Zarkani, Mohammad (2011) فعالية الطريقة التحليلية عند تعليم اللغة العربية في ترقية مهارة القراءة: بحث تجريبي على مدرسة الإصلاح الديني الثانوية الاسلامية كديري لومبوك الغربية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09720110.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Dalam lapangan pengajaran Bahasa Arab bagi pemula non Arab, khususnya dalam pengajaran memebaca seyogyanya menggunakan dua metode pengajaran, yaitu metode analitik dan metode sintesik. Kedua metode ini dapat membantu para pelajar untuk mengenal kata dan kalimat, serta menjadikan mereka mampu membaca dan memahami materi bacaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) penggunaan metode analitik dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa MA Al-Islahuddiny kediri lombok barat ketika belajar Bahasa Arab (2) efektifitas metode analitik dalam pengajaran membaca bagi siswa sekolah tersebut.
Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dimana peneliti membagi siswa yang ada di kelas 2 MA (A) dan 2 ahui MA (B) menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Lalu dari masing-masing kelompok itu peneliti memeilih 18 siswa secara acak sebagai sampel penelitian. Dan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode analitik, maka peneliti memberikan pre test dan post test lalu mengukurnya dengan menggunakan rumus t-test. Setelah melalui perhitungan t-test, taraf signifikansinya menunjukkan angka 2,69. Angka ini lebih besar dari angka 2,11 pada taraf signifikansi 5% dan lebih kecil dari angka 2,90 pada taraf 1% setelah dikonsultasikan dengan Tabel Nilai ”t”. Ini bearti bahwa tingkat pemahaman siswa meningkat setelah diterapkannya metode analitik dibandingkan dengan metode qira’ah dan tarjamah.
Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penggunaan metode analitik efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi bacaan di MA Al- Ishlahuddiny kediri lombok barat.
Bagi para peneliti yang lain, peneliti menyarankan agar mengambangkan penelitian ini dengan menggunakan media pembelajaran modern khususnya dalam pengajaran membaca terutam ketika menerapkan metode tahlili terhadap pemula non Arab.
ABSTRACT
Arabic teaching for the beginners for non native speakers especially in teaching and skills should be of use two teaching methods; they are analytic method and synthetic method. These two methods can help student to understand words and sentences, and these two methods can also make the students be able to read and understand reading material.
This research aims to: (1) the use of analytical method to upgrade the skill of reading when teaching Arabic to students of MA al-ishlahuddiny (2) and find out the effectiveness of the analytical method to upgrade the skill of reading for students of that school.
In this research, the researcher used experiment approach. And to know the affectivity of analytic method, researcher gave pre-test and post test to the both classes, then estimating by using t-test formula. By the estimation of t-test, the significance level, and this lower than 2,90 in 1% significance level after the consultation to t-value table. it means that the students understanding increases after the application of analytic method if it is compared to the reading and translation method.
The result of that research indicates that the use of the analytic method is effective to develop students understanding to the reading material in MA Al- Ishlahuddiny Kediri west Lombok.
The researcher suggests that the next researchers develop this research by using the modern teaching media in teaching reading especially when the analytic method is applied to the beginners for non native speakers.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Murtadho, Nurul and Sulaeman, Mohamed Syaikhoun Mohamed | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | طريقة التحليلية; ترقية مهارة القراءة; تعليم اللغة العربية; Analytic Method; Improve reading skills; Learning Arabic; Metode Analitik; Kemahiran membaca; Belajar Bahasa Arab | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2017 15:27 | |||||||||
Last Modified: | 05 Jan 2018 09:57 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7603 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |