استخدام بطاقة الألعاب الرباعية لتنمية مهارة الكلام: بحث تجريبي في بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية تامباء براس جومبانج جاوا الشرقية

Mathoriyah, Lailatul (2011) استخدام بطاقة الألعاب الرباعية لتنمية مهارة الكلام: بحث تجريبي في بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية تامباء براس جومبانج جاوا الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (fulltext)
09720014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK

Ketrampilan berbicara adalah ketrampilan berbahasa yang tidak dapat dikuasai oleh seorang pembelajar bahasa apapun kecuali dengan memperbanyak latihan berbicara. Karena ketrampilan berbicara membutuhkan proses latihan dan pembiasaan yang intensif, sehingg seorang pembelajar mampu berbicara dengan lancar dan dengan pola bahasa yang dapat difahami orang lain.

Perlu adanya berbagai motivasi untuk melatih kemampuan berbicara, diantara faktor yang memotivasi tersebut yaitu penggunaan media pembelajaran dari permainan bahasa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan kartu permainan kwartet untuk menumbuhkan ketrampilan berbicara bahasa arab siswa sehingga siswa merasa terhibur dan senang saat berlatih ketrampilan berbicara

Tujuan penelitian ini adalah : 1. Mendeskripsikan penggunaan kartu kwartet dalam pembelajaran ketrampilan berbicara, 2. Sejauh mana tingkat efektifitas penggunaan permainan kartu kwartet dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas 8 dalam ketrampilan berbicara, khususnya dalam pelafalan huruf hijaiyyah yang benar?

Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain pretes dan postes untuk kelompok eksperimen dan kontrol. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Dan eksperimen berlangsung pada jam pelajaran. Adapun instrument penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan tes.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 MTsN Tambakberas Jombang tahun ajaran 2010-2011 yang berjumlah 493 siswa. Sampel yang diambil adalah siswi kelas 8 J berjumlah 40 siswi sebagai kelas eksperimen dan siswi kelas 8 I sebagai kelas control. Peneliti mengambil sampel secara purposive acak.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai T-hitung =35,85, lebih besar dari T- tabel pada taraf 1% yaitu 2,64, dan lebih besar dari taraf 5% yaitu 1,99. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima.

Kesimpulannya yaitu penggunaan permainan kartu kwartet terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas 8 MTsN Tambkberas jombang dalam pelafalan huruf yang benar dan dalam meningkatkan kemampuan dan keberanian mereka dalam berbicara bahasa arab.

ABSTRACT

Speaking is a language skill which can be mastered by a language learner only if he practice it so much that he can speak fluently with the language patterns understood by others. It is important to improve student’s motivation in speaking practice.

One way to do it is by using instructional media such as language games. In this research, the researcher uses Kwartet Card game to improve speaking skill. By this game, the students are happy, interested, and motivated to practice speaking skill.

The purpose of this research are : 1. Know to using Kwartet Card game to improve speaking skil.2. how is the effectiveness of using Kwartet Card game to improve the competence of the second class students of State Islamic Junior School Tambakberas Jombang in pronouncing hijaiyyah letter well?

The population of this research were all of student of State Islamic Junior School Tambakberas Jombang East Java, which number are 493 students. The researcher took 40 as a sample from second class J as experiment class and 40 took 40 as a sample from second class I as a control class.

This research is experimental research with pretest-posttest design for experimental and control groups. It has qualitative-quantitative approach and uses instruments like observation, interview,questionnaire, and test.

The result of the research findings show that T –test value 35,85328 : higher Than T- table value at 1% that is 2,64 and higher than t-table value at 5% that is 1,99 , it means the hypothesis of this research is accaepted. And the conclution is the using Arabic Kwartet card is effective to improve competence of the second class students of State Islamic Junior School Tambakberas Jombang in pronouncing hijaiyyah letter well and in speaking skill.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Afifuddin Dimyathi, Mohammad and Mahmud Adam Ibrohim, Faishol
Keywords: بطاقة الألعاب الرباعية; تنمية مهارة الكلام; Kwartet Cards; Speaking Arabic Skill; Kartu Permainan; Kwartet; Peningkatan Ketrampilan Berbicara
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 04 Aug 2017 08:20
Last Modified: 04 Aug 2017 08:20
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7651

Actions (login required)

View Item View Item