ستخدام أسلوب خريطة القصة لترقية قدرة الطلاب في التعبير الشفوي: بحث إجرائي صفي في مدرسة "الإسلام" الثنوية الاسلامية جوريسان ملاراك بفونوروغو

Masrur, Mohammad (2010) ستخدام أسلوب خريطة القصة لترقية قدرة الطلاب في التعبير الشفوي: بحث إجرائي صفي في مدرسة "الإسلام" الثنوية الاسلامية جوريسان ملاراك بفونوروغو. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09630017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Di antara empat ketrampilan berbahasa Arab yang dikembangkan di madrasah-madrasah Islam, ketrampilan berbicara – tidak terkecuali ta’bir syafawy – kurang mendapat perhatian serius dibandingkan dengan tiga ketrampilan berbahasa lainnya, indikatornya adalah lemahnya siswa dalam melakukan ta’bir syafawy dan berkomunikasi dengan bahasa Arab, disamping karena pendekatan dan metode pengajaran (tahfidh dan tarjamah) yang digunakan guru kurang mendukung untuk pengembangan ketrampilan berbicara tersebut. Dengan kata lain ketrampilan berbicara diajarkan dengan model apa adanya. Penelitian ini akan memfokuskan masalah tersebut dengan menerapkan model story maps dalam pembelajaran ta’bir syafawy, dengan pertimbangan model pembelajaran ini sangat cocok untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam ta’bir syafawy. Model ini merupakan ijtihad penulis untuk menerapkan model pembelajaran modern yang efektif .

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Sejauh mana efektifitas model story maps dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran ta’bir syafawy di Madrasah Aliyah “AL-Islam” Joresan Mlarak Ponorogo?

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran empirik efektifitas pembelajaran ta’bir syafawy dengan menerapkan model story maps dari segi pengayaan bahasa (mufrodat), penyusunan kebahasaan (merangkai kalimat), pengucapan yang tepat, dan kemampuan memahamkan orang lain.

Hipotesis dari penelitian ini adalah model story maps efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam ta’bir syafawy dari segi pengayaan bahasa (mufrodat), penyusunan kebahasaan (merangkai kalimat), pengucapan yang tepat, dan kemampuan memahamkan orang lain.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang mencakup empat langkah, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Populasi dari penelitian ini meliputi siswa dan guru bahasa Arab kelas 1 di MA “Al-Islam” Joresan Mlarak Ponorogo. Adapun yang menjadi instrumen penelitian adalah peneliti sendiri, obsevasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa penggunaan cerita dengan model story maps efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran ta’bir syafawy dari segi pengayaan bahasa (mufrodat), penyusunan kebahasaan (merangkai kalimat), pengucapan yang tepat, dan kemampuan memahamkan orang lain.

ABSTRACT

Among four Arab Language skills have been developed in Islamic schools, conversation skill is less getting serious attention among other three skills. Its indicator is weakening of student in conducting ta'bir syafawy and communicating by Arabic Language, beside that, instruction method and approach used by teacher less supporting for development conversation skilled.

Conversation skilled taught with just normal model. This research will focused on the problem of applying story maps model in study of ta'bir syafawy, with consideration of this model is very suited for improving ability of student in ta'bir syafawy. The writer tries to apply effective modern study model.

This research problem is how far the affectivity story maps model in improving student ability in studying of ta'bir syafawy in Madrasah Aliyah "AL- ISLAM" Joresan Mlarak Ponorogo?

This Research is to obtain the description of empiric affectivity the study of ta'bir syafawy by applying story maps model of enrichment of vocabulary (mufrodat), structure (tarkib lughowy), right pronunciation (nuthq salim), ability to give understanding (qudrah ifham lil akhar).

This research used class room action research including four steps, those are: planning, action, observation, and reflection. Population of this research covers Arab class Language teachers and students in the first grade of MA "AL-ISLAM" Joresan Mlarak Ponorogo. The instruments of this research are the writer, observation, interview, questionnaire, test and documentation.

The result of this research indicates that the use of Story by using Story Maps Model is affective to increase student ability in learning ta'bir syafawy of enrichment of vocabulary (mufrodat), structure (tarkib lughowy), right pronunciation (nuthq salim), ability to give understanding (qudrah ifham lil akhar). Therefore, Thesis of this research is story maps model is effective to improve student ability of ta'bir syafawy of enrichment of vocabulary, structure, right pronunciation and ability to give understanding.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Masqan, Dihyatun and Syuhadak, Syuhadak
Keywords: القصة; أسلوب خريطة القصة; التعبير الشفوي; Story Maps Model; Ta'bir Syafawy; Kisah; Model Story Maps; Ta’bir Syafawy
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 04 Aug 2017 08:22
Last Modified: 04 Aug 2017 08:22
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7621

Actions (login required)

View Item View Item