Safitri, Nuning (2014) Penerapan metode simulasi dengan penggunaan media benda konkret pada materi jual beli untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di MI Mambaul Ulum Pakis Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140082.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Permasalahan dalam pendidikan yang sering terjadi yaitu masih banyaknya guru yang masih menggunakan metode pembelajaran yang tradisional dan monoton. Padahal dari jaman dahulu sudah banyak metode pembelajaran yang menyenangkan, akan tetapi banyak guru yang tidak memperhatikan hal tersebut, atau mungkin memang tidak paham dengan cara pengaplikasian metode metode tersebut, sehingga mereka masih sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dalam mengajar.
Penelitian ini terfokus pada: (1) perencanaan metode simulasi dengan bantuan media benda konkret mata pelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar (2) pelaksanaan metode simulasi dengan bantuan media benda konkret untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS. (3) evaluasi penerapan metode simulasi dengan bantuan media benda konkret mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode dan media benda konkret dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS.
Penelitian ini bertempat di MI Mambaul Ulum Pakis Malang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), serta dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Siswa dan guru mata pelajaran IPS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode simulasi dengan menggunakan media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas III MI Mambaul Ulum Pakis Malang. Hasil belajar tersebut terlihat dari aktivitas belajar siswa selama kegiatan belajar mengajar di kelas berlangsung, serta terlihatnya antusiasme siswa selama mengikuti mata pelajaran IPS.
ENGLISH:
The problem in education is often the case that there are many teachers who are still using traditional learning methods and monotonous. In fact, from time immemorial has been a lot of fun learning method, but many teachers do not notice it, or maybe it did not understand the way the application of the method, so they are still often use lecture and question-answer method of teaching.
This study focused on: (1) planning simulation method with the help of concrete media objects in social studies to improve learning outcomes (2) the implementation of a simulation method with the help of concrete media objects to improve learning outcomes in social studies. (3) evaluation of the application of simulation methods with the help of concrete media objects in social studies. The purpose of this study is to describe the use of methods and concrete media objects in improving student learning outcomes in social studies.
This study took place in MI Mambaul Ulum Pakis Malang using qualitative approach with the type of classes action research (CAR), and the researchers collected data using observation, interviews, and documentation. The data resources of this study is student and Social Science teachers.
The results of this study indicate that the application of simulation methods using concrete media objects can improve student learning outcomes in social studies of grade III MI Mambaul Ulum Pakis Malang. The learning outcomes seen from the learning activities of students during teaching and learning activities in classroom, as well as the visibility of student enthusiasm for following the social studies.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhriyah, Indah Aminatuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Simulasi; Media Benda Konkret; Hasil Belajar; Simulation Methods; Concrete Media Objects; Learning Outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2017 14:59 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2017 14:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7623 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |