تعليم المفردات باستخدام بطاقة الصوّر: بحث تجريبي في مدرسة واحد هاشيم المتوسطة الإسلامية بمالاج جاوا الشرقية

Sumanto, Agus (2011) تعليم المفردات باستخدام بطاقة الصوّر: بحث تجريبي في مدرسة واحد هاشيم المتوسطة الإسلامية بمالاج جاوا الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran bahasa pada dasarnya pembelajaran yang fokus pada empat kemahiran; mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis, dan tidak telepas dr keempat kemahiran saja. Akan tetapi ada pengetahuan tentang mufroda (kosakata), pada kenyataannya di Indonesia pada umumnya dan di MTs Wahid Hasyim pada khususnya, kompetensi dan performansi siswa dalam empat kemahiran tersebut belum maksimal, ini disebabkan karena siswa belum menguasai mufrodat (kosakata) secara baik, sehingga mufrodat merupakan langkah awal yang harus dikuasai untuk mempelajari bahasa asing.

Berdasarkan fenomena ini, maka penulis menawarkan satu tehnik sebagai alternative solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Dalam hal ini, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana proses pengajaran kosakata dengan mengunakan kartu kata bergambar dikalangan siswa kelas II MTs Wahid Hasyim Dau Malang Tahun ajaran 2010-2011 M?.. 2) Apa pengaruh mengunakan kartu kata bergambar untuk mengembangkan dan memperbaiki ketrampilan menghafal kosakata bahasa Arab dikalangan siswa kelas II MTs Wahid Hasyim Dau Malang Tahun ajaran 2010-2011 M?

Hipotesis dari penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan kartu ini sebagai sebuah media pembelajaran adalah efektif untuk mengembangkan dan memperbaiki ketrampilan menghafal kosakata bahasa Arab siswa, maka penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses kegiatan belajar mengajar dalam mengembangkan ketrampilan menghafal kosakata dikalangan siswa kelas 2 MTs Wahid Hasyim Dau Malang Tahun ajaran 2010/2011 M dengan mengunakan kartu kata bergambar tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen (kelas yang menggunakan penerapan teori medan makna dalam proses pembelajaran), dan kelompok kontrol (kelas yang menggunakan metode klasik dalam pembelajaran).

Berdasarkan analisis dari hasil tes kelas eksperimen dan control, maka diperoleh hasil sebagai berikut: pada kelas eksperimen diperoleh nilai t untuk masing-masing kompetensi pengembangan mufrodat, menyusun kalimat dan pengembangan opini;)75،1 > 88،11 <13،2(. Dan pada kelas konrol akan diperoleh t ) 88،2 < 56،1>10،2 (Setelah diakumulasikan hasil dari kedua tes tersebut diperoleh nilai t untuk pengetahuan siswa tentang kompetensi tersebut; 75،2 >19،13 < 04،2 Berdasarkan tabel nilai t, apabila nilai uji t lebih besar berarti hipotesisnya dapat diterima dan tehnik yang diuji cobakan dapat digunakan secara umum.

Pada penelitian ini peneliti hanya menerapkan tehnik ini dalam pembelajaran kosakata. Oleh karena itu, kepada peneliti berikutnya diharapkan mengembangkan penggunaan words card bergambar dengan tehnik mutakhir untuk pembelajaran maharoh yang lain, baik maharoh istima’, qiro’ah dan kitabah. Dan juga peneliti berikutnya diharapkan mendesain tehnik yang lebih kongkret untuk penerapan words card bergambar dalam pembelajaran bahasa, khususnya pembelajaran bahasa Arab.

ABSTRACT

Learning language is basically learning that focus on four skills: listening, speaking, reading and writing, and it was not liberated four proficiency course. But there is a vocabulary knowledge, in fact, in Indonesia generally and in MTs Wahid Hasyim specially, competence and performance of students in four skills are not maximized, this is because students have not mastered vocabulary as well, so mufrodat is an initial step that must be mastered to learn a foreign language.

Based on this phenomena, the author offers a technique as an alternative solution to solve the problem. In this case, the researchers formulated the problem as follows: 1) How is the process of teaching vocabulary by using Flashcard among the students of second class in MTs Wahid Hasyim Dau Malang academic year 2010-2011 M? .. 2) What is the effect of using Flashcard to develop and improve the skills of memorizing vocabulary Arabic language among students in second grade of MTs Wahid Hasyim Dau Malang academic year 2010-2011 M?

The hypothesis of this study stated that the use of these cards as an effective medium of learning to develop and improve the skills of memorizing vocabulary of Arabic language students, the study aims to improve the process of teaching and learning activities in developing skills among the students memorize the vocabulary of second class MTs Wahid Hasyim Dau Malang 2010/2011 M school year by using the flashcards. This study used experimental approach by using two groups: experimental group (a class that uses the application of field theory of meaning in the learning process), and the control group (a class that uses the classical method of learning).

Based on the analysis of the test results of experimental and control classes, then obtained the following results: the experimental class obtained t values for each competency development mufrodat, composing sentences and develop opinion; (2.13 <11.88 > 1.75 ). And the class will be obtained by controly t (2.10 > 1.56 <2.88 ). After the accumulated results of both tests is obtained t values for all three of these competencies; 2.04 <13.19 > 2.75 According to the table t value, t test if the value is greater meaningful hypothesis can be accepted and tested techniques that can be used in general.

In this research the researcher is limited to use the card pictures to teach vocabulary words. Researcher hopes to that of the others that teaching vocabulary means of the other new teaching Arabic language. Researcher and also requests from others to design for the application of certain Osaliba teaching vocabulary using your images in language teaching, especially in the teaching of the Arabic language.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Huda, Miftahul and Mahmud Adam Ibrohim, Faishol
Keywords: تعليم المفردات; بطاقة الصوّر; Vocabulary; Flashcard; Pengajaran Kosakata; Flashcard bergambar
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 04 Aug 2017 08:20
Last Modified: 04 Aug 2017 08:20
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7646

Actions (login required)

View Item View Item