Pengembangan media pembelajaran berbasis software simulasi pada pokok bahasan pernapasan manusia kelas V Ilyas Madrasah Ibtidaiyah Perwanida Kota Blitar

Hartanto, Fendi Dwi (2014) Pengembangan media pembelajaran berbasis software simulasi pada pokok bahasan pernapasan manusia kelas V Ilyas Madrasah Ibtidaiyah Perwanida Kota Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
10140084.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

INDONESIA:

Ilmu pengetahuan alam (IPA) mempunyai hubungan yang sangat luas terkait dengan makhluk hidup khususnya pada manusia. Melihat kenyataan demikian maka pendidik diharapkan mampu mengaplikasikan pembelajaran IPA dengan cara konkret menggunakan media pembelajaran yang mendukung pembelajaran tersebut khususnya dalam materi pernapasan. Tetapi kenyataanya masih banyak siswa kesulitan untuk memahami konsep akademik seperti yang dialami oleh siswa selama ini, yaitu menggunakan konsep yang abstrak khususnya pada materi pernapasan manusia, termasuk siswa di MI Perwanida Kota Blitar ini. Hal ini disebabkan karena kurang memaksimalkan media yang ada. Selain itu sangat minimnya media pembelajaran interaktif.

Berdasarkan paparan di atas, terdapat sebuah masalah yang harus diselesaikan. Cara yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan melakukan pengembangan media pembelajaran berbasis software simulasi pada pokok bahasan pernapasan manusia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Sadiman. Langkah pokok dari penelitian ini diantaranya identifikasi kebutuhan, perumusan tujuan, pengembangan materi, perumusan alat pengukuran keberhasilan, penulisan naskah, tes dan revisi.

Untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefisienan peneliti melakukan penilaian produk yang terdiri dari dua tahap, yakni tahap validasi ahli dan uji lapangan. Validasi produk oleh ahli media mendapat tanggapan baik dengan persentase kevalidan sebesar 82% dengan beberapa hal yang harus direvisi. Validasi ahli materi mendapat tanggapan baik dengan persentase kevalidan 90% dengan beberapa hal yang direvisi. Validasi produk ahli bahasa mendapat tanggapan baik dengan persentase kevalidan 80%. Sedangkan ahli pembelajaran mendapat tanggapan baik dengan persentase kevalidan 92,30% dengan beberapa hal yang direvisi. Penilaian produk tahap kedua yakni uji coba lapangan dengan kelompok kecil yang dilakukan oleh enam siswa kelas V Ilyas MI Perwanida Blitar. Sebelum mengisi angket siswa menggunakan media software simulasi yang dilakukan secara individu. Hasil uji coba kelompok kecil mendapat tanggapan baik dengan persentase kevalidan 86,8% tanpa revisi.

ENGLISH:

Natural Science (IPA) have a so large relationship associated with living things, especially in humans. Look at the fact, so the educators are expected to apply science learning with concrete ways used to instructional media that support the learning, especially in the matter of breathing. But the fact still there are many students get difficulties to understand the concept of academic like as experienced by students during at the time, that is using abstract concepts, especially in the human respiratory material, including to students in MI Perwanida of Blitar City. This is because there is less to maximize media. Furthermore it is the lack of interactive learning media.

Based on the explanation above, there is a problem to be solved. The means used to resolve the problem is to do developed of software-based simulation learning media on the subject of human breathing. The method used in this study is the method of Research and Development. The development research using Sadiman development model. Principal steps of this research include the identification of needs, formulation of objectives, development of materials, formulation success measurement tools, writing testi script and revision.

To determine the level of validity, practicality and efficiency of the study, the researchers doingn the assessed product consists of two stages, namely the stage of expert validation and field testing. Validation by expert media product gets good response with a percentage of 82% with the validity of some of the things that have to be revised. Validation matter experts was well with the percentage of 90% with a few validity of the revised terms. Validation linguists product gets good response with 80% percentage of validity. While learning experts got a good response with a percentage of 92.30% with a few validity of the revised terms. The second phase of the product assessment field trial to conducted by a small group of six students of Ilyas fifth great on MI Perwanida Blitar. Before students complete a questionnaire using the simulation software media individually. The trial results were well small groups with a percentage of 86.8% validity without revision.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Abdussakir, Abdussakir
Keywords: Software Simulasi; Pernapasan Manusia; Software Simulation; Human Respiratory
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 04 Aug 2017 07:57
Last Modified: 04 Aug 2017 07:57
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7647

Actions (login required)

View Item View Item