Sholikah, Faridatus (2014) Pengembangan media pembelajaran Bahasa Indonesia dalam bentuk buku komik untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas II Sekolah Dasar Islam As Salam Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140087.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Menulis merupakan suatu kegiatan yang aktif yang dipengaruhi oleh keterampilan produktif lainnya, seperti aspek berbicara maupun keterampilan reseptif, yaitu aspek membaca dan menyimak serta pemahaman kosa kata, diksi, kefektifan kalimat, penggunaan ejaan dan tanda baca. Berdasarkan dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti di SD Islam As Salam bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesalahan dalam penggunaan huruf capital, dan tanda baca. Siswa juga mengalami kesulitan dalam merangkai kata-kata menjadi kalimat dan menyusunnya kedalam karangan cerita yang utuh. Oleh sebab itu perlu adanya pengembangan media pembelajaran bahasa indonesia dalam bentuk buku komikuntuk meningkatkan kemampuan menulissiswa.
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa media pembelajaran dalam bentuk buku komik, yang diharapkan mampu meningkatkan keefektifan, efisiensi, dan kemenarikan yang tinggi dalam memberikan stimulus bagi siswa untuk lebih berani mengekspresikan imajinasinya ke dalam bentuk tulisan.
Penelitian ini dilakukan di SD Islam As Salam kota Malang. Bentuk penelitian yang penulis gunakan adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D), pengembangan media pembelajaran ini mengacu pada model menurut Borg & Gallyang memiliki enam langkah dalam prosedur pengembangannya.
Hasil dari pengembangan media pembelajaran Bahasa Indonesia dalam bentuk buku komik ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli guru mata pelajaran mencapai kevalidan 89%, dari uji coba lapangan yang diberikan kepada siswa memcapai kevalidan 94%, ahli isi mencapai tingkat kevalidan 86%, dan ahli desain media pembelajaran mencapai tingakat kevalidan 82%. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata post-test lebih baik daripada pre-test yaitu 84,75>51,50. sedangkan pada perhitungan uji t manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil t hitung≥ t tabel yaitu9,134 >1,833. artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat kevalidan yang tinggi, sehingga media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.
ENGLISH:
Writing is an active activity that be affected by other productive skills, such as speaking or receptive skills namely reading and listening aspects, also understanding of vocabularies, diction, effectiveness sentences, using of spelling and punctuation. Based on the results of observations that done by researcher in As Salam Islamic Elementary School of Malang that many students encounter errors in using of capital letters and punctuation. Students also feel difficult in stringing words into sentences and ordered them into the bouquet of intact story. Therefore, need to develop an media of Bahasa Indonesia learning in comic books form to improve the writing skills of students.
The purpose of this development research is resulting learning media products in the form of comic books, which are expected to improve the effectiveness, efficiency, and high interest in providing stimulus for students to more daring in expressing their imagination in writing.
This research was conducted in As-Salam Islamic Elementary School of Malang. Research form that used is a descriptive by qualitative and quantitative data analysis. The type of this research is Research and Development (R & D). The development of learning media refers to a model according to the Borg & Gall, who has six steps in the procedure of its development.
The results of Bahasa Indonesia learning media development in comic book form to fulfill valid criteria by test results with expert teacher of subject achieving validity to 89%, from field trials were given to students achieved the validity to 94%, content expert achieved level of validity 86%, and expert design of learning media achieved to 82%. From research results are obtained average value of post-test is better than pre-test were 84,75>51.50. Whereas, in the calculation of t test manually by significance level 0.05 obtained results t counting ≥ t table namely 9,134 > 1,833 means H0 was denied and Ha was received. So there was a significant difference of learning media that be developed. This showed product that was developed had high level of validity qualification, so learning media that be developed viable to use in the study.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Media; Buku Komik; Ketrampilan Menulis; Kelas II SD/MI; Development; Media; Comic Book; Writing Skill; Second Grade of SDI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2017 14:56 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2017 14:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7653 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |