Implementasi program bilingual untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa di Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Malang

'Aini, Zahrotul (2013) Implementasi program bilingual untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa di Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09140004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Bahasa memegang peranan yang sangat penting bagi manusia karena segala sesuatu yang dirasakan dan dipikirkan oleh seseorang hanya dapat diketahui orang lain jika telah diungkapkan melalui bahasa. Melihat pentingnya bahasa sebagai alat komunikasi antar manusia di dunia, maka penguasaan bahasa Inggris menjadi tuntutan yang mendesak. Pelajaran bahasa Inggris perlu diajarkan secara intensif dan berkesinambungan kepada para peserta didik sejak duduk di bangku sekolah dasar. Program bilingual bertujuan untuk membekali dan mempermudah siswa dalam berkomunikasi bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Berdasarkan latar belakang diatas, maka fokus penelitian adalah, bagaimana bentuk program bilingual di MI Khadijah Malang untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa? Bagaimana implementasi program bilingual di MI Khadijah Malang? Apa faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi program bilingual untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa di MI Khadijah Malang?

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang apa adanya di lokasi penelitian. Data yang terhimpun peneliti adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama: bentuk program bilingual di MI Khadijah Malang berupa pemetaan kurikulum yang mengacu pada kurikulum SD inti. Sebelumnya, kurikulum tersebut di analisa untuk dipilih baik dari segi isi, materi dan semua hal yang terkait dengan bentuk program bilingual dan implementasinya sesuai dengan kebutuhan siswa. Terkait dengan hasil peningkatan keterampilan bahasa Inggris siswa, secara garis besar sudah tergolong cukup baik dan meningkat. Kedua: implementasi program bilingual di MI Khadijah Malang termasuk dalam kategori tahap pembelajaran. Teraplikasi pada mata pelajaran tertentu yaitu mata pelajaran Sains dan Matematika dengan sistem berkelanjutan yang terwujud dalam proses kegiatan belajar mengajar, didukung dengan kegiatan percakapan bahasa Inggris. Ketiga: faktor pendukung implementasi program bilingual di MI Khadijah Malang adalah motivasi siswa yang tinggi, penyediaan sarana dan prasarana yang memadai, kompetensi linguistik siswa yang cukup baik. Faktor penghambatnya adalah: tenaga pengajar yang kurang kompeten, keterbatasan dukungan dari wali murid, perbedaan karakteristik siswa.

ENGLISH:

Language plays an important role for humans because everything felt and thought can be known by someone else if he/she has expressed them through language. Seeing the importance of language as a means of communication among people in the world, the mastery of English became urgent demands. English lessons should be taught intensively and continuously to the students since attending Elementary Schools. Bilingual program aims to equip and facilitate students in English to communicate appropriately.

Based on that case, the focus of this study is how the form of bilingual programs in MI Khadijah Malang to improve the English skills of students? How is the implementation of bilingual programs in MI Khadijah Malang? What are the supporting and inhibiting factors for the implementation of bilingual programs in improving the students’ English skills in MI Khadijah Malang?

This study was conducted by applying the qualitative descriptive study with the purpose to describe the phenomena revealed in the research area. The data were collected by observation, interviews and documentation. Analysis of the data was by using data reduction techniques, data presentation, and conclusion.

The result of this study can be concluded that first: the form of bilingual programs in MI Khadijah Malang is a curriculum mapping referring to the core of the elementary curriculum. Previously, the curriculum was analyzed to be selected both in terms of content, materials, and all things related to the form of bilingual program and its implementation in accordance with the needs of students. Associated with the result of improvement of the students’ English skills, in general is quite good and improved. Second: the implementation of bilingual programs in MI Khadijah Malang constituted in the category of learning phase. It is applied on certain subjects, i.e. the subjects of Science and Mathematics with ongoing system embodied in the process of teaching and learning activities, supported by the activities of English conversation. Third: the factors supporting the implementation of bilingual programs in MI Khadijah Malang is the student motivation which is quite high, provision of adequate infrastructure, students’ linguistic competence which is quite good. Meanwhile, the inhibiting factors are: poorly trained teachers, limited support from parents, differences in student characteristics.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Walid, Muhammad
Keywords: Implementasi Program Bilingual; Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris; Implementation; Bilingual Program; English Skills; Improvement
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Desi Latifah Hamzah
Date Deposited: 07 Aug 2017 11:11
Last Modified: 07 Aug 2017 11:11
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7657

Actions (login required)

View Item View Item