpuloba dalam meningkatkan pemahaman bilangan pada siswa kelas II B SDN Lesanpuro 3 Malang

Atmanagari, Wuri (2013) Penggunaan media karpuloba dalam meningkatkan pemahaman bilangan pada siswa kelas II B SDN Lesanpuro 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09140006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Bilangan merupakanruang lingkup matematika dasar yang mutlak harus dipelajari bagi semua lapisan masyarakat.Karena ilmu ini demikian penting, maka konsep dasar matematika yang diajarkan pada siswa, haruslah benar dan kuat agar pemahaman siswa terhadap bilangan dapat mereka pahami dalam kehidupan sehari-hari. Penyampaian Matematika dengan metode ceramah akan membuat siswa sulit memahami konsep matematika. Siswa hanya mendengarkan penjelasan guru tanpa adanya pengalaman langsung terhadap objek dan tanpa adanya motivasi. Pengalamanan itulah yang nantinya akan membentuk suatu konsep pemahaman pengetahuan, baik saat kecil hingga dewasa.Untuk mengatasi masalah yang telah dikemukakan di atas salah satunya adalah dengan menggunakan media karpuloba. Karpuloba adalah singkatan dari bahan-bahan yang digunakan yaitu kartu, puzzle, lompat dan balok.

Penelitian ini dilaksanakan di SDN Lesanpuro 3 Malang, dengan objek penelitian siswa kelas II B. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian secara khusus adalah: 1) Mendeskripsikan proses perencanaan pembelajaran dengan menggunakan media karpuloba dalam meningkatkan pemahaman bilangan siswa kelas II B SDN Lesanpuro 3 Malang. 2) Mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media karpuloba dalam meningkatkan pemahaman bilangan siswa kelas II B SDN Lesanpuro 3 Malang. 3) Mendeskripsikan proses evaluasi pembelajaran dengan menggunakan media karpuloba dalam meningkatkan pemahaman bilangan siswa kelas II B SDN Lesanpuro 3 Malang.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Adapun penelitian ini terbatas penggunaan media karpuloba dalam meningkatkan pemahaman bilangan pada materi mengurutkan bilangan cacah ratusan.Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan empat kali pertemuan.Metodepengumpulan datamenggunakanmetodeobservasi, wawancara, tesdandokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian dapat dirumuskan beberapa kesimpulan, diantaranya: 1)Perencanaan pembelajaran tertuang pada RPP di rancang sesuai tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran dapat menarik minat siswa dan siswa lebih termotivasi untuk belajar dan memahami konsep-konsep yang di ajarkan. 3) Hasil evaluasi menunjukkan kenaikkan yang sangat signifikan baik dari hasil belajar siswa secara individu maupun kelompok.

ENGLISH:

Numbers is the scope of this basic math that absolutely must be learned for all levels of society. Because knowledge is so important, the basic concepts of mathematics that is taught to students’, it must be true and strong to students' understanding of numbers they can understand in everyday life. The teaching of Mathematics with the lecturing method will make the students’ difficult to understand mathematical concepts. Students just listen to the teacher without any direct experience of the object and without motivation. The experience will form an understanding of the concept of knowledge, both as a child to adulthood. To overcome the problems mentioned above one of them is to use the media karpuloba. Karpuloba is the abbreviation of the materials used such as cards (kartu bilangan), puzzles, jump (lompat) and block (balok).

The research was conducted in SDN Lesanpuro 3 Malang, with the object of research is grade II B. The objectives to be achieved in the study particulary are: 1) Describing the process of learning by using media planning karpuloba in improving students' understanding of numbers of class II B SDN Lesanpuro 3 Malang. 2) Describing the implementation process of learning by using media karpuloba in improving students' understanding of numbers of class II B SDN Lesanpuro 3 Malang. 3) Describing the process of evaluation of learning by using media karpuloba in improving students' understanding of numbers of class II B SDN Lesanpuro 3 Malang.

The approach used in this study was a qualitative descriptive approach to classroom action research (classroom action research). The study is limited to karpuloba media use in improving the understanding of numbers in the material sort hundreds of natural numbers. The study consisted of two cycles and four meetings. Methods of data collection using observation, interviews, tests and documentation.

Based on the results of the study, several can be formulated conclusions, among them: 1) Planning learning contained in RPP is designed to the purpose to be achieved in the learning. 2) Implementation of learning can attract students and students’ are more motivated to learn and understand the concepts taught. 3) Evaluation results show a very significant increase in both students’ learning outcomes individually or in groups.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wahidmurni, Wahidmurni
Keywords: Pemahaman Bilangan; Media Karpuloba; Understanding Numbers; Media Karpuloba
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Desi Latifah Hamzah
Date Deposited: 07 Aug 2017 11:11
Last Modified: 07 Aug 2017 11:11
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7660

Actions (login required)

View Item View Item