Kartiwi, Wiwit Agustin Parnadi (2014) Pengembangan media pembelajaran melalui multimedia interaktif materi jenis dan sumber daya alam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Pakis Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140083.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Media CD Interaktif merupakan bentuk dari multimedia. Multimedia merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan observasi yang dilaksanakan pada kelas 4 MI Mambaul Ulum Tirtomoyo Pakis Malang, jika dilihat dari kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran IPS masih belum cukup optimal, hal ini disebabkan antara lain guru dalam pembelajarannya, masih menggunakan media pembelajaran yang sifatnya sederhana yakni berbentuk visual, sedangkan jika dikategorikan sebagai media, hal tersebut belum mencakup materi secara keseluruhan Pemilihan multimedia interaktif ini dipilih untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan pertimbangan untuk memanfaatkan fasilitas yang telah tersedia di MI Mambaul Ulum Pakis Malang.
Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan suatu produk multimedia pembelajaran IPS pada materi jenis dan sumber daya alam yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang ditentukan. Subyek penelitian dalam pengembangan ini adalah siswa kelas 4 MI Mambaul Ulum Pakis Malang.
Penelitian ini menggunakan model perkembangan Sugiyono melalui sepuluh tahap berikut: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Ujicoba pemakaian, (6) Revisi produk, (7) Ujicoba produk, (8) Revisi desain, (9) Revisi produk, (10) Produksi masal.
Hasil Pengembangan media pembelajaran melalui multimedia interaktif ini sudah tergolong valid, yang meliputi, ahli media 75% cukup valid, ahli materi 73,21% cukup valid. Demikian hasil uji coba kelompok kecil sebesar 91,0% sangat valid. Hasil uji lapangan sebesar 9,87% sangat valid. Peningkatan hasil belajar siswa yang diukur melalui pre test dan post test dengan menggunakan media pembelajaran melalui multimedia interaktif materi jenis dan sumber daya alam mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelompok eksperimen yakni sebesar 10,25. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa yang diukur melalui pre test dan post test menggunakan media pembelajaran berbasis visual pada materi jenis dan sumber daya mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelompok kontrol yakni sebesar 8,35. Maka secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran melalui multimedia interaktif berupa CD interaktif ini termasuk dalam kualifikasi baik dan layak digunakan dalam pembelajaran IPS.
ENGLISH:
Interactive CD media is a form of multimedia. Multimedia is one of medium that can be used in the learning process. Based on observations carried out at 4th grade MI Mambaul Ulum Tirtomoyo Pakis Malang, when viewed from the learning activities in social studies is still not quite optimal, this is because the teacher are still using the simple nature of visual form, if it is categorized as a media, it hasn’t covered the material as a whole. In materials of natural resources are also the subject of the various natural resources. The selection of interactive multimedia have been selected to solve these problems with a view to utilizing the facilities already available in MI Mambaul Ulum Pakis Malang.
Purpose of this development is to produce a multimedia product on the content type and natural resources of learning social studies that can be used as an alternative in the achievement of specified learning objectives. The subject of research in the development is 4th grade students of MI Mambaul Ulum Pakis Malang.
This study uses a model of Sugiyono’s development: (1) Potential and problems, (2) Data collection, (3) product design, (4) Validation of design, (5) Trial use, (6) Revision products, (7) Test the product, (8) Revision of design, (9) Revision of product, (10) mass production.
The results of the research through the development of instructional media interactive is a valid, which includes, media experts 75% is quite valid, material experts 73.21% is quite valid. Thus the results of testing a small group of 91.0% is very valid. The results of field tests of 9.87% is very valid. The results of field tests of 9.87% is very valid. Improving student learning outcomes as measured by pre-test and post-test using a visual-based instructional media on the content type and resource social science subjects the experiment group at 10.25. While improving student learning outcomes as measured by pre-test and post-test using a visual-based instructional media on the content type and resource social science subjects the control group at 8.35. So, as a whole it can be concluded that the development of instructional media through interactive multimedia such as interactive CD is included in both qualifications and fit for using in social studies learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yaqien, Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Multimedia Interaktif; Ilmu Pengetahuan Sosial; Development; Interactive Multimedia; Social Sciences | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2017 14:59 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2017 14:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7642 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |