Putri, Sarah Ayu Melati (2014) Pengembangan media buku bergambar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas II pada materi kedudukan dan peran keluarga di Sekolah Dasar Negeri Sidorejo 2 Jabung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10140081.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran IPS pada materi kedudukan dan peran keluarga berdasarkan wawancara guru kelas II SDN Sidorejo 2 Jabung, mengatakan bahwa untuk materi kedudukan dan peran keluarga sulit dipahami siswa, dan siswa sulit membedakan kedudukan dan peran keluarga, selain itu siswa hanya menggunakan pedoman LKS. Dilihat juga dari hasil nilai siswa yang belum memenuhi KKM. Oleh karena itu perlu adanya media buku bergambar yang mampu menyajikan bentuk yang menarik dari materi itu sendiri. Media buku bergambar ini dapat membuat siswa lebih mudah memahami materi kedudukan dan perran keluarga, karena media buku bergambar ini terdapat gambar-gambar yang menarik untuk siswa dan juga terdapat latihan-latihan yang dapat memudahkan siswa untuk memahami materi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu produk media buku bergambar pembelajaran IPS pada materi kedudukan dan peran keluarga yang dapat dijadikaan sebagai alternative dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang ditentukan, selain itu untuk mengetahui kelayakan dari pengembangan media buku bergambar, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui media buku bergambar.
Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Metode penelitian ini adalah Research & Development, yang mengacu pada model Borg and Gall
Hasil dari penelitian pengembangan media buku bergambar dalam mata pelajaran IPS melalui kriteria valid dengan hasil uji ahli isi materi mencapai tingkat kevalidan 80% kriteria valid, ahli desain media mencapai 88% kriteria sangat valid, ahli pembelajaran 91% kriteria sangat valid. Tingkat kemenarikan 90% kriteria sangat menarik. Hasil belajar siswa rata-rata nilai Pre-Test 59,09 dan nilai Post-Test 84,54 pada uji t manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil Thitung lebih besar dari pada Ttabel yaitu 19,28 > 1,721 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap media buku bergambar yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat kevalidan yang tinggi, sehingga media buku bergambar layak digunakan dalam pembelajaran.
ENGLISH:
Research development of this event by the fact that thear IPS on the learning material of the position and role of the family of grade II based in teacher interviews SDN Sidorejo 2 Jabung, said that for the material position and role of the family is difficult to understand by the student, and students were difficult to distinguish both position and role of the family, then students just use the guideline worksheets. Also seen from the results of the students who do not meet the KKM. Hence its need for a picture book media that is able to present interesting shape of the material itself. This picture book media can make students more easily understand the material of position and role of the family because on this picture book media there many interesting picture for students and there are also exercises that can be easier for students to understand the material.
The purpose of this study is to produce a picture book media product social studies lesson on the material of position and role of the family witch can beaused as an alternative on the achievement of specified learning objectives, in addition to determine the feasibility of developing a picture book media, and to improve student learning outcomes through picture book media.
Forms of research used by researchers is a descriptive analysis of qualitative and quantitative data. This research method is the Research & Development, which refers to the form of Borg and Gall.
The results of the study of developing picture books media in social studies through a valid criterion test the results of the expert content of materials achieving 80% validity rate valid criteria, design expert media reach 88% criterion was valid, a 91% learning criterion was valid. The level of attractiveness of the 90% criterion is very interesting. Student learning outcomes the average value 59.09 Pre-Test and Post-Test value of 84.54 in the manual t test with significance level of 0.05 was obtained tcount result is greater than the ttable 19.28 > 1.721 means that Ho is rejected and Ha accepted. Thus, there is a significant difference to the picture book medium is developed. This indicates that the developed product has a high level qualification validity, so that the picture book media is worth used learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan Media; Buku Bergambar; Ilmu Pengetahuan Sosial; Development of Media; Picture Book; Social Sciences | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2017 15:00 | ||||||
Last Modified: | 04 Aug 2017 15:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7620 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |