Musaddad, Muhammad Rafi (2025) Integrasi Kereta Rel Listrik (KRL) Stasiun Lumpang Parayasa. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
210606110054.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. (20MB) |
Abstract
ABSTRAK:
Indonesia sedang mengembangkan infrastruktur untuk memajukan negara, termasuk sektor transportasi dan permukiman. Dalam dekade terakhir, pembangunan transportasi seperti terminal, bandara, pelabuhan, dan sistem transportasi massal (bus listrik, MRT, LRT, Kereta Api Cepat) telah meningkat. Hal ini bertujuan untuk menekan biaya logistik yang masih tinggi dan meningkatkan efisiensi ekonomi. Di sektor permukiman, pemerintah berupaya mengatasi backlog kepemilikan rumah yang mencapai 12,75 juta dengan berbagai program insentif dan dukungan untuk pelaku usaha property.
Pembangunan di kedua sektor ini saling terkaitan, yaitu kebutuhan mobilitas yang tinggi dan efisien, akhirnya PT. KAI dan PERUMNAS memilih untuk bekerjasama untuk membangun permukiman dan juga dengan memfasilitasinya dengan stasiun kereta api KRL dengan rute Rangkasbitung yang diberi nama “Integrasi Kereta Rel Listrik (KRL) Stasiun Lumpang Parayasa”. Pembangunan juga dilatarbelakangi adanya faktor waktu tempuh stasiun terdekat yang terlalu jauh sekitar 24 menit perjalanan.
Selain itu pembangunan ini juga ingin mengevaluasi stasiun KRL yang ada yaitu dari segi pelayanan, fasilitas, dan Informasi agar pengguna lebih nyaman dan penggunaan transportasi ini dapat berkelanjutan, maka dari itu stasiun yang akan dibangun akan mengambil pendekatan Human-Centered Design yang memiliki konsep memusatkan manusia dalam perencanaan sebuah desain. Konsep yang sedang diangkat juga untuk transportasi umum saat ini adalah TOD (transportation Oriented Development) yang focus kepada integrasi antara transum agar pengguna dapat beralih ke satu transum ke transum lainnya dengan mudah. Semoga karya ini bermanfaat bagi pembaca dan dapat menjadi kontribusi dalam pengembangan ilmu arsitektur, khususnya dalam Konsep Human-Centered Design dan konnsep TOD yang dirancang.
ABSTRACT:
مستخلص البحث:
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Samudro, Harida and Subaqin, Agus |
Keywords: | Stasiun; KRL (Kereta Rel Listrik); HCD (Human-Centered Design); Transit-Oriented Development (TOD) |
Subjects: | 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120101 Architectural Design > 12010199 Architectural Design not elsewhere classified |
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Arsitektur |
Depositing User: | Muhammad Rafi Musaddad |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 10:11 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 10:11 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/76367 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |