Munir, Misbahul (2013) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika dengan pendekatan PMRI materi sifat-sifat bangun ruang sederhana pada siswa kelas IV MIN Sumberjati Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09140005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (16MB) |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertolak dari satu pertanyaan mayor : Bagaimana Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) matematika materi bangun ruang dan sifat-sifatnya pada siswa kelas IV di MIN Sumberjati Kabupaten Blitar? Untuk mengetahui pengembangan lembar kerja siswa (LKS) matematika tersebut penelitian ini menjawab tiga pertanyaan minor: (1) Bagaimana desain produk berupa lembar kerja siswa (LKS) matematika dengan pendekatan PMRI materi sifat-sifat bangun ruang sederhana untuk siswa kelas 4 MI yang akan dikembangkan? (2) Bagaimana kelayakan dari lembar kerja siswa (LKS) matematika dengan pendekatan PMRI materi sifat-sifat bangun ruang sederhana untuk siswa kelas 4 MI? (3) Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan dan kelas yang tidak menggunakan lembar kerja siswa (LKS) matematika dengan pendekatan PMRI di MIN Sumberjati Kabupaten Blitar?
Untuk menjawab pertanyaan diatasd ilakukan penelitian yang menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R & D), dengan model Dick and Carey yang memiliki sepuluh langkah dalam prosedur pengembangannya. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Sumberjati Kabupaten Blitar dengan mengambil kelas 4 A dan 4 B yang masing-masing berjumlah 25 siswa, dan masing-masing kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa buku panduan praktikum mendapat penilaian kualifikasi yang baik, karena berdasarkan hasil validasi diperoleh nilai dari guru mata pelajaran sebesar 90% yang berarti buku panduan permainan matematika sangat layak dan tidak perlu revisi, dari uji coba lapangan buku panduan praktikum mendapat kualifikasi layak dari semua subyek validasi uji coba lapangan. Dari ahli isi mendapat nilai 88% dan berada pada kualifikasi layak sehingga tidak perlu revisi, sedangkan dari ahli desain buku ajar buku panduan permainan matematika mendapat nilai 76% dan berada pada kualifikasi layak, sehingga buku tidak perlu revisi.
Buku panduan praktikum terbukti secara signifikan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 4 MIN Sumberjati Kabupaten Blitar. Hal tersebut dibuktikan dengan melihat hasil rata-rata (mean) kelas kontrol lebih kecil dibanding kelas eksperimen yaitu 68 < 84, maka dapat dikatakan bahwa buku panduan permainan matematika terbukti secara signifikan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Matematika pada materi Bangun Ruang dan Sifat-Sifatnya pada siswa kelas 4 di MI Negeri Sumberjati Kabupaten Blitar. Dari perhitungan manual dengan menggunakan uji t-test berkorelasi (related) didapat rumus hasil – ttabel ≤ thitung ≤ + ttabel setelah dikonfersikan dengan hasil penelitian didapatkan – 2,029 ≤ 7,2 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, kesimpulanya terdapat perbedaan signifikan pada prestasi belajar Matematika siswa kelas 4 yang menggunakan lembar kerja siswa (LKS) matematika dengan prestasi belajar Matematika siswa kelas 4 yang tidak menggunakan lembar kerja siswa (LKS) matematika di MI Negeri Sumberjati Kabupaten Blitar.
ENGLISH:
This study departed from one major question: How Developing student worksheet mathematical geometrical and material properties in the fourth grade students at MIN Sumberjati Blitar? To determine the development of student worksheet The mathematics of this study to answer three minor questions: (1) How does a product design student worksheet PMRI mathematical approach to the material properties of simple space up to grade 4 MI to be developed ? (2) What is the feasibility of the student worksheet PMRI mathematical approach to the material properties of simple space up to grade 4 MI? (3) Are there differences in learning outcomes between students who use the classroom and class that does not use student worksheet PMRI approach in mathematics with MIN Sumberjati Blitar?
To answer the above questions research that uses this type of research development Research and Development (R & D), Dick and Carey model that has ten steps in the procedure development. The research was conducted at MIN Sumberjati Blitar by taking the Grade 4 A and 4 B, each of which amounted to 25 students, and each class as the control class and the experimental class.
Based on the results, that the lab guide book got good qualification assessment, because it is based on the validation results obtained values of subject teachers by 90% which means the book is well worth math game guide and does not need to be revised, from field trial lab manual got decent qualifications of all subjects validation field trials. Of content experts scored 88% and was in decent qualifications so no need revision, while the design of an expert guide book textbook math games and scored 76% on qualifying feasible, so the book does not need to be revised.
Proven practical guidebook can significantly improve student achievement grade 4 MIN Sumberjati Blitar. This is evidenced by looking at the average (mean) grade control is smaller than the experimental class is 68 <84, it can be said that the math game guide book proved to be significantly effective in improving student achievement in the subjects of Mathematics and the nature of
the material-Build Space its the 4th grade students at MI State Sumberjati Blitar. From manual calculations using correlated t-test (related) obtained the formula results - ttabel ≤ t ≤ + ttabel after dikonfersikan with the results, - 2, 029 ≤ 7.2 means that Ho is rejected and Ha is accepted, the conclusion there is a significant difference in achievement grade 4 students learn mathematics using the student worksheet (LKS) math achievement math grade 4 students who did not use student worksheet (LKS) mathematics in MI State Sumberjati Blitar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asmaningtias, Yeni Tri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Matematika; Pembelajaran; Buku Panduan Permainan; Mathematics; Learning; Game Guide Books | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Desi Latifah Hamzah | ||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2017 18:11 | ||||||
Last Modified: | 07 Aug 2017 18:11 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7658 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |