Rifani, Alif Choirul (2014) Pengembangan media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berbasis Macromedia Flash 8 pada materi perkembangan kemajuan teknologi untuk kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140086.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Media pembelajaran Interaktif berupa CD merupakan bentuk dari multimedia. Multimedia merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV MI Miftahul Huda Sidoarjo. Jika dilihat dari kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran IPS masih belum cukup optimal. Hal ini disebabkan antara lain guru dalam pembelajarannya masih menggunakan media pembelajaran yang sifatnya sederhana yakni berbentuk visual.
Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan suatu produk multimedia pembelajaran IPS pada materi perkembangan teknologi yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang ditentukan. Subyek penelitian dalam pengembangan ini adalah siswa kelas IV MI Miftahul Huda Sidoarjo.
Untuk mencapai tujuan itu, penelitian ini mengguanakan metode penelitian pengembangan. Prosedur penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap pengembangan, uji kelayakan dan revisi bahan ajar. Peneliti mengadaptasi model pengembangan Walter Dick and Lou Carey (1990), yaitu terdapat sepuluh tahapan desain pembelajaran. Sumber uji kelayakan adalah satu orang ahli isi pembelajaran, satu ahli desain pembelajaran, dan satu guru pengajar IPS. Uji kelayakan ini dilakukan pada 32 siswa kelas IV MI Miftahul Huda. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi dan deskriptif.
Hasil penelitian berdasarkan penilaian para validator yaitu ahli isi sebesar 80% valid, ahli desain sebesar 82,5% valid, guru mata pelajaran IPS 92,5% valid, uji coba lapangan siswa kelas IV 96% valid. Sedangkan hasil belajar diukur melalui pretest dan postest. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar IPS termasuk dalam kualifikasi valid. Sehingga layak digunakan dalam pembelajaran IPS.
Penelitian pengembangan ini hanya terbatas pada materi perkembangan teknologi. Oleh sebab itu perlu adanya pengembangan pada materi lain khususnya IPS kelas IV MI. Sehingga disarankan kepada guru mata pelajaran IPS agar mencoba mengembangkan bahan ajar IPS yang lebih menarik dan efektif untuk dijadikan sumber belajar bagi guru dan siswa dalam mendukung proses pembelajaran IPS di kelas.
ENGLISH:
Interactive CD media is a form of multimedia. Multimedia is one of medium that can be used in learning process. This research did in the 4th grade of MI Miftahul Huda Sidoarjo. If we viewed from the learning process in Social Science subject, it is still not quite optimal. It is caused the teacher still use simple media of learning, that is visual form.
The aim of this development is to produce a product of social science learning multimedia in technology development subject that can be used as an alternative in attainment of learning purpose which is determined. The subject of this research is 4th grade students in MI Miftahul Huda Sidoarjo.
To achieve that aim, this research used research methodology of development. This research procedure used three stages; they are development stage, feasibility test, and revision learning product. The researcher adapted Walter Dick and Lou Carey’s (1990) model development, they are ten development designs. Source of feasibility test are one person who expert in contain learning, an expert learning design, and one teacher of Social Science. This feasibility test is done on 32 students of 4th grade in MI Miftahul Huda. In collecting the data, the researcher used questionnaire. Data analysis which is used in this research are content analysis and descriptive.
The results of the research based on valuations that are media expert with 80% is valid, design expert with 82,5% is valid, the teacher of Social Science with 92,5% is valid, field test of 4th grade students with 96% is valid. Whereas, learning result is measured through pre-test and post-test. As a whole, it can be concluded that learning material of Social Science includes in valid qualification. So, it is suitable used for Social Science learning.
This development research is definite on technology development subject. Therefore, it needs another development in another subject especially in Social Science for 4th grade MI. Then, it is advised for teacher of Social Science to try developing the learning material of social science which more interest and effective to use as source of the study for teacher and student to encouraged learning process of Social Science in the class.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Media pembelajaran Interaktif; Ilmu Pengetahuan Sosial; Development; Interactive Learning Media; Social Sciences | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2017 14:56 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2017 14:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7650 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |