استخدام الألعاب اللغوية في ترقية مهارة الكتابة: بالتطبيق علي معهد تعليم اللغة العربية بمسجد الجامع الكبير سونن أمفيل بسورابايا

Sarif, Abdullah (2011) استخدام الألعاب اللغوية في ترقية مهارة الكتابة: بالتطبيق علي معهد تعليم اللغة العربية بمسجد الجامع الكبير سونن أمفيل بسورابايا. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemahiran menulis siswa Lembaga Pengajaran Bahasa Arab (LPBA) Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya melalui model permainan bahasa. Pada akhirnya media permainan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran bahasa Arab, khususnya untuk meningkatkan kemahiran menulis sehingga dapat meningkatkan ketercapaian tujuan pembelajaran bahasa Arab secara lebih efektif dan efisien.

Ada banyak permainan yang bisa digunakan diantaranya dengan lambang saja, membandingkan, menentukan tempat dan buat kalimat.

Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif Kualitatif yaitu melaksanakan uji kevalidan dengan model t test, angket dan observasi selama penelitian.

Hasil uji kevalidan yang dilakukan adalah dengan melaksanakan pre test dan post test terhadap kelas control dan pre test dan post test terhadap kelas eksperimen. Demikian juga telah dilakukan pemerolehan data melalui angket dan observasi.

Hasil yang diperoleh adalah bahwa nilai yang diperoleh siswa kelompok eksperimen melebihi batas rata-rata metode t test yaitu 2,69, sedangkan nilai yang diperoleh adalah 5,74.

Demikian juga hasil data angket untuk siswa dan observasi menyebutkan bahwa sebagian besar mereka sangat menyukai pengajaran menulis dengan model permainan bahasa. Mereka merasakan bahwa mereka mampu membuat kalimat sederhana dengan mudah.

ABSTRACT

This study aims to improve students' writing proficiency Arabic Teaching Institute (LPBA) Sunan Ampel Mosque Surabaya through the language game model. In the end this game worthy of the media used as a medium of learning that can support learning Arabic, especially to improve the writing skills that can improve achievement of learning objectives Arabic language more effectively and efficiently.

There are many games that can be used among others by the symbol alone, compare, determine the place and make sentences.

The research methods used in this study is to implement the Quantitative Qualitative test validity of the model t test, questionnaire and observation during the study.

Validity of test results is done is to carry out pre-test and post test to grade control and pre-test and post test of the experimental class. Likewise, data acquisition was done through questionnaires and observation.

The result is that the value obtained by the experimental group students exceed an average of 2.69 t test method, whereas the value obtained is 5.74. Similarly, the results of a questionnaire to the student data and observations to mention that most of them really liked the teaching of writing in the language game model. They feel that they are able to make simple sentences with ease.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Asrori, Imam and Mohamed Baheet, Bakheet
Keywords: الألعاب اللغوية; الكتابة; Games Language; Writing; Permainan Bahasa; Menulis
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 04 Aug 2017 08:20
Last Modified: 04 Aug 2017 08:20
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7652

Actions (login required)

View Item View Item